INGIN MEMBUAT BAR KOPI DI RUMAH, SIMAK TIPSNYA

Ketika secangkir kopi lebih seru dibandingkan dunia dan seisinya, maka peminum kopi pun akan menciptakan dunia kopi mereka sendiri di rumah.

KINI ritual minum kopi tidak harus pergi jauh dari rumah, meneguk nikmat seduhan kopi buatan sendiri juga tidak kalah menarik. Jika berkunjung ke kedai kopi hanya untuk meneguk nikmatnya seduhan kopi ala barista, akses informasi sekarang ini memudahkan banyak orang belajar seduhan kopi favorit mereka sendiri. Bahkan berbelanja keperluan ritual seduh kopi pun cukup dari telepon pintar saja, maka tidak heran jika banyak peminum kopi perlahan membuat bar kopi idaman di rumah mereka. Tapi, apakah semua perlengkapan pada bar kopi sudah sesuai untuk menyajikan secangkir kopi? Sedikit ulasan apa saja yang perlu kamu persiapkan jika ingin membuat coffee bar di rumah.

  • Pertimbangkan Ukuran Meja Bar Kopi
    Seberapa lebar ukuran meja bar terpulang ke seberapa lebar meja bar untuk seduh kopi yang membuat kamu nyaman. Beda dengan meja bar di kedai kopi, meletakkan banyak persediaan di atasnya untuk kemudahan penyajian kopi secara cepat, meja bar untuk di rumah buatlah sesederhana mungkin cukup untuk memuaskan ritual seduh kopi kamu. Jika ingin meletakkan mesin espresso tidak hanya tentang seberapa kebutuhan luas mesin espresso, tentu kamu akan pertimbangkan keperluan lainnya. Apakah luas meja bar kopi di rumah cukup ruang ketika kamu ingin melengkapi peralatan kopi lain nantinya.

    credit: northeasterngroup.com
  • Rak Minimalis untuk Menata Perlengkapan Seduh
    Membeli meja bar langsung jadi, atau pun membuatnya sendiri berdasarkan tutorial di internet, perhatikan apakah kamu memerlukan sebuah rak untuk merapikan perlengkapan seduh kamu nantinya. Meletakkan cangkir kopi, atau pun untuk meletakkan alat kopi seperti french press, dripper dan lainnya perlu diperhatikan mengingkat ukuran rak juga harus disesuaikan.
  • Berapa Banyak Laci Penyimpanan Serba Guna
    Agar terlihat rapi, tentu meja bar perlu menyisipkan beberapa laci untuk menyimpan beberapa persediaan di dalamnya. Semisal menyimpan syrup, biji kopi bahkan bisa juga menyimpan perlatan kopi di dalamnya. Laci pada meja bar dibuat umumnya tidak hanya agar merapikan berbagai hal, tapi juga memudahkan kamu ketika akses bahan untuk persiapan membuat sajian kopi favorit.

    credit: hoomdsgn.com
  • Akses Sumber Listrik
    Pertimbangkan dari arah mana sumber listrik nantinya untuk meja bar kopi, karena beberapa peralatan kopi membutuhkan sumber daya listrik dalam penggunaannya. Jangan biarkan kabel sumber daya listrik mengganggu proses seduh kopi kamu,
  • Perlengkapan Seduh Kopi Apa Saja
    Sebelum membeli atau pun membuat meja bar sendiri, pastikan nantinya meja bar untuk diletakkan perlengkapan dan peralatan kopi apa saja.

    • Grinder menjadi peralatan kopi yang pertama kamu lengkapi, karena untuk menyajikan sajian kopi yang nikmat di rumah, bermula dari penyimpanan biji kopi. Menggiling biji kopi sesaat ketika ingin menyeduhnya, membantu ekstraksi rasa lebih optimal. Pertimbangkan apakah akan menggunakan grinder elektrik atau grinder manual, untuk penyajian kopi yang cepat dan penggunaan yang sering, baiknya melengkapi grinder elektrik untuk meja bar kamu.
    • Mesin Espresso atau peralatan manual brew, kedua hal ini penting untuk dipertimbangkan agar menyesuaikan luas dari meja bar kopi di rumah. Melengkapi peralatan manual brew mungkin tidak harus memiliki ruang meja bar kopi yang luas, mengingat peralatan manual brew bisa saja disimpan di dalam laci atau pun di rak. Namun, jika menginginkan mesin espresso di rumah, setidaknya meja bar kamu harus disesuaikan dengan mesin espresso.

Siapa pun boleh saja memiliki meja bar kopi di rumah, bahkan tren penyeduh kopi rumahan memotivasi banyak penikmat kopi untuk menciptakan meja bar kopi favorit mereka. Apakah kamu punya meja bar kopi di rumah, bagaimana pengalaman kamu ketika merencanakannya?

sumber
yourhomeonlybetter.com how to build coffee bar at home
coachdecor.com img

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.