INGIN MENJADI Q GRADER, SIMAK TIPS LATIHAN INI

Melihat seseorang sangat mahir perihal kopi, mungkin kamu akan terkagum-kagum, bahkan ingin rasanya menjadi seperti dirinya, semua hal yang diucapnya tentang kopi adalah wawasan baru bagimu.

Q GRADER, terdengar familiar namun siapakah sebenarnya q grader ini, apakah seseorang yang terlalu cerewet dalam bidang kopi, atau mereka para q grader adalah penguji – penguji layaknya penguji dalam pelatihan pada umumnya. Eits . . . jangan salah, q grader merupakan titel seseorang yang telah mendapatkan sertifikasi internasional dari Coffee Quality Institute berbasis di California, AS. Lisensi ini diterima seseorang setelah melewati banyak tahapan – tahapan uji profesional untuk menjadi seorang Q Grader.

The Coffee Quality Institute (CGI) merupakan kebaikan era third wave, yang mana lembaga internasional ini memastikan bahwa kopi yang didistribusikan merupakan kopi speciality yang telah melalui tahap uji. Sangat erat kaitannya untuk mendukung kelancaran coffee chain industry dalam hal distribusi kopi speciality. CGI menciptakan program Q Grader harapannya menjadi penyelaras di era kopi, mengambil bagian untuk memastikan kopi yang didistribusikan adalah benar-benar kopi speciality. Tugas Q Grader meliputi;

-Secara obyektif menilai kualitas kopi
-Mengidentifikasi, menghitung dan mengartikulasikan karakteristik kopi
-Mendeteksi coffee defects
-Mengkomunikasikan karakteristik kopi dengan menggunakan terminologi industri yang umum

credit: keurig green mountain
credit: keurig green mountain

Seorang Q Grader sudah pasti mahir menilik perihal karakter kopi, benarkah menjadi Q Grader adalah bakat dari lahir? Totally Wrong, semua itu butuh proses, dan latihan yang tidak sebentar, jadi bukan karena bakat seseorang dari lahir punya indra perasa yang peka. Malahan Q Grader yang baik itu, yang miliki indra perasa seperti pada umumnya, bukan yang terlalu sensitif. Berikut tips untuk melatih kamu yang ingin menjadi Q Grader;

Ngopi Lagi dan Lagi, Ngopi Speciality

Latihan untuk semakin akrab dengan rasa dan aroma kopi, tidak hanya ngopi di coffee shop speciality tapi juga harus ngopi di rumah. Membiasakan ngopi tiap hari, akan memudahkan mengenal karakter kopi. Bukan ngopi yang banyak namun ngopilah dengan berusaha mengenal karakter rasa kopi.

SCAA Cupping Form, Latihan Menilai Kopi

Selama proses pelatihan untuk sertifikasi Q Grader kamu akan menggunakan SCAA Cupping Form, ada baiknya kamu sudah familiar dalam menggunakannya. Scoring angka 6 untuk menyatakan tingkatan baik hingga luar biasa pada angka 9.

Mengenal Perbedaan Roasting

Tingkatan roast bean juga mempengaruhi rasa dan aroma biji kopi, sehingga sudah seharusnya melatih kepekaan akan hal ini. Lakukan observasi untuk menambah wawasan kamu tentang tingkatan roasting yang bagaimana, cobalah kopi yang sama dengan tingkat roasting yang berbeda.

Mencoba Origin Berbeda

Demi melatih kepekaan, sangat mungkin jika kamu mencoba origin yang berbeda. Origin berbeda memiliki karakter rasa dan aroma yang berbeda, untuk tahap awal bisa dimulai dengan karakter rasa kopi yang memang jelas berbeda.

credit: single o
credit: single o

Identifikasi Pengetahuan Kopi

Pada tahap akhir, jika kamu sudah familiar, dengan hanya merasakannya saja kamu dapat mengidentifikasi si kopi. Dari mana kopi berasal, proses roasting yang seperti apa, dan bahkan dapat mengetahui proses pengeringan yang bagaimana. Mungkin sifatnya masih menduga-duga, namun bukan menduga yang asal sebut, tapi punya dasar pengetahuan.

Untuk lebih lanjut, ada baiknya sering menghadiri cupping class di coffee shop daerah kamu, atau rutin gathering bersama coffee enthusiast untuk sharing tentang kopi.

src: perfectdailygrind.com img: coffeeproject

10,078 total views, 8 views today

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.