INGIN PROMOSIKAN KEDAI KOPI KAMU, SIMAK TIPS INI

Banyak sekali cara memperkenalkan kedai kopi kamu ke banyak orang, tapi jangan lupa untuk menentukan strategi mempertahankan pelanggan loyal di kedai kopi kamu.

KINI tidak terlalu sulit untuk menjangkau pelanggan baru untuk kedai kopi kita, bahkan media sosial merupakan cara terbaik untuk mengembangkan jangkauan pasar untuk menggaet pelanggan baru. Tapi, sekadar punya akun media sosial untuk kedai kopi saja tidak cukup, harus ada strategi-strategi promosi agar media sosial menjadi alat yang sempurna untuk pemasaran. Namun, bukan berarti media sosial hanya berisi tentang pemasaran dan jualan, kedai kopi juga butuh perkenalan di media sosial untuk calon pelanggan.

Menggunakan media sosial untuk kedai kopi perlu strategi agar pemanfaatannya sebagai media promosi lebih optimal. Beberapa strategi promosi yang mungkin bisa dikolaborasikan dengan media sosial kedai kopi kamu.

Give Away dan Loyalty Card
Tiap strategi promosi harapannya dapat membangun loyalitas pelanggan terhadap brand kedai kopi kita. Salah satu tipsnya, memberikan give away dengan loyalty card, yang mana kartu ini merupakan kartu penanda untuk pelanggan yang setia membeli produk kopi kita, kemudian pada pembelian ke 10 atau ke 5 akan mendapatkan kopi gratis atau minuman lainnya. Dengan strategi promo ini harapannya, pelanggan akan konsisten datang untuk mengumpulkan stamp pada loyalty card demi mendapatkan give away.

Promosi Berkala
Kualitas layanan memang sangat penting, tapi memberikan potongan harga atau promosi khusus juga merupakan strategi menjalin interaksi dengan pelanggan kedai kopi sedia kita. Memberikan promosi berkala salah satu cara yang barus untuk membangun loyalitas pelanggan terhadap brand kedai kopi kita. Promosi berkala dapat dibuat secara bulanan, musiman atau tahunan, dan tentunya jenis promosi ini bervariasi. Dan mengapa tidak, promosi ini dikolaborasikan dengan strategi di media sosial untuk kedai kopi kita. Memberikan promo reguler di akhir bulan, adalah cara tepat untuk menarik antusias pelanggan.

credit: elite daily

Beli 1 Gratis 1
Promosi banyak sekali strateginya, dan salah satu cara promosi sederhana namun sangat berpengaruh terhadap loyalitas brand adalah beli satu gratis 1. Dengan berbagai syarat dan ketentuan, promo ini selalu berhasil menarik perhatian pelanggan untuk mendapatkannya. Mungkin bisa membatasi, beli satu kopi gratis satu kopi jika berdua, sehingga syarat dan ketentuannya terbatas untuk yang hanya datang berdua ke kedai kopi kita. Mungkin, secara penjualan akan mengalamai penurunan revenew namun sebenarnya biaya tersebut berganti pada biaya pemasaran yang memang harus dikeluarkan.

Brand Mug
Promosi ini mungkin tidak berdampak langsung untuk meningkatkan jumlah pelanggan, tapi untuk meningkatkan loyalitas pada pelanggan setia. Beberapa pelanggan yang sudah nyaman ngopi di kedai kopi kita, secara suka rela akan membeli brand mug yang kita produksi. Walau pun brand mug yang digunakan tidak untuk dijual, mug tempat ngopi mereka akan sangat menyentuh suasana saat mereka sedang ngopi. Tidak sedikit yang akan memfotonya, untuk menunjukkan bahwa mereka pernah di kedai kopi kita.

Setengah Harga Untuk Isi Ulang
Mungkin sangat jarang orang yang ngopi ke kedai kopi, membawa mug sendiri. Tapi promosi ini juga sangat membantu mengkampanyekan pengurangan limbah cangkir take away. Mereka yang datang ke kedai kopi akan mendapatkan setengah harga bila membawa cangkir reuseable mereka. Dan hal ini sangat menarik, untuk memberikan kesan bahwa kedai kopi kita mencintai lingkungan, lagi-lagi promosi berhasil meningkatkan citra brand kedai kopi kita.

credit: unsplash.com

Menu Paket
Strategi promosi seperti ini umumnya digunakan pada restoran atau cafe, tapi tidak ada salahnya untuk menerapkannya di kedai kopi kita. Semisal pesan espresso dipaketkan dengan eskrim dengan harga yang lebih murah jika beli terpisah, atau sajian menu kopi lainnya. Mengkombinasikan sajian kopi dan cemilan seperti pastry juga semakin menambah kesan ngopi yang otentik.

Jam Order Sama
Promosi satu ini, terbilang kreatif karena ditujukan untuk mengapresiasi pelanggan yang datang ke kedai kopi kita pada jam yang sama. Dengan hanya membawa bukti struk pembelian, di hari sebelumnya kita dapat memberikan potongan harga ketika pembeliannya. Secara sederhana, pelanggan yang datang ngopi jam 3 sore, ketika besok ngopi lagi di jam 3 sore juga mereka akan mendapatkan potongan harga spesial atau pun gratis sajian kopi.

Sajian Kopi Musiman atau Diskon Hari Khusus
Momen perayaan nasional tidak ada salahnya dimanfaatkan untuk strategi promosi, semisal hari batik atau pun hari kopi sedunia. Sajian kopi musiman akan membuat pelanggan ingin mencobanya karena sajian tersebut tidak ada pada hari biasa. Potongan harga di hari khusus pun merupakan strategi promosi yang bisa digunakan karena hari khusus tidak tiap bulan ada dan hanya setahun sekali.

Namun, bagaimana pun strategi promosinya cobalah untuk kreatif untuk membangun loyalitas pelanggan akan brand kedai kopi kita. Sesederhana, promosi memberikan wifi di jam-jam tertentu, atau menanyakan feedback kepada pelanggan tentang pengalaman mereka ngopi di kedai kopi kita. Dan paling terpenting, di era media sosial ini semua bisnis sangat mudah menjangkau pelanggan melalui instagram, facebook, twitter dan lainnya, sangat disayangkan jika tidak dioptimalkan penggunaannya.

src: coffeeshopr.com img: flickr

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.