INGIN PUNYA KETTLE UNTUK SEDUH KOPI SENDIRI DI RUMAH

Pernahkah ketika ngopi ke kedai kopi, kemudian kamu terkesima dengan alat kopi yang digunakan oleh barista ketika menyeduhkan kopi, padahal itu hanya sebuah kettle.

SEKILAS mungkin ketika pertama kali melihat kettle untuk seduh kopi, kita beranggapan kettle seduh kopi sama saja dengan kettle pada umumnya untuk membuat teh. Faktanya, hal ini berbeda, dari mulai bentuk saja perbedaannya jelas terlihat antara kettle seduh kopi dengan kettle lain. Leher kettle untuk seduh kopi seperti leher angsa sebabnya sering dikenal dengan sebutan gooseneck kettle, gagangnya pun tidak hanya dibuat ergonomis tapi memiliki reka desain yang menarik, dan ujung leher kettle dibuat runcing untuk seduhan kopi yang presisi. Kebanyakan desain kettle di era kopi sekarang ini dibuat semenarik mungkin, karena kettle itu sendiri bisa dibilang adalah aura dari barista ketika menyeduh kopi.

Budaya pembuatan kopi manual saat ini tidak terlepas dari sentuhan kettle, karena dari kettle itu sendiri kita dapat mengaliri air pada bubuk kopi sesuai dengan keinginan kita. Dan fungsi kettle untuk seduh kopi ini tentunya untuk kemudahan dan hasil yang konsisten dalam menyeduh kopi. Pada level barista dalam pendekatan teorinya, menggunakan kettle barista dapat memanipulasi ekstraksi dari bubuk kopi sehingga karakter rasa yang diinginkan dapat tercipta. Aliran air seduhan yang dituangkan dari kettle akan memberikan ruang untuk partikel bubuk kopi berekstraksi, secara lembut memberikan ruang ekstraksi pada bubuk kopi ketika air dituang dari kettle.

Ingin seduh kopi sendiri di rumah, selain manual grinder dan manual book, kettle adalah salah satu alat kopi wajib yang harus kita koleksi. Jika merasa khawatir, membeli kettle yang terlalu besar untuk kebutuhan ngopi 1 dan 2 orang, coba lihat kettle unik berikut ini.

credit: kurasu.kyoto

Hario – Mini Drip Kettle Kasuya
Produkan Hario sudah tidak diragukan lagi oleh pecinta kopi, desainnya yang selalu berhasil mengundang daya tarik menjadi pilihan banyak orang ketika mencari peralatan kopi. Nah, untuk seduh kopi sendiri di rumah kamu mungkin bisa memilih Hario Mini Drip Kettle Kasuya. Didesain dengan sangat penuh ketelitian sehingga memungkinkan penyeduhan kopi lebih optimal. Fitur leher kettle dan ujungnya yang sempit memungkinkan air seduhan keluar sedikit demi sedikit dan dapat dikendalikan. Terbuat dari stainless steel berkualitas dan mampu menampung air hinga 300ml.

credit: kurasu.kyoto

Miyaco – Drip Kettle Mahogany
Untuk yang sangat mencintai proses seduhnya, kettle ini mungkin bisa menciptakan suasana hikmat dari proses seduh kopi. Sangat memungkinkan untuk menyeduh kopi teknik dripping, aliran air yang tercipta dari gerakan pouring pun sesuai dengan tangan. Pegangan yang terbuat dari material kayu didesain senyaman mungkin diadaptasi dari gaya penyeduhan tea ceremony. Kapasitas air sekitar 300 ml sangat sesuai untuk seduh kopi sendiri untuk 1 hingga 2 orang.

otten doc.

A-IDIO – Drip Coffee Kettle
Salah satu kettle pilihan dengan desain stylish asal Taiwan. A-IDIO mampu mengoptimalkan kualitas proses seduh dengan segala fitur yang ada pada kettle ini. Dilengkapi dengan set penutupnya yang terbuat dari kayu dan bagian handle yang juga nyaman untuk digenggam sehingga proses seduh semakin hikmat. Bahkan desain A-IDIO ini merupakan finalis dari Golden Pin Design Award 2018 kategori desain produk. Semakin penasaran dengan kettle dari A-IDIO melihat reka desainnya yang menarik. Kettle ini tersedia dengan daya tampung 240ml dan juga 350ml.

img: hario.jp

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.