INVESTASI ALAT INI UNTUK BUMI LEBIH ASRI

Isu pemanasan global memang bergaung semakin mengerikan akhir-akhir ini. Karenanya kami ingin mengajak semua orang untuk lebih bijak dalam melakukan berbagai hal salah satunya urusan ngopi.

BISA kamu bayangkan ada berapa banyak sampah dan limbah yang dihasilkan setiap orang perharinya dari konsumsi kopi? Cangkir sekali pakai dan sedotan adalah dua hal yang disinyalir paling banyak sampahnya di seluruh dunia. Sayangnya, cangkir sekali pakai yang kertas atau paper cup sama  buruknya dengan cangkir sekali pakai plastik. Karena cangkir sekali pakai kertas di dalamnya terdapat lapisan plastis dan penutupnya terbuat dari plastik juga. Sigh!

Saya sendiri masih sering abai dalam urusan ini. Saya masih sering menggunakan cangkir sekali pakai saat memesan kopi secara online atau kelupaan membawa tumbler kopi sendiri. Kita semua memang belum sempurna dalam urusan menjaga alam tapi setidaknya mari berbuat lebih baik. Mari investasi beberapa alat kopi agar ritual ngopi kita tak mencemari bumi dan membuatnya senantiasa menjadi tempat paling nyaman kini dan nanti.

Tumbler Kopi

Tak peduli bagaimana bentuk dan mereknya menurut saya setiap peminum kopi aktif wajib memiliki tumbler kopinya sendiri. Saya sendiri memiliki Stojo Pocket Cup karena benda yang satu ini bisa ‘dilipat’ sehingga tak makan tempat saat dibawa kemana-mana. Beberapa teman lain punya tumbler kopi yang bisa tahan panas dan tahan dingin seperti Hario Uchi Mug atau Bialetti Thermic Pop. Intinya siapkan tumbler kopi sendiri karena jika setiap orang mengurangi jatah menggunakan cangkir sekali pakar setiap hari maka sampah mengganggu ini akan berkurang di bumi.

Credit : bigcommerce.com

Penyaring Kopi Alternatif

Beberapa orang pasti langsung protes karena paper filter berasal dari kertas yang bisa didaur ulang dan tak apa menggunakannya dalam waktu yang panjang. Memang benar tapi kertas datangnya dari apa? Saya sendiri cukup berat hati mengganti paper filter menjadi metal filter atau cloth filter karena berpengaruh pada rasanya. Namun, sekarang saya sudan berinvestasi penyaring alternatif ini dan mengurangi menggunakan paper filter meski belum 100% ‘bercerai’ dari alat ini. Sebungkus paper filter mengandung pembungkus plastik. Well, bayangkan kalau beli 10, 20 atau 100 bungkus ya kan?

Kantong Reusable

Nah, kalau ini wajib punya dong ya! Kita sering belanja kopi dan alat-alatnya di toko kesayangan dan kerap diberi kantong plastik dan kantong jenis lainnya. Tak ada salahnya mulai berinvetasi satu tas reusable yang bisa dilipat dan mudah dibawa kemana-mana. Karena tak hanya belanja alat kopi, belanja hal lain juga pasti ada kantongan plastiknya, bukan?

Foto utama dari lifestylecoop.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.