JANGAN SIMPAN BIJI KOPI DI KULKAS, PILIHLAH WADAH SIMPAN YANG TEPAT

Jika berpikiran bahwa kopi yang segar adalah kopi yang disimpan di kulkas, maka ini sama sekali tidak benar. Kopi berbeda dengan bahan makanan lainnya yang akan terlihat segar ketika baru keluar dari kulkas, kesegaran biji kopi terkait dengan seberapa jarak antara tanggal roasting dengan tanggal ketika seduh, namun begitu banyak juga pertimbangan untuk kopi dikatakan benar-benar segar. Namun demikian, kita bisa berusaha menjaga kesegarannya dengan menyimpannya pada wadah penyimpanan yang tepat.

BIJI kopi yang disimpan di kulkas cenderung akan mengalami fluktuasi kelembapan, bukan hanya itu saja. Biji kopi yang disimpan di kulkas akan menyerap aroma-aroma dari bahan makanan lainnya yang ada di kulkas, dan ini tidak menguntungkan dalam hal perihal rasa. Belum lagi, pada teorinya jika ketika kita ingin menyeduh kopi yang disimpan dari kulkas akan memerlukan waktu yang tidak cukup untuk si kopi diekstraksi dengan air seduhan. Banyak lagi kekurangannya yang tidak menguntungkan, oleh sebabnya banyak barista yang tidak menyarankan menyimpannya di kulkas.

Lalu bagaimana sebenarnya menyimpan kopi untuk kebutuhan harian kita, ada baiknya meyimpannya dalam bentuk biji ketika diseduh barulah kita menggilingnya. Namun yang menjadi masalah terkadang banyak di antara penikmat kopi tidak memiliki manual grinder, tidak ada salahnya menyimpannya dalam bentuk bubuk. Tapi, ada baiknya jika menyimpannya dalam bentuk bubuk cukuplah untuk persediaan kebutuhan yang tidak terlalu lama. Carilah roaster lokal di daerah kita, dan belilah dalam jumlah yang sedikit mintalah sekaligus menggilingnya. Karena terlalu lama kopi berbentuk bubuk dan tidak langsung diseduh, kenikmatannya akan berbeda dari hari ke hari. Jika dibandingkan menyimpannya dalam bentuk biji kopi, maka lebih tahan lama dan kenikmatannya masih konsisten terjaga dari hari ke hari, maka penting mempunyai manual grinder di rumah jika ingin menikmati kopi segar yang baru digiling tiap harinya.

Dan kemudian untuk menyimpan biji kopi itu sendiri, jangan meletakkannya pada tempat yang terkena matahari langsung. Sinar matahari langsung dapat mengaburkan karakter rasa dari kopi. Apalagi disimpan di wadah yang terbuat dari kaca, maka sebaiknya meletakkannya pada tempat yang tak terkena matahari langsung dan memiliki suhu ruang yang nyaman. Tidak hanya memperhatikan tempat meletakkan wadah penyimpanan, memilih seperti apa wadahnya untuk menyimpan kopi juga menjadi hal menarik untuk diulas.

KANTUNG BIJI KOPI
Bukan berarti menyimpan kopi dalam kantung biji kopi menjadi hal yang tabu, karena banyak barista malahan yang menyimpannya pada kantung-kantung kopi mereka ketika membelinya pada roaster. Hanya saja, memang roaster harus memikirkan kemasan kantung yang seperti apa yang bagus untuk menymimpan biji kopi hasil roasting mereka. Kantung yang sangat sesuai untuk penyimpanan adalah kantung yang dilengkapi dengan zip-lock, bahkan beberapa kantung juga sudah dilengkapi katup udara satu arah, yang mana baik untuk pelepasan gas tanpa adanya udara yang masuk.

credit: kinto

BENTUK WADAH PENYIMPANAN
Bagaimana bentuk wadah juga menjadi pertimbangan, apakah berbentuk botol yang mudah dibawah ke mana-mana atau berbentuk toples untuk penyimpanan di bar atau di dapur rumah. Untuk mereka yang sering bepergian pasti akan memilih menyimpan biji kopi mereka pada wada penyimpanan yang berbentuk botol. Banyak wadah penyimpanan kopi yang berbentuk botol dan dengan desain yang menarik seperti Kalita Coffee Storage Bottle mudah untuk dibawa ke mana-mana

credit: rakuten

BAHAN WADAH PENYIMPANAN
Mungkin terdengar remeh, tapi wadah penyimpanan juga membantu kita untuk menikmati kopi yang segar sebelum diseduh. Maka sudah seharusnya mempertimbangkan banyak hal sebelum memilih wadah penyimpanan kopi, apakah terbuat dari plastik, atau kaca, atau bahan lainnya. Ini pasti memiliki karakteristik yang berbeda, pada umumnya lebih bagus wadah penyimpanan yang terbuat dari kaca. Selain tahan lama, mampu menjaga kesegaran dari biji kopi.

credit: gimmetasty

BAGAIMANA PENUTUPNYA
Seperti apa penutup dari wadah tersebut, apakah terbuat dari rubber yang mampu menahan udara masuk, atau terbuat dari serbuk kayu yang padat untuk menahan udara agar tidak masuk. Coba teliti bagaimana penutup dari wadah penyimpanan tersebut, pastikan tidak ada udara yang bisa masuk mengganggu kesegaran dari biji kopi kita. Jika pun terbuat dari bahan plastik, coba perhatikan bagaimana penutupnya mampu menahan udara agar tidak masuk.

Mengapa biji kopi harus dijaga kesegarannya, ini terkait dengan udara dan suhu yang menyebabkan tingkat kelembapan. Oksidasi dari proses terpaparnya udara dan perubahan suhu akan tidak menguntungkan perihal karakter rasa dari kopi. Dan belum lagi kelembapan akan mempengaruhi tingkat fermentasi dari biji kopi itu sendiri, dan banyak lagi reaksi kimia yang baik untuk rasa akan terpapar jika terkena udara. Maka penyimpanan biji kopi menjadi perhatian khusus jika ingin menikmati kopi yang kaya akan rasa setiap harinya.

src: aquaspresso.co.za theperfectgrind.co.uk cnet.com img: twentytwentyone

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.