JAPANESE ICED COFFEE: CARA BERBEDA MENIKMATI ES KOPI

Jika cold brew memberi sensasi kenikmatan minum kopi dingin yang memerlukan kesebaran. Maka Japanese Iced Coffee yang satu ini adalah solusi bagi kamu yang ingin menikmati minum es kopi dalam waktu singkat.

Dengan semakin banyaknya orang-orang yang tertarik di dalam dunia kopi, maka semakin banyak pula teknik yang ditemukan untuk menikmati beans from heaven ini. Ada beragam metode dalam menikmati kopi panas yang sampai detik ini masih terus bertransformasi. Tentunya hal tersebut juga berlaku di dalam membuat kopi dingin. Salah satunya adalah membuat kopi dingin dengan metode pour over atau lebih dikenal dengan Japanese Iced Coffee.

DSCF1325- (1)

Japanese Iced Coffee tidak memerlukan alat cold brew atau coffee dripper yang seperti layaknya membuat kopi dingin selama ini. Hanya diperlukan sebuah dripper yang biasa dipakai dalam metode pour over V60. Dan saya yakin semua pecinta kopi dengan metode manual brewing pasti memiliki dripper ini. Selain dripper diperlukan juga paper filter karena cara membuat Japanese Iced Coffee hampir mirip dengan pour over yang biasa digunakan.

Meskipun tekniknya terdengar sederhana, namun kopi dingin yang satu ini menghasilkan cita rasa jenius yang tak main-main. Perbedaan yang paling mencolok antara metode pour over V60 biasa dengan Japanese Iced Coffee adalah di dalam pembuatan kopi dingin ini rasio air yang digunakan setengahnya digantikan dengan batu es. Sedangkan pada pour over V60 biasa tidak menggunakan batu es.

DSCF1337

Untuk secangkir es kopi dingin kamu memerlukan dua sendok makan kopi bubuk, 400 gram air dan empat cubes batu es. Jika kamu ingin membuat dalam porsi lebih besar, silakan tambahkan saja banyaknya kopi, air dan batu es sesuai yang kamu inginkan. Tapi setiap orang bisa menambahkan atau mengurangi air dan kopi sesuai selera. Tidak ada pakem dan resep khusus, karena seperti meracik kopi pada umumnya, Japanese Iced Coffee pun dibuat sesuai selera penikmatnya.

Bagian terbaik dari menikmati es kopi dengan metode ini adalah kamu tak memerlukan alat-alat mewah dan menunggu dalam waktu yang lama. Kamu juga dengan mudah membuatnya dalam waktu yang singkat. Serta kesegaran es kopi ini sangat terjaga karena kamu bisa menggunakan biji terbaik yang baru disangrai dan tak perlu menikmatinya setelah didiamkan semalam suntuk seperti layaknya cold brew.

Untuk porsi dua cangkir kopi yang kamu membutuhkan:

  • 23 gram bubuk kopi (digiling medium)
  • 230 gram air
  • 8 blok ice cubes berukuran besar

Cara membuat Japanese Iced Coffee:

  • Panaskan air
  • Tempatkan kertas filter pada dripper (kamu bisa menggunaan Hario dripper, Chemex atau Kalita).
  • Basahi kertas filter lalu buang air hasil bilasan.
  • Masukkan batu es pada server/ teko dan letakkan dripper di atasnya.
  • Masukkan 2 sendok makan kopi bubuk.
  • Tuangkan air sedikit dan biarkan selama 30 detik. Biarkan proses
  • Lanjutkan menuang air seperti metode pour over seperti biasa. Biasanya proses ini bisa memakan waktu 2-3 menit.
  • Ketika air berhenti menetes, pisahkan dripper dari server/
  • Japanese Iced Coffee siap untuk dinikmati.
  • Jika kamu menyukai es kopi yang manis, kamu bisa menambahkan gula, krim, susu atau sirup karamel sesuai selera.

 

Disunting dari coffeestylish

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

6 Comments
  1. rasio airnya tolong direvisi, karena secara hitung-hitungan membuat bingung untuk yg secangkir dan 2 cangkir

    1. Recomend dari sy sih pake beans bari jawa barat yang memiliki flavour fruity yang kaya! Seperti sunda aromanis, garut yellow bourbon, dll 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.