JATUH CINTA YANG CANDU ADALAH SECANGKIR COLD BREW

Bagaimana memperkenalkan sajian kopi speciality pada seorang teman dekat?

SENANG tentunya punya teman dekat yang sama mencintai aktifitas minum kopi speciality, tapi pada kenyataan sulit untuk menemukan teman yang benar-benar memiliki kecintaan yang sama akan kopi. Alhasil, terkadang sering kita berusaha mengenalkan sajian secangkir kopi padanya, dengan harapan akan jatuh cinta dengan kopi, namun ternyata tidak. Untuk pertama kali, mungkin rasa kopi yang disesap belum bersahabat untuk mereka yang belum akrab dengan sajian kopi, tapi bukan berarti tidak bisa minum untuk pertama kalinya. Perkenalkan padanya sajian kopi yang sangat ramah untuk dinikmati tiap kalangan, dengan sajian cold brew walau bukan pengopi pasti sekejap akan membuatnya jatuh cinta akan sajian kopi.

MENGAPA COLD BREW?

Sajian cold brew dibuat dengan cara yang berbeda dengan sajian kopi pada umumnya, tidak hanya itu saja perbedaannya, ekstraksi dari kopi untuk sajian cold brew pun berbeda. Maka dari itu sajian cold brew terbilang unik dan bisa dibilang serba guna sebagai base layer untuk sajian dingin lainnya. Nah, lebih lanjut seperti inilah karakter cold brew yang mampu buat orang jatuh cinta akan kopi.

credit: getflavor.com
  • KARAKTER RASA COLD BREW YANG RAMAH

Rahasia mengapa rasa cold brew lebih rendah aciditynya dan bitternya, jawaban sederhananya adalah temperatur air. Jika suhu optimal untuk mengekstraksi karakter rasa dari kopi adalah 91 – 96 derajat Celcius mampu mengeluarkan karakter rasa yang seimbang, lalu bagaimana dengan cold brew?

Semakin tinggi suhu air dari rentang suhu optimal digunakan untuk menyeduh kopi, maka karakter rasa akan cenderung memiliki karakter rasa yang bitter yang kuat. Dan sedangkan suhu air yang digunakan di bawah rentang suhu optimal, maka karakter rasa menjadi lebih ringan lagi. Namun cara membuat cold brew sangat menarik, bukan menyeduhnya dengan air panas, melainkan dengan air seduhan bersuhu biasa yang kemudian didiamkan dengan merendamkan bubuk kopi kemudian dimasukkan ke kulkas sekurangnya 8 jam. Dari cara buatnya saja sudah bikin penasaran untuk membuatnya sendiri di rumah.

  • SAJIAN COLD BREW BISA CIPTAKAN RASA BERBEDA

Dengan tambahan sedikit pada sajian cold brew, akan membuat kesan rasa dari cold brew lebih menarik lagi. Sederhana membedakannya pada biji kopi yang sama cobalah hot coffee dibandingkan dengan cold brew, mungkin berpikiran karakter rasa tidak jauh berbeda, namun terjada perbedaan rasa sangat jelas walaupun menggunakan biji kopi yang sama.

Jika kopi yang diseduh dengan air panas menciptakan karakter rasa yang jelas, aroma yang nikmat, manis yang lembut, keasaman, dan kesimbangan rasa lainnya. Berbeda dengan sajian cold brew yang cenderung memiliki karakter rasa yang lembut, malahan lebih jelas rasa manis yang keluar dan rasa asam yang lembut, pahit hampir tidak terasa. Optimal dari sajian cold brew tergantung juga dari jenis biji kopi yang digunakan. Semakin eksotis rasa dari cold brew jika disajikan menggunakan ice cube dan sebagai additionalnya ditambah sirup atau pun madu sedikit makin lebih menarik lagi.

credit: blog.fitbit.com

  • COLD BREW SOLUSI NIKMAT SAJIAN LAINNYA

Banyak kemungkinan sajian tercipta dari secangkir cold brew sebagai base layernya. Tidak heran jika kedai kopi menyediakan cold brew untuk keperluan sajian agar memudahkan untuk membuat sajian lainnya. Untuk kita sebagai homebrewer tidak ada salahnya juga selalu menyediakan cold brew di kulkas rumah, jika sewaktu teringin tinggal menyajikannya.

Cold brew yang ditambahkan dengan air dingin dan ice cube, akan menjadi sajian iced coffee. Menambahkan susu malahan bisa menjadi sajian iced cold brew latte, banyak lagi kemungkinan sajian lainnya. Sebabnya, cold brew adalah jatuh cinta yang candu untuk mereka yang pertama kali mengenal sajian ini.

Ingin membuat sendiri cold brew di rumah, jangan bingung. Kamu juga bisa menyediakan cold brew sendiri untuk kebutuhan ngopi kamu di rumah.

src: avapresse.com img: smallworldcoffee.com

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.