Jenis-Jenis Filter Kopi

Buat kamu yang gemar menikmati kopi dengan metode manual brew yang nota bene menggunakan filter kopi, maka artikel ini tak mungkin kamu lewatkan. Filter kopi ternyata tak sesederhana yang kamu kira karena benda tipis nan ringan ini memengaruhi rasa kopi saat kamu menikmatinya.

Sebelum menggunakan filter kopi untuk Kalita Wave, Pour Over V60, Chemex, Melitta dan lain-lain, kamu harus membersihkan filter kopi dengan air panas sebelum menggunakannya. Kenapa? Karena kamu takkan pernah tahu zat apa yang ada pada filter tersebut yang bisa saja merusak cita rasa kopi. So, don’t ever forget to pour hot water to your filter. It’s a must!

Dan bicara soal filter kopi, ada berbagai jenis filter kopi yang digunakan di berbagai jenis metode manual brewing. Selain beda penggunaannya, filter-filter ini juga memiliki kualitas dan ‘rasa bawaan’ yang berbeda. Berikut beberapa perbedaan ‘rasa bawaan’ yang dihasilkan filter-filter kopi ini setelah diseduh dengan kopi untuk mendapatkan perbedaan rasa yang dihasilkan.

Filter Chemex

open-uri20130816-17199-j5krd7.

Filter Chemex adalah filter dengan rasa yang paling bersih dan netral. Secangkir kopi yang dihasilkan melalui filter Chemex ini memberikan tekstur yang tipis dan membawa aroma bunga yang tipis sekali. Selain itu filter ini memberi ‘rasa kering’ di dalam mulut saat diteguk.

Melitta Oxygen Bleached

melitta_06

Filter yang satu ini memberi aroma kertas bawaan. Kopi yang dihasilkannya sedikit lebih berat dengan teksur yang lebih penuh. Filter ini murni aroma kertas tanpa ada aroma lain yang dibawanya.

Melitta Unbleached Natural

Filter kopi yang satu ini memberikan rasa kayu yang tipis pada bilasan pertama dan kedua. Dia juga memberikan rasa yang tipis pada kopi dengan dryness yang mencolok.

Hario V60

Espresso-Shots_0048

Filter yang ini memberi rasa grassy pada seduhan pertama dan memberi rasa yang bersih diseduhan berikutnya. V60 filter memberi rasa kopi yang bersih yang menyenangkan dengan aroma citrus tipis.

Sock Cloth Filter

102611-176508-coffee-how-to-brew-woodneck

Filter kain yang satu ini memang memberikan rasa kopi yang kuat dan sayangnya itu saja tidak cukup. Rasanya seperti aroma kain wol yang basah. Tapi mungkin beberapa orang memang menyukainya.

Able Kone

7008-KoneFilterb_720x600

Able Kone sebenarnya bukanlah sebuah filter kertas melainkan corong yang terbuat dari stainless steel yang memiliki lubang kecil di bagian bawahnya. Able Kone didesain untuk digunakan bersama Chemex dan alat kopi lainnya yang mendukungnya. Able Kone diletakkan di dalam Chemex. Hasil dari Able Kone dan filter kertas Chemex sangat berbeda. Filter kertas memberikan hasil yang lebih bersih sedangkan Able Kone memberi rasa yang lebih tebal, kuat, sedikit berminyak dan rasa yang agak mirip dengan kopi yang dihasilkan melalui French Press.

Able Disk

disk_b8_small

Able Disk adalah sebuah lempeng yang juga terbuat dari stainless steel yang bisa digunakan kembali. Able Disk digunakan bersama AeroPress. Ada dua jenis Able Disk yaitu yang standar dan halus (fine) yang berarti memiliki dua ukuran lubang dan level. Seperti Able Kone, Able Disk juga menghasilkan kopi dengan rasa yang lebih tebal, kuat, minyak dan bertekstur. Untuk hasil kopi lebih bersih dan jernih gunakan filter kertas. Karena bagaimana pun filter kertas memberikan hasil terbaik untuk segala jenis alat manual brew yang ada.

Sudah pada tahukan bagaimana jenis-jenis dan hasil yang diberikan masing-masing filter kertas? Sekarang semua tinggal dikembalikan ke selera masing-masing. Selamat minum kopi dan semoga artikel ini membantu kamu semua.

 

filter kopi

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.