Jenis-Jenis Kopi Nusantara

Indonesia adalah negara yang diberkahi dengan letak geografis dan struktur tanah baik tempat bertumbuhnya kopi. Beberapa wilayah di Indonesia tersebar perkebunan kopi yang masing-masing hasil kopinya memiliki karakteristik unik dan berbeda-beda. Apa saja kopi nusantara dan bagaimana karakteristik setiap biji kopinya? Yuk, baca artikel dibawah ini.

Kopi Sumatera

Coffee picker in Batak head dress, Seribu Dolok, Sumatra-2

Kopi Sumatera adalah salah satu kopi paling terkenal di dunia. Kopi Sumatera yang paling terkenal berasal dari Sumatera Utara dengan kopi Sidikalang, Lintong dan Mandheling. Kopi Sumatera memiliki cita rasa yang berat. Bisa dikatakan paling berat dan kompleks di antara jenis-jenis kopi yang ada di dunia. Beberapa ahli kopi mengatakan kopi Sumatera memiliki cita rasa unik karena dengan karakteristik dengan aroma rempah dan juga earthy. Kopi Sumatera memiliki tekstur halus dan berbau tajam. Inilah yang menyebabkan kopi Sumatera menjadi salah satu kopi paling laris. Kopi Suamtera diproses dalam dua cara yaitu proses semi-washed dan dry-processed. Ditanam di ketinggian dan kontur tanah ideal menjadikan kopi Sumatera berkualitas terbaik bahkan di mata Internasional.

Kopi Sulawesi

toraja

Tana Toraja adalah daerah yang diberkahi tanah tempat kopi tumbuh subur dengan kualitas yang tak kalah baik dari kopi dari daerah lain. Rasa yang kuat dan kadar asam yang tinggi menjadikan kopi Toraja diminati pasar yang memang menyukai kopi dengan keasaman tinggi. Meskipun sering disebut-sebut bercita rasa mirip dengan kopi Sumatera, tapi kopi Toraja memiliki ciri sendiri yang tentunya berbeda. Kopi Toraja memiliki bentuk biji yang lebih kecil dan lebih mengkilap dan licin pada kulit bijinya. Meskipun memiliki cita rasa asam, kopi Toraja memilki aroma earthy yang khas. Dan menurut ahli kopi aroma itulah yang menjadikan kopi Toraja berbeda dengan karakteristik yang unik pula.

Kopi Aceh Gayo

shutterstock_174353867

Siapa yang tidak kenal dengan kopi Aceh Gayo yang sudah tersohor kenikmatannya? Kopi yang berasal dari daerah Tanah Gayo Aceh Tengah ini menjadi salah satu jenis kopi yang paling banyak dikonsumsi masyarakat maupun yang diekspor ke luar negeri. Kopi Gayo memiliki ciri unik dengan kekhasan aroma yang berbeda dengan kopi-kopi lain di Indonesia. Kopi Gayo menghasilkan sebagian besar jenis kopi Arabika terbaik. Cita rasa kopi Gayo sendiri terasa lebih pahit dengan tingkat keasaman rendah. Aromanya yang sangat tajam menjadikan jenis kopi ini disukai. Tak heran kopi ini menjadi penghasil kopi terbesar di Asia. Meskipun rasanya pahit, kopi Gayo memberi aroma gurih pada setiap tegukan.

Kopi Bali Kintamani

Bali-Mountains-Bedugul-Kintamani-1-Jan-2013

Kopi yang berasal dari daerah Kintamani Bali nan sejuk ini memang memiliki keunikan cita rasa yang berbeda dari kopi di daerah lain di nusantara. Kopi Bali Kintamani memiliki cita rasa buah-buahan yang asam dan segar. Hal tersebut terjadi dikarenakan tanaman kopi di Bali Kintamani ditanam bersamaan dengan tanaman lain seperti aneka sayuran dan buah jeruk. Kopi jenis ini menggunakan sistem ‘tumpang sari’ bersama dengan jenis tanaman lain. Itu kenapa biji kopinya meresap rasa buah-buahan seperti jeruk. Selain memiliki cita rasa ‘buah’, kopi Bali Kintamani memiliki cita rasa yang lembut dan tidak berat. Keunikanya tersebut di dapat dari letak geografisnya yang unik juga. Bagi kamu yang menyukai cita rasa kopi berbeda, kopi Bali Kintamani bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kopi Papua Wamena

trek-papua-165

Kopi yang berasal dari wilayah Timur Indonesia ini tumbuh pada ketinggian 1.500 m dengan suhu 20 derajat. Menjadikannya kopi dengan cita rasa ringan dan memiliki keharuman tajam yang nikmat. Kopi Papua Wamena memiliki tingkat keasaman yang rendah, mungkin dikarenakan letak geografisnya dan juga struktur tanah tempat kopi ini bertumbuh. Yang membuat kopi ini berkualitas tinggi adalah para petani menanam kopi ini secara organik karena tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang tentu bisa memengaruhi kopi yang akan dihasilkan. Untuk kamu yang menyukai kopi dengan rasa ringan dan lembut, aroma tajam yang nikmat serta tekstur yang nyaris tanpa ampas, kopi Papua Wamena adalah pilihan yang tak mungkin salah.

Kopi Flores Bajawa

shutterstock_161919842

Flores terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, siapa sangka daerah ini ternyata juga menghasilkan kopi yang tak kalah nikmatnya. Kopi Flores Bajawa adalah kopi yang berasal dari Kabupaten Ngada. Kopi ini tumbuh di dataran Flores yang subur meskipun di kelilingi oleh pegunungan yang masih aktif maupun tidak. Tanah tempat kopi ini dihasilkan ternyata mengandung andosols subur dari abu gunung berapi yang ternyata sangat baik untuk menanam kopi. Dan jadilah kopi Flores Bajawa yang nikmatnya tak kalah dengan kopi nusantara lainnya. Kopi Flores Bajawa biasanya melalui proses giling basah. Kopi ini memiliki sedikit aroma fruity dan sedikit bau tembakau pada after taste-nya. Sebuah keunikan yang mungkin tak didapatkan dari biji kopi yang berasal dari daerah lain.

Kopi Jawa

shutterstock_173816543

Kopi yang berasal dari Pulau Jawa ini ternyata memiliki keunikan cita rasa sendiri. Aroma rempah yang lahir secara alami menjadikan kopi jenis ini dinikmati karena memiliki karakteristik yang berbeda. Meskipun kopi Jawa tidak sekuat kopi Sumatera dan Sulawesi dari segi cita rasa dan aroma, tetapi dia tetap memiliki penikmat sendiri karena aroma tipis rempah yang dihasikan. Menjadikan pengalaman minum kopi terasa lebih unik dan berbeda. Sebagian besar kopi Jawa melalui proses giling basah. Itu jugalah yang membuat cita rasanya tidak terlalu kuat. Meski begitu kopi Jawa tetap diminati karena menurut beberapa ahli, tidak semua kopi nusantara mampu menghasikan kopi yang beraroma ‘rempah’.

beli-kopi

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

39 Comments
  1. menyeruput kopi di tengah suasana perkebunan kopi di Rantekarua, Toraja Sulsel adalah pengalaman yang tak terlupakan. Sambil menikmati deretan rumah-rumah tradisional Toraja, Tongkonan, kami menyeruput kopi. Pengalaman selama tiga hari di Toraja, kami menjadi cafeinated

  2. Ada yang special dari Jawa, Java Menoreh Coffee yang diproduksi terbatas dari perbukitan menorah, Kulon Progo Jogyakarta. Dan memang betul, rasanya khas rempah istimewa. Boleh dicoba.

    Salam

  3. kenikmatan kopi Toraja , tingkat acidity nya mengingatkan sy pada kopi Letefoho, Timor-Leste yg jg memiliki acidity yg kuat…so strong..

  4. Di Flores Juga ada Kopi Colol-Manggarai Timur, tetangga Kabupaten Ngada-Bajawa. Pada Zaman Belanda, seorang Petani asal Colol mendapat penghargaan dari Pemerintah Belanda berupa Bendera Belanda karena memenangkan perlombaan Petani kopi Se Indonesia.

  5. Salam untuk semua para pecinta kopi, semua kopi di Indonesia memang memiliki ciri khas tersendiri. Sebenarnya masih banyak lagi daerah penghasil kopi di Indonesia yang belum tersentuh promo-promo tingkat nasional/Internasional, contohnya Kopi di Kawasan gunung Bawakaraeng-Lompobattang (Gunung dekat Kota Makassar) yang sekarang sedang dikembangkan kualitasnya dengan pendampingan Petani kopi menuju penghasil kopi specialty berikutnya di tanah Sulawesi setelah Toraja Kalosi

  6. Saya penikmat kopi
    Kayak nya sdh sangat banyak jenis kopi yg sdh saya cicipi
    Kopi di negara kita quality nya mantap
    Dan rasa nya pun sangat unik, walaupun sama2 jenis arabika di tanam di daerah yg berbeda maka rasa pun akan beda
    Masalah nya rosting di negara kita ini belum benar2 mantap, di karenakan tidak bisa menjaga konsistensi rasa, misal nya kopi aceh gayo, hari ini rosting rasa nya mantap, rostingan minggu depan green bean nya aceh gayo juga, tapi rasa nya kopi nya sdh beda, inilah yang saya maksud tdk konsisten, pengalaman saya menikmati kopi kadang ada yg asem banget, kadang ada rasa sepat2 , ada lagi rasa apek di karenakan green bean nya ada lubang kecil2, isi dalam biji kopi sdh di gegroti dan lama penyimpanan yg tdk baik, terus di rosting, akhir nya jadilah kopi bau apek,
    Saya tetap menikmati kopi, kopi yang saya anggap konsisten, rasa tetap sama, kapan pun kita beli untuk di nikmati, cuma sayang kopi nya di rosting di amerika, green bean nya tetap dari indonesia, kopi yang masih jadi andalan saya adalah kenya,
    Kalau minikmati kopi di kasih gula atau susu kita sulit untuk menilai rasa kopi nya, krn rasa sdh tersamar oleh gula dan susu, apalagi ada vanilla,kayu manis dll nya,

  7. Untuk pecinta kopi, menambah wawan dan tentunya ilmu kopi. Menurut saya kopi itu uni, pernah saya menaruh kopi K***l A** , lalu aku bungkus di menggunakan plastik berklip. Tidak sengaja saya taruh di sebelah sabun mandi. Lalu saya pun lupa untuk membukanya kurang lebih 1 minggu, dan ternyata kopi tersebut berbau sabun. Jadi kesimpulannya, kopi itu dapat berubah ras dan bau tergantung dengan lingkungannya.

    Sepertinya mas @john koment di atas, konsisten rasa kopi itu susah. Mungkin mas mencicipi kopi A di bulan januari 2016 , tentunya akan berbeda dengan mencicipi kopi A di bulan januari 2017. Mungkin faktor lingkungan, ataupun musim yang berbeda.

  8. kyaknya masih perlu ditambahkan ini:
    kopi sumatera: gunung kerinci, ke selatan lagi kopi palembang gunung dempo, juga kopi lampung, kopi bengkulu…
    di jawa, saya kira varian kopi juga luas: yang saya tahu, kopi gunung muria di kudus, di jatim ada kopi ptpn xii di wilayah jember, malang dan kediri, kopi gunung merapi di jogja, kopi suroloyo di pegunungan menoreh, samigaluh, jogja bagian barat, masih banyak lagi…..

  9. sejauh ini saya paling suka Kopi Lintong dari Sumatera Utara.

    Tapi petualangan kopi saya baru saja dimulai..hehehe..

  10. Ada kopi Arabika Bawakaraeng enak dikawasan gunung Bawakaraeng-Lompobattang (meliputi kabupaten Sinjai, Gowa, Jeneponto, Bulukumba dan Bantaeng), sekarang sudah dikemas dan dijual sampai ke Papua, untuk sementera di produksi oleh Koperasi Kopi Manipi Sinjai Barat. Begitupun untuk kopi Madu di wilayah Bantaeng dan Jeneponto Rumbia. kedepannya ada banyak ke khasan yang akan di promosikan oleh Pelaku usaha, dan sekarang sementara proses sertifikasi Petani kopi, indikasi geografis juga telah dibentuk. Sukses kopi Bawakaraeng

  11. Saya mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan Fak. Pertanian USU
    mohon ijin untuk mengutip artikel nya dalam tugas saya 🙂

    saya juga penikmat kopi
    tertarik dgn kopi gayo
    saran utk nyobain kopi ajijahe dari kabupaten karo.

  12. Menurut saya sampai skrg yg bener2 ngena itu kopi papua wamena. Rasanya halus, asamnya tidak terlalu kuat, dan yg paling saya suka itu aromanya. Bener2 beda sama kopi yg pernah saya sripit hehe. Tapi perlu agan2 coba yaitu kopi ciremai, kopi asli dari gunung ciremai kuningan jabar. Aromanya memang tidak terlalu kuat, tapi rasa dan body nya begitu getir dimulut. Monggo di coba hehe

  13. Kopi toraja memang nikmat dengan citarasa strong, ditanam diatas ketinggian 1000 m dpl lebih dan ditanam disela-sela tanaman coklat, cengkeh sehingga aroma memiliki kekhasan tersendiri

  14. Dari beberapa kopi yang pernah saya minum Aceh Gayo, Papua, Flores, Toraja yang paling pas disajikan dengan drip vietnam ya kopi flores

  15. Nice article.. Sya juga pecinta kopi. Karena sya adalh putra asli Flores-Bajawa. Bagi kami kopi itu sdah mnjadi minuman kebiasaan kmi di setiap pagi sblm memulai pekerjaan dan juga sore hari stelah pulang dri kerja. Memang benar kopi Flores memiliki cita rasal fruity krna biasanya di tanam dekat dg tanaman fruity sperti mangga, markisa, jeruk, dn jga pisang. Untuk kopi dr daerah mngkin sdh sya coba, tpi sya tdk tau namanya. Thanks ats info dr article ini, sya jdi tau nma jenis2 kopi yg ada di Indonesia.

  16. Nice article.. Sya juga pecinta kopi. Karena sya adalh putra asli Flores-Bajawa. Bagi kami kopi itu sdah mnjadi minuman kebiasaan kmi di setiap pagi sblm memulai pekerjaan dan juga sore hari stelah pulang dri kerja. Memang benar kopi Flores memiliki cita rasal fruity krna biasanya di tanam dekat dg tanaman fruity sperti mangga, markisa, jeruk, dn jga pisang. Untuk kopi dr daerah lain mngkin sdh sya coba, tpi sya tdk tau namanya. Thanks ats info dr article ini, sya jdi tau nma2 jenis kopi yg ada di Indonesia.

  17. Mantap kopinya , mantap rasanya. Coba Dlu Donk kopi khas Jember yg berada dibawah gunung Argopuro PTPN XII. rasanya beda banget.
    Rasanya khas Jawa banget.
    Di sangrai menggunakan kendi dari tanah lihat dan menggunakan kayu bakar. Rasanya maknyus

  18. Satu lagi Broda..KOPI yg berada di bumi nusantara bisa dicoba cita rasanya yaitu Kopi Manipi Sinjai Barat Sulawesi Selatan. Penasaran, Silahkan searching “Manipi Coffee” di mesin pencarian…Salam srupuut.

  19. Saya baru pulang dari Toraja Utara & sebagai pecinta kopi pasti tidak akan melewatkan nikmatnya mencicipi secangkir kopi toraja.
    Di sebuah cafe kecil yg tersembunyi dibelakang hotel saya menemukan kebahagiaan seorang pencinta kopi. Yups saya diperkenalkan oleh pemilik cafe, kopi laki (lanang) juga kopi luwak toraja. Kopi luwak toraja dilidah saya terasa lebih maknyuusss (maklum 1 kg harganya 1 jeti…)
    Sedangkan kopi lanang rasanya juga lebih oke dibandingkan kopi arabica toraja kalosi.
    Saat kembali ke Jkt saya malah dpt oleh2 kopi arabica Latimojong Luwuk Sulsel…
    Memang hidup terasa lebih indah dengan secangkir kopi apalagi kopinya gratiiiissss….

  20. Saya penggemar, penikmat, pecinta dan pelaku bisnis kopi kecil-kecilan, awal saya suka kopi pada 2010 bisa dipastikan dua kopi yg tersohor yaitu Aceh Gayo dan Papua Wamena. Namun seiring perjalanan waktu kopi-kopi di seluruh pelosok nusantara mulai menunjukkan tajinya yang sangat luar biasa. Kita sebagai konsumen rumahan saat ini sdh bisa menikmati proses kopi mulai dari memiliki gren bean, meroasting, menggrinder dan menyeduh dengan berbagai metode. Saatnya stop ekspor kopi karena masyarakat Indonesia sdh pintar dan mampu membuat serapan kopi yang luar biasa. Jauhkan Generasi muda dari kekurangan kopi. KOPI NUSANTARA BATU_MALANG. IG: vico_ffee

  21. Kalo gue lebih seneng ciwidey candy …
    Aroma dan tekstur coklatnya kerasa banget saat dibikin V-60 dan gurih kalo dibikin vdrip ….
    Kopi Indonesia emang memiliki rasa yang komplit … Love banget sama Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.