JENIS MILK JUG; BEDA SPOUT, BEDA FUNGSINYA

Milk jug pada proses latte art sangat mendukung hasil akhir bentuk yang dilukiskan pada permukaan kopi.

MENUANGKAN susu secara teliti dan sistematis melalui gerakan tangan barista, kemudian susu ini akan membekas di permukaan kopi membentuk sebuah ilustrasi, hati, tulip dan banyak lagi. Pada praktiknya bentuk gambar pada latte art pun digolongkan berdasarkan tingkat kesulitan cara membuatnya. Tingkat kesulitan inilah yang membuat barista harus cermat menggunakan milk jug yang sesuai.

Melalui praktik yang panjang dan mengandalkan preferensi yang dipahami, seorang barista memilih sebuah milk jug berdasarkan tingkat kenyamanan ketika digunakan dan seberapa besar fiturnya mendukung proses membuat latte art. Beberapa hal pertimbangan ketika memilih milk juga yang sesuai untuk latte art. Secara detail kami pernah mengulasnya tentang memilih berdasarkan bentuk dan ukuran, material dan permukaan, ujung milk jug dan pegangannya.

Berikut ini saya sadur ulasan terkait jenis spout pada milk jug dan seperti apa fungsinya ketika pembuatan latte art. Tiap barista memiliki bentuk favorit latte art mereka, dan bentuk latte art sendiri dimaksimalkan dengan penggunaan ujung spout yang berbeda. Dua jenis ujung spout secara garis besar, round spout dan sharp spout.

Round Spout; Ujung Milk Jug yang Melingkar

Milk jug dengan ujung yang sedikit melingkar sering ditemukan di banyak produk milk jug seri standar. Sering juga sepaket kelengkapan dengan mesin kopi rumahan. Para home barista pada tahap awal akan belajar menggunakan round spout milk jug karena sepaket dengan mesin espresso yang mereka miliki. Ujung bentuknya tidak meruncing melainkan hampir mirip membentuk setengah lingkaran tidak sempurna.

Dengan ujung yang agak lebar ini, tentu akan berpengaruh pada hasil tuang yang cepat dan besaran aliran tuang yang lebar. Ujung milk jug dengan hasil tuang cepat dan besaran aliran tuang lebar, biasanya sesuai untuk pola latte art:

  • Tingkat Basic; solit heart, simple tulip, rosetta
  • Tingkat Intermediate; winged tulip, rippled hearts, swan, slowsetta

 

Sharp Spout; Ujung Milk Jug yang Tajam

Tentunya sangat jelas perbedaannya, sharp spout didesain khusus pada level selanjutnya dari penggunaan milk jug. Digunakan oleh banyak barista profesional untuk memaksimalkan sentuhan susu ke atas permukaan kopi lebih mendetail. Varietas dari milk jug ujung runcing ini sangat banyak sekali diproduksi dan disesuaikan kebutuhan para barista profesional. Bentuknya meruncing dan memiliki banyak varietasnya terkait bentuk, warna, dan pegangan yang disesuaikan.

Ujung runcing dari milk jug ini, didesain untuk lebih menjelaskan lagi detail tiap tuangan susu ketika proses membuat latte art. Kamu akan dengan mudah mengelola seberapa tipis dan seberapa tebal yang kamu alirkan ke kopi. Sharp spout milk jug sesuai untuk pola latte art:

  • Tingkat Advance Pattern: rabbit, seahorse, a Spartan Warrior face, etc.
  • Tingkat High detail patterns with fine lines: multiple rosettas, double-winged swan

Maka saya simpulkan, untuk tahap belajar membentuk pola latte art lebih baik menggunakan round spout milk jug. Selanjutnya setelah bisa membuat pola basic dari round spout, hear, tulip, rosetta kemudian beralih ke penggunaan sharp sput milk jug. Bagaimana menurut kamu, apakah kamu memiliki pengalaman mengguna round spout atau sharp spout, mana yang terbaik untuk kamu?

sumber: theheartybrew.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.