JOSEPH MATHEATAU: BARISTA TUNA NETRA DARI AFRIKA

Kopi memang tak pernah pilih kasih dalam memilih siapa saja yang jatuh cinta padanya. Termasuk Joseph Matheatau, seorang laki-laki tuna netra yang belakangan menjadi barista bersertifikasi asal Afrika Selatan.

PERNAHKAH kamu bayangkan datang ke sebuah kedai kopi dan bertemu dengan seorang barista tuna netra yang meracik kopi untukmu tanpa cela sama sekali? Ya, di sebuah coffee shop bernama Blindiana di Kota Worcester, Afrika Selatan kamu akan bertemu dengan seorang barista istimewa. Keistimewaannya luar biasa sehingga meskipun ‘tak sempurna’ dia mampu meracik kopi dan mengoperasikan mesin espresso layaknya barista lainnya.

Tak mudah bagi Joseph Matheatau menjadi barista yang tersertifikasi seperti sekarang ini. Jauh sebelum dia mahir meracik kopi, dia tentunya melewati banyak tantangan. Bayangkan, untuk menjadi barista yang ‘tanpa kekurangan’ saja susahnya bukan main. Kamu harus berlatih berkali-kali dan gagal berkali-kali juga. Bandingkan dengan Joseph Matheatau yang tentunya tantangannya dua kali lipat karena sepasang matanya tak dapat melihat.

Tapi seiring dengan berjalannya waktu, Joseph mampu mengoperasikan mesin espresso dan membuat aneka menu minuman kopi layaknya barista di coffee shop lain. Berkali-kali tangannya terbakar dan berkali-kali pula dia salah dan gagal. Tapi kini semuanya sudah terlewati. Tak hanya mampu membuat espresso, Joseph juga mahir meracik caffe latte, cappuccino, macchiato dan menu espresso base lainnya.

Tak hanya itu dia juga mampu membedakan mana susu yang segar mana yang tidak. Juga bisa menggiling kopi, memanaskan air, melakukan tamping coffee, memanaskan susu dan lain sebagainya layaknya barista ‘sempurna’ pada umumnya. Joseph Matheatau juga menggondol sertifikat sebagai qualified barista pertama di Afrika Selatan. Kegigihannya ini tak lepas dari dukungan sebuah lembaga non-profit bernama Kaleidoscope yang memang menangani para pekerja tuna netra.

Kedepannya Joseph Matheatau berniat untuk membuka coffee shop sendiri dan tentunya tetap mengabdi sebagai barista dan berbagi ilmu dengan sesama penyandang tuna netra lainnya. Jadi untuk kamu yang ingin jadi barista jangan pernah menyerah. Jika Joseph Matheatau yang berkekurangan saja bisa, masa kamu tidak?

Artikel disunting dari africanews.com

Foto utama dari dumelangnews.co.za

 

barista-tools

 

806 total views, 4 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.