KACAMATA DARI LIMBAH BUBUK KOPI

Seperti tidak akan ada habisnya, banyak hal kreatif yang bisa dilakukan oleh kopi, bahkan limbah bubuk kopinya.

KOPI bukan hanya menjadi bagian penting di hidup tiap orang, karena dengan sajian kopi, banyak orang terbantu untuk menyambung semangat kembali lanjutkan aktifitas. Dari mulai hidangan kopi pagi untuk membuka diri, secangkir kopi siang untuk menjaga diri tetap waras, dan sajian kopi di momen apa pun untuk memberikan energi positif di tiap saat. Malahan, beberapa orang percaya dengan sajian kopi dirinya lebih produktif dibandingkan hari-hari tanpa meneguk nikmatnya kopi. Tanpa sadar, semakin hari sajian kopi memberikan banyak manfaat untuk banyak orang dalam aktifitas harian mereka. Tapi, faktanya kopi yang dikonsumsi menghasilkan limbah bubuk kopi yang kadang hanya berakhir di tempat pembuangan.

credit: kickstarter.com

Namun tidak henti hanya di sini, limbah bubuk kopi bagi beberapa orang bisa dimanfaatkan kembali menjadi sesuatu yang berguna, dari mulai untuk kecantikan wajah, pengharum ruangan, bahkan bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki. Menariknya lagi, bagaimana bisa limbah bubuk kopi diubah menjadi kacamata keren untuk fashion seseorang. Hal ini merupakan peluang sekaligus solusi untuk mengurangi limbah bubuk kopi, dan Ochis Coffee merealisasikan ide ini kemudian mengubah limbah bubuk kopi menjadi sebuah tren fashion. Max Gavrilenko merupakan inisiator dibalik berdirinya perusahaan optik Ochis Coffee di Ukraina, menemukan sebuah metode yang ia sebut “coffee cake” mengubah limbah bubuk kopi menjadi senyawa padat, selanjutnya diubah menjadi kacamata.

Tentu penasaran bagaimana kacamata satu ini memberikan kesan ketika dikenakan, bukan hanya nyaman tapi juga melindungi mata dengan lapisan anti-reflektif dan penghalang cahaya. Lensa terbuat dari bahan daur ulang juga, yang kemudian dilapisi filter UV dan lapisan hidrofobik sebagai fitur perlindungan mata serta menjaga lensa tetap bersih. Mungkin yang paling menarik adalah kesan aroma kopi yang masih tertinggal dari kacamata dari limbah kopi ini, seperti menikmati aroma kopi ketika mengenakannya.

credit: kickstarter

Dengan semakin banyak orang paham tentang pentingnya gaya hidup ramah lingkungan, maka kacamata dari daur ulang limbah kopi ini, mungkin akan menjadi tren tidak hanya untuk penikmat kopi juga banyak orang yang mendukung pergerakan eco-friendly. Frame kacamata yang unik, dengan sedikit kesan aroma kopi serta teksturnya yang tercipta dari bubuk kopi dipadatkan, akan menjadikan kacamata ini memiliki identitas yang khas. Bahkan, Ochis Coffee memastikan bahwa kacamata milik mereka lebih ringan dari kacamata yang dibuat dari bahan plastik pada umumnya. Hampir keseluruhan pengerjaan dari produksi kacamata limbah bubuk kopi melibatkan langsung kerajinan tangan untuk lebih mengedepankan kualitas dari produk ini.

Seiring perkembangan, banyaknya inovasi, tetap saja kopi akan selalu ada di kehidupan sehari-hari dalam berbagai bentuk, tidak hanya sajian kopi bahkan apa yang kamu kenakan hari ini. Seperti alat kopi yang selalu berkembang dan berinovasi demi memenuhi kebutuhan para penikmat kopi. Sudah minum kopi hari ini?

src & img: inhabitat.com

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.