KAFEIN PADA CASCARA LEBIH TINGGI DARI KOPI?

Jika kopi mengandung kafein, pernahkah berpikir bahwa cascara (teh dari kulit kopi) juga mengandung kafein yang mungkin lebih besar?

SAYA tak pernah perpikir soal kandungan kafein pada cascara sampai seorang teman membahasnya dengan antusias. Dia mempertanyakan perihal kandungan kafein pada cascara yang merupakan bagian dari buah kopi yang mungkin lebih besar ketimbang kopi itu sendiri yang berasal dari biji kopi yang disangrai.

Saya sendiri meragukan perihal cascara yang katanya lebih besar kafeinnya ketimbang kopi. Karena kandungan kafein bisa saja berubah jumlah kandungannya jika mengalami proses sangrai atau mungkin juga bisa berubah saat proses pascapanen.

Well, daripada saya berkutat dengan asumsi, akhirnya saya mencari tahu perihal ini di internet karena rupa-rupanya banyak teman kopi dan bacaan yang tak memuat soal kandungan kafein pada cascara ini.

Terlemparlah saya pada sebuah situs bernama squaremileblog.com yang membahas tentang kandungan cascara. Sang penulis artikel, Annette Moldvaer, yang merupakan co-founder and green coffee buyer of Square Mile Coffee Roasters ini melakukan riset tentang kandungan kafein pada cascara.

Pada risetnya dia mengatakan bahwa ternyata kandungan kafein pada cascara lebih rendah daripada kopi. Wow! Dari beberapa proses penyeduhan yang dia lakukan, dia mendapatkan jawaban bahwa kandungan kafein pada cascara hanya sebesar  111.4 mg perliter.

credit : squaremileblog.com

Meskipun risetnya ini dianggap belum valid seratus persen, namun sedikit banyak menjawab bahwa cascara tak perlu ditakuti mereka yang agak rentan terhadap kafein. Karena teh dari kulit kopi dengan rasa unik dan nikmat ini ternyata mengandung kafein rendah.

Pencarian saya tentang kandungan cascara pada kopi ini tentu tak berhenti sampai di sini saja karena jujur belum puas dengan hasilnya. Jika saya menemukan fakta lain, saya berjanji akan berbagi kembali pada artikel ini. Karena kandungan kafein memang terdengar begitu sepele, namun untuk mereka yang rentan terhadap kafein, informasi seperti ini tentu sangat berguna.

Jika kalian tahu tentang hal ini, jangan ragun untuk berbagi di kolom komentar ya.

Artikel dan informasi disunting dari  squaremileblog.com

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.