Tips

KAMU LEBIH SUKA ESPRESSO ATAU FILTER COFFEE?

Credit : yeahbuffalo.com


You are what you drink. Setidaknya itulah pepatah yang selalu diaplikasikan para peminum kopi perihal kepribadian yang sering dikaitkan dengan jenis minuman kopi yang dinikmatnya.

HANYA ada dua jenis manusia di dunia ini. Yang pertama adalah mereka yang meminum kopi jenis espresso dan menu-menu base dan mereka yang menikmati filter coffee dan teman-temannya di ranah manual brewing. Meskipun ada yang menikmati dua-duanya, pasti sedikit banyak ada dari dua minuman ini yang mereka lebih condong. Saya sendiri lebih condong ke filter coffee mengingat segala pada filter coffee memang mampu saya nikmati dengan kebahagiaan yang maksimal. Kalau kamu, kira-kira lebih suka minum espresso atau filter coffee? Mari temukan jawabannya pada kuis bawah ini.

Kalau ke coffee shop biasanya kamu pesan apa?

a. Kalau nggak cappuccino ya long black. Apalagi coba?

b. Tergantung ada pilihan single origin apa dulu. Kalau nggak ada single origin yang menarik biasanya saya malas minum kopi.

Credit : regmedia.co.uk

Credit : regmedia.co.uk

Kapan sebaiknya orang minum kopi?

a. Di pagi hari wajib banget. Secangkir espresso diteguk cepat mampu memberi energi untuk menjalani hari.

b. Kapan saja. Asal dinikmati dengan sepenuh hati dan diseduh dengan kebahagiaan. Menikmati kopi yang paling baik adalah tanpa ketergesaan.

Pendapat kamu tentang ngopi di kedai kopi sendirian bagaimana?

a. Ya tidak apa-apa sih. Kadang saya juga suka sendirian karena emang butuh kafein. Lagian aneh sih kalau minum espresso rame-rame. Kecuali ya saya pesan menu lain kayak cafe latte dan teman-temannya.

b. Tidak masalah tapi saya lebih prefer minum kopi bersama teman. Kopi itu ritual yang kalau dilakukan sendirian rasanya kurang sakral. Ya paling tidak ngopi berdua sama baristanya di coffee bar.

Kopi apa yang paling enak menurut kamu?

a. Semua kopi enak asal diseduh tanpa ribet.

b. Semua kopi enak dan unik. Tapi kadang ngopi itu bukan perkara kopinya sih, tapi prosesnya.

Credit : ravenbait.com

Credit : ravenbait.com

Sudah nonton film Filosofi Kopi-kan? Kamu lebih suka tokoh Ben atau Jody?

a. Saya lebih suka Jody. Meski bukan barista tapi tanpanya Kedai Filosofi Kopi takkan ada apa-apanya.

b. Tentu saja Ben. Dia barista yang menjadi nyawa bagi raga Kedai Filosofi Kopi.

Apa pengertian kopi buat kamu?

a. Energi yang mampu dinikmati bersama rasa nikmat.

b. Ritual. Yang takkan mampu melahirkan kebahagiaan jika dia tak ada.

Credit : ytimg.com

Credit : ytimg.com

HASIL!
Jawaban Dominan A

Sudah jelas kamu adalah tim penikmat espresso dan menu espresso base-lainnya. Buatmu yang terpenting adalah menikmati kopi secara cepat dan tak pakai ribet. Kamu adalah manusia tangguh yang menganggap hidup sama pahitnya seperti espresso yang meski di akhir tetap kamu rasakan nikmatnya. Ngopi dengan kamu itu sangat praktis. Kamu tahu apa yang kamu mau dan kamu adalah manusia paling ringkas. Espresso adalah sejatinya jodohmu.

Jawaban Dominan B

Filosofi filter coffee yang lahir dari metode seduh manual yaitu untuk menikmati kopi tanpa tergesa-gesa sepertinya cocok sekali dengan gaya hidupmu. Kamu menganggap kopi adalah proses perjalanan. Jadi tak mengapa sedikit direpotkan dengan ritual seduh yang detail. Kamu adalah orang yang mahir menikmati hidup tanpa ambisi dengan bersyukur terhadap hal-hal kecil. Dan seperti filter coffee yang meski sederhana, tapi mampu memberikan flavour ajaib yang rupa-rupa rasanya.

CARI MESIN ESPRESSO - baru

 

 

 

3,137 total views, 2 views today

You Might Also Like

2 Comments

  • Reply
    dwi.jaya
    July 12, 2017 at 9:36 am

    Lebih suka filter coffee sih, karena gak punya juga alat buat bikin espresso walaupun manual espresso. Kalau ke cafe baru cari espresso base itupun gak semua cafe, hanya cafe yg punya blend espresso dengan rasa yg unik saja..

  • Reply
    Dede
    July 12, 2017 at 10:32 am

    Saya tidak tau suka apa…
    Setiap hari minum kopi dari bialetti mokapot dan dengan V60 nya hario…

  • Leave a Reply