KAMU PEMINUM KOPI RUMAHAN, HINDARI HAL INI

 

Berawal dari peminum kopi rumahan, siapa pun bisa menjadi seorang home-brewer dari bar rumah mereka.

TIDAK dipungkiri bahwa tiap orang memiliki persepsi berbeda akan sajian kopi, namun kopi adalah kopi bagaimana pun cara seduh sajian kopi, kopi tetaplah kopi yang selalu berhasil memuhi kebutuhan orang akan tegukan nikmat setiap hari. Ada yang menikmati sajian kopi di tengah aktifitas harian mereka, ada juga yang menikmati secangkir kopi dingin di waktu luang. Seduh sendiri atau pun disajikan oleh barista, kopi akan menyapa orang yang ingin meneguk nikmat sajian kopi. Namun kini, menikmati sajian kopi tidaklah harus ke kedai kopi, proses seduh kopi pun bisa dilakukan di rumah dengan peralatan kopi.

Untuk menikmati sajian kopi di rumah bukanlah hal yang sulit, hanya saja perlu usaha lebih, jangan mengalah dengan kebiasaan minum kopi para orang tua terdahulu. Ingin meneguk sajian kopi nikmat di rumah, ingin menyeduh kopi sendiri di rumah, setidaknya sedikit tips yang harus dihindari.

Menganggap Semua Biji Kopi Sama
Bagaimana jadinya, jika ingin menikmati sajian kopi nikmat tadi tidak terlalu mengenal seperti apa biji kopi yang akan diseduh. Secara garis besar tentunya biji kopi berbeda-beda, dari mulai robusta dan arabika, hingga pembagian arabika berdasarkan daerah asalnya. Singkatnya, single origin adalah istilah untuk menyebutkan tempat biji kopi dibudidayakan, bahkan untuk beberapa single origin memiliki harga yang cukup fantastis di pasaran karena memiliki karakter rasa menarik. Pelajari bagaimana biji kopi berbeda, seperti apa perbedaan rasanya, hingga pada akhirnya seduh kopi di rumah dengan benar menjadi mungkin.

Tidak Menggunakan Coffee Grinder
Mereka yang perlahan mulai mengerti daya tarik dari kopi specialty akan mencoba biji kopi favorit mereka dengan menyimpannya dalam bentuk bubuk. Untuk kebutuhan sajian kopi seminggu, menyimpan kopi dalam bentuk bubuk tidak ada salahnya, namun bubuk kopi akan tidak segar jika terlalu lama disimpan dalam bentuk bubuk. Karakter rasa dari seduhan kopi akan berbeda dari hari ke hari, maka perlu untuk menyimpannya dalam bentuk biji kopi, kemudian ketika akan menyeduhnya digiling menggunakan grinder. Saat ini, banyak sekali pilihan manual grinder yang sesuai untuk peminum kopi rumahan, seperti produk keluaran Tiamo, Bialetti dan senarai manual grinder high-end seperti Comandante dan Kinu.

Menyimpan Biji Kopi di Wadah Biasa
Jangan salah, jika mengira memiliki biji kopi dan manual grinder di rumah sudah bisa menikmati sajian kopi nikmat buatan sendiri. Perhatikan penyimpanan biji kopi, jangan sampai terpapar oleh udara yang menyebabkan senyawa rasa akan terlepas secara perlahan. Pilihlah toples kedap udara, atau simpan saja di bungkus kopi dengan fitur one way valve.

credit: whittard.co.uk

Seduh Kopi Tanpa Rasio Kopi dan Air
Masih banyak diantara peminum kopi rumahan yang sudah mulai paham, tapi masih terbawa kebiasaan, menakar kopi dengan sendok makan berdasarkan intuisi. Perhatikan seperti apa hubungan antara rasio kopi dan air seduhan, untuk lebih mengoptimalkan sajian kopi yang nikmat. Bukan berarti menakar dengan sendok makan tidak bisa, tapi cobalah mencari tau berapa banyak gramasi kopi pada 1 sendok makan. Kemudian, sesuaikan dengan rasio seduhan kopi, 1:10, 1:12 atau rasio lainnya.

Menggunakan Cangkir Plastik
Ternyata memang benar, untuk menikmati sajian kopi tentu dengan cangkir yang mampu menjaga karakter rasa lebih nikmat. Tidak semua bahan cangkir kopi mampu memaksimalkan aroma kopi, cangkir dari keramik bisa menjaga suhu sajian kopi lebih lama. Namun, cangkir terbuat dari plastik kurang mampu mengoptimalkan sajian kopi, bahkan bahan plastik tertentu bisa mempengaruhi karakter rasa kopi.

Minum Kopi yang Sudah Dingin
Tanpa sadar, sering sekali meninggalkan sajian kopi dengan sedang melakukan aktifitas harian, sehingga sajian kopi sudah tidak hangat lagi. Sajian kopi yang mulai menurun suhu sajiannya, akan mengalami penurunan karakter rasa, maka baiknya menikmati sajian kopi ketika sedang dalam suhu yang hangat.

credit: goodfon.com

Terlalu Banyak Menambahkan Bahan Lain
Jika ingin menikmati sajian kopi dengan menambahkan pemanis atau bahan lainnya untuk memanipulasi karakter rasa dari sajian kopi, ada baiknya tidak terlalu banyak. Karakter rasa akan sangat berbeda jika menambahkan bahan lain sangat banyak, cukuplah kesan rasa yang ditambahkan sedikit agar lebih nikmat.

Membersihkan Peralatan Kopi Kurang Teliti
Sebenarnya, sajian kopi yang nikmat juga berawal dari peralatan kopi yang bersih, terbebas dari residu kopi dari proses seduh kopi sebelumnya. Hal ini, masih sering terjadi, menggunakan alat kopi yang tidak terlalu bersih untuk menyeduh kopi, alhasil karakter rasa sajian kopi ada keanehan ketika diteguk.

Biasanya kesalahan ini terjadi tanpa sadar, mungkin juga karena kebiasaan, pernahkah kamu melakukan kesalahan yang mengakibatkan karakter rasa sajian kopi buatanmu menjadi kurang menarik.

sumber:
brightside.com 11 mistakes that can ruin your coffee
unsplash.com img Nathan Dumlao

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.