KAMU PENIKMAT KOPI? JANGAN LUPA PERSIAPKAN INI SAAT DI PERJALANAN

Menikmati kopi untuk sebagian orang menjadi sebuah kebutuhan, bahkan untuk beberapa hari saja tidak minum secangkir kopi pasti ada yang berbeda, seakan kebahagiaan pada hari itu kurang lengkap rasanya tanpa diawali dengan secangkir kopi. Sebabnya, untuk penikmat kopi musim liburan merupakan tantangan tersendiri untuk memenuhi kebutuhan ngopi mereka ketika di perjalanan atau pun saat libur di kampung halaman.

APA pun perjalanan yang digunakan saat liburan juga menjadi hal penting untuk dipertimbangkan ketika mempersiapkan kebutuhan ngopi kita. Menggunakan kendaraan pribadi untuk berjalan jauh, tentu banyak sekali alat kopi yang membantu kita untuk memenuhi hasrat ngopi ketika di perjalanan. Tapi merupakan tantangan jika menggunakan angkutan umum baik darat mau pun udara, pasti akan sulit untuk mempersiapkan segalanya karena hal yang bisa dibawa tidak terlalu banyak.

BIJI KOPI ATAU DRIP COFFEE

Pertama tentunya yang terpenting harus mempersiapkan persediaan kopi untuk nantinya akan diseduh. Penikmat kopi pasti paling mengerti menikmati kopi yang nikmat adalah ketika kopi dalam keadaan segar, maka banyak yang mempersiapkan liburan mereka dengan membawa biji kopi favorit untuk dibawa berlibur. Apakah itu biji kopi dari Sidikalang, Flores, Gayo atau biji kopi dari luar nusantara, tentunya tiap penikmat kopi punya kopi favorit mereka sendiri. Jika mempersiapkan biji kopi kita harus membawa manual grinder ke dalam tas bawaan, tanpa manual grinder tidak mungkin biji kopi bisa kita seduh. Jika tidak ingin membawa manual grinder, persediaan kopi bisa menggunakan drip coffee, tanpa perlu ribet hanya butuh air panas untuk seduhan maka kita bisa menikmati kopi favorit kita walau dalam perjalanan sekali pun.

MANUAL GRINDER

Namun jika ingin merasakan proses seduh secara hikmat dengan menggunakan manual grinder, tidak perlu khawatir dengan barang bawaan. Manual grinder sekarang ini banyak diciptakan untuk memudahkan penikmat kopi ketika dibawa ke mana-mana, karena tidak memerlukan ruang yang besar. Jika liburan tidak terlalu lama, bisa saja mempersiapkan kopi dalam bentuk bubuk, tapi tidaklah seseru menggilingnya sendiri ketika ingin diminum. Jika masih berpikiran manual grinder terlalu sulit digunakan dan kesusahan bagaimana mengatur tingkat kehalusan gilingannya, kamu harus menonton video tutorial dulu pasti setelah menontonnya tidak akan kesulitan. Setelah digiling menjadi bubuk kopi, kita harus memikirkan juga lebih memudahkan yang mana antara diseduh secara tradisional ditubruk saja atau menggunakan alat kopi lainnya.

credit: velofraneur

DRIPPER ATAU DITUBRUK SAJA

Setelah biji kopi yang kita sediakan digiling dengan manual grinder, persiapkan akhirnya adalah alat kopi seperti apa yang akan kita gunakan untuk menyeduh bubuk kopi ini. Beberapa orang berbeda cara mempersiapkan kebutuhan kopi mereka, juga perihal alat kopi apa yang mereka bawa. Untuk mereka yang tidak ingin ribet, mungkin hanya ditubruk saja, namun jangan salah menubruk kopi pada secangkir kopi juga butuh perhitungan dan aliran tuangan air yang teknis, karena kalau tidak bubuk kopi tidak terekstraksi menyeluruh. Tapi jika pun ingin menggunakan alat kopi, banyak pilihan yang bisa kamu gunakan untuk menyeduh kopimu ketika di perjalanan, antara lain.

– Aeropress
– Munieq Tetra Drip yg bisa kamu lipat
– Handpresso
– Minipresso / Nanopresso
– Espro Travel Press
– Leverpresso
– Staresso
– Cafflano Klassic, Kompresso dan Kompact

credit: kurasu

OTTEN COFFEE DRIP

Ingin ngopi dengan sederhana saja, memilih Otten Coffee Drip sebagai persiapan untuk kebutuhan ngopi dalam perjalanan tidak ada salahnya. Otten coffee drip merupakan specialty single origin coffee yang dikemas dengan pack alumunium foil yang dapat menjaga kesegaran kopi ketika akan diseduh. Hanya dengan menyediakan air seduhan dengan suhu yang sesuai, kemudian menuangkan air seduhan ke otten coffee drip. Sebelum menuangkan air seduhan, sobeklah kemasan otten coffee drip, kemudian bentuklah pack seperti dripper dan selanjutnya menuangkan air seduhan yang sudah dipersiapkan tadi, maka ngopi di perjalanan menjadi mudah.

Alat-alat kopi berikut, adalah alat kopi dengan penyajian yang sederhana hanya menuangkan air seduhan kemudian tunggulah hingga bubuk kopi terekstraksi. Namun pastikan kita dapat menemukan air panas untuk seduhan, biasanya di tempat peristirahatan kamu dengan mudah menemukan cafeteria. Mintalah sedikit, kemudian isilah tumblr air panas untuk menyeduh kopi nantinya.

src: hospitalitynet.org img: google pic

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.