KAMU SUKA MINUM KOPI YANG FRESH, INI TIPSNYA

Mengawali hari dengan secangkir kopi mungkin untuk penikmat kopi adalah sebuah ritus khusus tentang memaknai kehidupan. Namun bagaimana jika secangkir kopi hari ini ternyata tidak fresh lagi?

SEDERHANA menikmati kopi dalam satu tegukan merupakan sebuah kebaikan yang tidak ternilai, menyesapnya di beranda rumah, menyeruputnya di tengah obrolan, dan meminumnya di banyak momen lainnya. Tapi sebenarnya, bagaimana menjaga agar kopi yang kamu minum selalu fresh, serta tidak ada ketakutan kopi yang akan kamu minum ternyata sudah berbulan-bulan lamanya, atau jangan-jangan sudah tidak fresh karena teroksidasi.

Mungkinkah menjaga kesegaran kopi pada secangkir kopi yang sedang kamu minum? Logikanya sih tidak, yang pernah saya dengar dalam sebuah obrolan, memilih cangkir untuk sajian kopi dapat menjaga karakter rasa. Lebih baik menggunakan cangkir kopi dari kaca atau dari keramik, ini menjaga karakter rasa karena sifatnya tidak menyalurkan panas. Contohnya ACME cups ceramic dengan handle yang nyaman, kualitasnya yang bagus bisa menahan suhu kopi lebih lama. Nah, jika kamu pernah minum kopi dengan cangkir terbuat dari besi, maka panas kopi akan terserap oleh cangkir, dan akan menimbulkan aroma yang kurang sedap dari cangkir yang terbuat dari besi, serta mengganggu karakter rasa. Benarkah demikian, entahlah namun jika kamu ingin menjaga kesegaran di tiap seduhan kopi yang akan kamu buat, beberapa tips ini semoga membantu kamu.

credit: laman pencari
Giling Biji Kopi Ketika Ingin Menyeduh

Ketahanan biji kopi terpapar oleh udara lebih besar dibandingkan ketika kopi sudah menjadi bubuk tidak terlalu tahan, ini menyebabkan kopi tidak fresh lagi. Kopi yang sudah digiling dan menjadi bubuk kopi akan dengan segera teroksidasi bila tidak diseduh atau menyimpannya dalam bentuk bubuk. Lebih baik ketika ingin menyeduhnya saja barulah menggilingnya, di era third wave kini banyak alat kopi seperti grinder yang diperuntukkan untuk seduhan rumah atau dibawa ke mana mana, misalkan Porlex Hand Grinder, Hario Grinder bisa juga jika ingin yang lebih bagus dan berkualitas tinggi gunakan grinder buatan Jerman seperti Zassenhaus Coffee Grinder atau Comandante Grinder.

credit: laman pencari
Minumlah Kopi Dengan Segera

Kebiasaan umum, menjadikan kopi sebagai teman, teman di sebuah obrolan, teman saat membaca, sehingga lupa untuk meminumnya dan suhu kopi pada cangkir kamu perlahan dingin. Karakter rasa yang ada pada secangkir kopi sudah tak sama lagi, maka ada baiknya jangan sampai kopi yang kamu minum menjadi dingin dan membuat karakter rasa sudah tidak sama lagi. Namun untuk sebagian orang senang mengeksplorasi rasa ketika kopi perlahan berubah suhunya. Suhu panas yang berubah sedikit demi sediki, akan berbeda pula karakter rasa kopi, ini juga menjadikan ngopi lebih seru lagi.

Membeli Biji Kopi Yang Fresh

Untuk menyajikan secangkir kopi yang segar pastinya butuh biji kopi yang segar pula, belilah biji kopi yang segar, tidak terlalu lama setelah tanggal roasting atau juga tidak terlalu dekat dengan tanggal roasting. Namun beberapa roaster ada yang mendiamkan biji kopi sebelum memasukkannya ke dalam kantung. Pilihlah biji kopi yang dijual pada kantungnya memiliki lubang katup udara satu arah, hal ini menjaga kesegaran si biji kopi.


Menurut kami, Biji kopi yang terlalu baru diroasting misalkan 1-2 hari setelah roasting pun tidak terlalu enak untuk dinikmati, rekomendasi 1-2 minggu setelah roasting umumnya nikmat jika diseduh. Namun teori ini juga tergantung biji kopinya, karena berbeda biji kopi beda juga masa resting dan beda juga waktu yang tepat untuk diseduh. Namun jika beli kopi dari supermarket, lebih baik pilihlah biji kopi yang jangan lebih dari 1 bulan.

Perhatikan Penyimpanan Biji Kopi

Jika membeli biji kopi dengan kantung tanpa katup udara satu arah, ada baiknya juga memasukkannya ke dalam wadah penyimpanan, namun jauhkan dari panas, lembab, atau terkena sinar matahari langsung. Jika tidak ada wadah untuk menyimpan biji kopi, simpanlah menggunakan kantung yang menggunakan katup udara satu arah. Penyimpanan menjadi penting untuk menjaga tidak ada udara yang masuk ke dalam biji kopi, karena ini mempengaruhi karakter rasa.

Kesegaran kopi bukan hanya berasal dari biji kopi yang segar, namun bagaimana cara penikmatnya memperlakukan secangkir kopi mereka.

src: cottagelife.com img: vteen.com.vn

2,168 total views, 50 views today

1 Comment
  1. Gimana dgn ruangan yang ber AC ?
    apakah suhu dingin berpengaruh dgn rasa dan aroma dari biji kopi, atau justru lebih baik simpan ditempat yg dingin ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.