KANTUNG KEMASAN BIJI KOPI YANG RAMAH LINGKUNGAN

Apa yang terjadi dengan kantung biji kopi setelah biji kopi habis, dan kemudian kantung kopi dibuang begitu saja di tempat sampah. Apakah kantung biji kopi kita terurai atau malahan tidak terurai sama sekali dan tak ramah dengan lingkungan. Di era third wave kini, tak hanya memperhatikan kopinya saja agar istimewa, kantung pengemasannya juga diperhatikan agar dapat menjaga kualitas biji kopi, sudah pasti kantung biji kopinya didesain dari bahan yang ramah lingkungan.

TIDAK sedikit produsen penyedia kantung kemasan biji kopi mengklaim kantung produksi mereka merupakan kantung biodegradable dan compostable yang rama terhadap lingkungan. Dan pada umumnya coffee roastery memilih kantung kemasan biji kopi yang tidak hanya berkualitas, sudah pasti juga memilih kantung yang ramah lingkungan. Bisa dibilang, kantung kemasan biji kopi di era third wave hampir semua roastery menggunakan kemasan kantung yang dapat dengan mudah terurai serta ramah lingkungan.

credit: sprudge

Sekilas tentang kantung kemasan biji kopi yang ramah lingkungan, lebih dikenal dengan istilah biodegradable dan compostable. Yang dimaksud dengan kemasan biodegradable adalah kemasan yang apabila sudah tak digunakan lagi dan menjadi sampah, maka sampah ini akan terurai secara alami. Jangan khawatir kemasan kopi kamu menjadi sampah yang menimbun dan tak dapat terurai, pada umumnya hampir semua roastery sudah menggunakan kemasan biji kopi yang ramah lingkungan. Nah, yang dimaksud compostable itu kemasan biji kopi kamu dapat terurai jika sudah tidak dipergunakan lagi, dengan cara menguburnya ke dalam tanah kemasan compostable akan terurai dibantu dengan mikroba yang ada di dalam tanah.

Untuk industri kopi, memilih bahan dasar kantung kemasan untuk industri mereka adalah langkah yang tepat, apakah itu menggunakan kertas atau bahan plastik. Secara konvensional, kemasan kopi terbuat dari bahan lapisan foil, beberapa ada yang mengklaim bahwa lapisan foil ini bisa terurai. Perlu diketahui, untuk kemasan berbahan foil ataupun plastik butuh penguraian melalui pabrik, tidak bisa terurai secara alami.

credit: sprudge

Penikmat kopi yang menghargai lingkungan penting untuk mengetahui hal sederhana ini, memang benar era third wave hampir semua kantung kemasan ramah lingkungan, tapi tidak keseluruhan. Sedikit tips ketika kita ingin membuang kantung kemasan, pisahkan bahan kemasan yang bukan berbahan dasar organik. Contohnya valve katup udara, dan elemen lain yang tidak berbahan organik lebih baik dipisahkan sebelum dibuang.

Mungkin hal ini terlihat sederhana, jika kamu memilih untuk membuangnya, dan seluruh penikmat kopi juga berpikiran demikian, lalu berapa banyak sampah kemasan kopi yang tak dapat terurai yang menimbun di bumi. Beberapa perusahaan produksi kantung kemasan sudah melakukan penelitian yang memungkinkan valve dapat di daur ulang sehingga lebih ramah lingkungan. Jadi tidak hanya terurai tapi katup udaranya dapat dipergunakan kembali dengan serangkaian proses pastinya.

src: sprudge

295 total views, 12 views today

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.