KAPAN KITA HARUS BERHENTI NGOPI?

Tak ada yang mau berhenti dari kopi. Tapi jika kamu berada di beberapa kondisi khusus,  mau tak mau kamu harus berjeda sebentar dari kopi.

KOPI adalah candu yang tanpanya hidup penikmatnya akan kurang serunya. Kehadiran kopi setiap hari memberi dampak positif yang begitu besar. Namun, ada kalanya kita harus berjeda sebentar dari kopi untuk menjaga stabilitas kesehatan. Dan di kondisi tertentu ini, kopi memang harus dijauhkan sebentar sampai segalanya kembali normal.

Lalu kapan kita harus berhenti sebentar dengan kopi? Jawabannya ada di beberapa poin di bawah ini!

unsplash.com

Saat Butuh Istirahat Penuh

Kopi sepaket dengan kafeinnya menstimulus tubuh agar terus aktif dan produktif. Dan saat kondisi tubuh benar-benar kelelahan, kita harus istirahat total. Saat ini terjadi, kamu harus ‘berpuasa’ sehari atau lebih dengan kopi. Jangan biarkan tubuh menerima kafein yang akan mengakibatkan kamu sulit beristirahat karena ‘tendangan’ kafein menuntut kamu untuk aktif. Jika ingin minum sesuatu, seduhlah minuman tanpa kafein agar kamu senantiasa rileks dan santai.

credit: theconnectionexchange.com

Saat Sahur

Sebenarnya ini tidak berlaku untuk semua orang, tetapi beberapa orang kondisi tubuhnya tidak bisa mengonsumsi kopi sesaat sebelum menjalankan ibadah puasa dikarenakan kopi menyebabkan dehidrasi. Saat berpuasa tubuh kita kekurangan cairan. Dan mengonsumsi kopi di saat sahur sebelum menjalankan ibadah puasa akan memperparah kekurangan cairan itu karena kafein menyebabkan dahaga. Jadi saat puasa disarankan mengurangi minum kopi. Atau jika sangat ingin kamu bisa meminum kopi beberapa jam setelah berbuka. Itupun dengan kadar kafein yang tidak banyak. Kamu bisa memilih decaf coffee!

Di Perjalanan Jauh

Jika kamu merupakan penumpang bukan pengemudi saat melakukan perjalanan jauh sebaiknya berjeda dulu dari kopi. Hal ini disarankan agar kamu bisa beristirahat dengan penuh dan bugar saat tiba di tempat tujuan. Selain itu, mengurangi konsumsi kopi saat melakukan perjalanan membantu kamu untuk tidak gugup serta mengurangi cemas. Jadi kamu bisa lebih santai menikmati perjalanan tanpa rasa gelisah.

Poin-poin di atas tidak berlaku untuk semua orang karena ada beberapa orang yang sudah imun dengan keberadaan kopi!

 

Foto utama dari unsplash.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment
  1. Ini tidak sepenuhnya benar, karena menurut pengalaman saya, minum kopi saat sahur tidak berdampak dehidrasi saat puasa, asal setelah minum kopi ditutup dengan air putih dalam takaran yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published.