KAPAN SEBENARNYA HARI KOPI INTERNASIONAL?

Setiap hal penting di dunia ini harus dirayakan dengan suka cita. Termasuk kopi yang sudah menjadi bagian hidup para penikmatnya. Lalu kapan sebenarnya Hari Kopi Internasional?

ADA banyak sekali penanggalan yang tersebar di berbagai negara untuk merayakan kopi. Di Indonesia sendiri Hari Kopi jatuh pada tanggal 29 September (sumber Wikipedia) yang juga diamini pada tanggal yang sama pada negara-negara seperti Amerika Serikat, Malaysia, Selandia Baru, Norwegia, Filipina, Skotlandia, Rumania, Slovakia, Swedia dan Taiwan.

Sedang negara-negara seperti Swiss, Meksiko, Australia, Belgia, Kanada, Inggris, Ethiopia, Hungaria, India dan Islandia sepakat bahwa Hari Kopi jatuh pada 28 September setiap tahunnya. Selain 28 dan 29 September masih banyak negara yang memiliki Hari Kopi yang berbeda. Karena banyaknya perbedaan mengenai Hari Kopi, maka International Coffee Organization atau yang lebih dikenal dengan ICO yang dibentuk pada 1963 di Inggris ini mensahkan bahwa Hari Kopi Internasional jatuh pada 1 Oktober.

Kenapa 1 Oktober? Hari Kopi Internasional baru saja disahkan pada I Oktober 2015 lalu di Milan, Italia bertepatan dengan event kopi pada saat itu. Awal dibentuknya Hari Kopi Internasional ini adalah untuk mendukung dan mengampanyekan fair trade coffee untuk semua pelaku industri kopi di dunia. Kini tak hanya mengenai fair trade coffee saja, 1 Oktober juga dimanfaatkan banyak pecinta kopi untuk menyelenggarakan berbagai event yang berkaitan dengan kopi. Juga dipakai sebagai hari untuk mengapresiasi kopi dalam berbagai bentuk dan cara.

Jadi tanggal 1 Oktober nanti bagaimana cara kamu merayakan Hari Kopi Internasional? Traktir teman-teman ngopi di kedai kopi favorit, mungkin?

Sumber dari internationacoffeeday.org

Foto utama dari staticflickr.com

 

 

 

3,268 total views, 4 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.