KARENA UKURAN CANGKIR STARBUCKS TAK HANYA TALL, GRANDE, VENTI!

Mengaku Front Penikmat Starbucks garis keras? Kamu takkan keras-keras amat jika tidak tahu bahwa ukuran cangkir gerai kopi favoritmu hanya seputar tall, grande dan venti.

MESKI bukan penggemar Starbucks namun menikmati Espresso Frappuccino yang segar membahagiakan itu, saya tahu bahwa Starbucks tak hanya perkara tall, grande dan venti. Mungkin tiga ukuran cangkir ini adalah yang familiar di telinga kita dan konsumen memang paling banyak memesan kopi dalam ukuran yang tiga jenis ini saja. Padahal ada beberapa ukuran cangkir lain yang sebenarnya telah lama ada di Starbucks. Hanya saja kita tak terlalu peduli karena tall, grande dan venti sudah mampu memenuhi dahaga ini.

Well, sebagai pengetahuan khususnya untuk Front Penikmat Starbucks, kamu harus tahu bahwa Starbucks memiliki ukuran cangkir lain yaitu Demi, Short dan Trenta. Demi sendiri berarti “half” atau “setengah” yang diambil dari Bahasa Perancis. Demi (bukan demikian) adalah ukuran cangkir Starbucks terkecil yang pernah ada. Ukuran demi size ini biasanya digunakan untuk secangkir espresso. Ukuran demi sendiri adalah 3 oz atau kurang lebih sama dengan 89 ml. Tak pernah mendengar demi size? Mungkin karena kita jarang mendengar orang memesan espresso di Starbucks. Ehem!

credit : homerefit.org

Selain demi, ada juga ukuran cangkir short yang mungkin menjadi ‘adiknya’ tall yang popular itu. Meski kalah popular, kehadiran short ini lebih mungkin dijumpai di gerai Starbucks ketimbang demi. Ukuran cangkir short adalah kira-kira 8 oz atau kurang lebih 240 ml. Ini adalah ukuran normal secangkir kopi pada umumnya meski di Starbucks normal itu bergeser maknanya menjadi tall yang berukuran kira-kira 350 ml.

Ukuran cangkir Starbucks terakhir yang mungkin belum kamu ketahui ada di semesta ini adalah Trenta! Jika kamu berpikir bahwa venti adalah yang terbesar yang pernah ada maka silakan terpukau dengan ukuran trenta yang masif ini. Ukuran tentra ini adalah ukuran terbesar cangkir Starbucks yang dirilis pada Mei 2011. Tentra ini hanya dikhususnya untuk minuman dingin saja dan ukurannya kira-kira 920 ml. Bisa terbayang bagaimana secangkir tetra Frappuccino kegemaranmu meredakan dahaga di siang yang terik.

Dari ukuran demi, short, tall, grande, venti hingga trenta, cangkir yang mana yang paling sering menjadi ‘rumah’ bagi cangkir kopimu setiap ngopi di Starbucks?

Artikel disunting dari thespruce.com

Foto utama dari dailycoffeenews.com

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

4 Comments
  1. Maaf sedikit suntingan untuk memudahkan pemahaman. Cup size yang paling besar itu adalah Trenta, bukan Tentra, yang artinya dari Bahasa Italia adalah tiga puluh. Ini adalah karena cup size ini berukuran kira-kira 30 oz.
    Demikian juga dengan Venti size, yang artinya dua puluh, karena dapat diisi hingga 20 oz.
    Terima kasih atas infonya, mungkin akan saya coba dalam waktu dekat untuk memesan ukuran Trenta. Side effect tidak ditanggung ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.