Asia Cafe & Travel International Japan

KEAJAIBAN ITU BERNAMA % ARABICA ARASHIYAMA

Selamat datang di % Arabica Arashiyama!


Tak ada yang bisa menandingi kenikmatan secangkir kopi yang dicecap lidah dan pemandangan indah yang memanjakan mata dalam sekali waktu. Ya, keajaiban kecil ini terjadi di sebuah kedai kopi bernama % Arabica di Arashiyama, Kyoto.

%arabica-arashiyama-kyoto

Ngopi dengan bonus pemandangan Sungai Katsura nan indah.

ARASHIYAMA dikenal karena pemandangan alam dan saksi sejarah yang membangunnya. Sebuah wilayah nan indah yang di kelilingi oleh hutan bambu yang sejuk, Jembatan Togetsu-kyo yang tersohor serta Sungai Katsura yang mengalir damai. Keindahan alam yang memeluk mesra Arashiyama ini menyempurnakan kedamaian bagi para turis yang datang. Untuk kami kesempurnaannya semakin lengkap saat kami menemukan sebuah kedai kopi menyenangkan bernama % Arabica.

Bahagia ya jadi barista di % Arabica ini. Pemandangannya indah!

Bahagia ya jadi barista di % Arabica ini. Pemandangannya indah!

Tepat di sudut jalan di belakang bamboo forest, berdirilah sebuah kedai kopi yang sudah begitu tersohor namanya. Hujan yang siang itu turun menambah hasrat betapa ritual ngopi harus benar-benar dituntaskan. Berbeda dari dua gerai % Arabica di Kyoto lainnya, coffee shop yang satu ini diberi keistimewaan yang tiada banding: pemandangan indah langsung dari semesta. Saat kami datang kedai sedang sibuk-sibuknya.

Slayer 3 Group berdiri gaga melahirkan bercangkir-cangkir kenikmatan.

Slayer 3 Group berdiri gaga melahirkan bercangkir-cangkir kenikmatan.

Cuaca mendung berhujan sepertinya menjadi alasan banyak orang untuk berteduh di sini. Dua barista yang sedari tadi sibuk bermain dengan espresso machine Slayer 3 Groups yang sungguh gagah. Automatic grinder Mazzer Robur pun sedari tadi tak henti-henti bekerja dengan kerasnya. Antrian para pengunjung terus memanjang. Kami pun turut serta karena kebutuhan kafein sudah begitu mendesaknya.

Kedai ramai dikunjungi para penikmat kopi!

Kedai ramai dikunjungi para penikmat kopi!

Sambil menunggu giliran, saya memerhatikan sekeliling coffee shop ini. Betapa beruntungnya para barista yang bekerja di sini. Di hadapan mereka terpampang Sungai Katsura yang mengalir mendamaikan. Tak seperti kedai-kedai kopi yang ada di kota, keindahan Arashiyama membangun kenyamanan tersendiri membuat para pekerja dan pengunjung di sini sama rata kebahagiaannya. Stres pun jauh-jauh dari manusia di sini sepertinya. Ha-ha-ha.

ngopi-dengan-pemandangan-indah-mengasikkan

Setelah menunggu akhirnya kopi yang dinanti-nanti pun tiba. Secangkir Americano dari single origin Guatemala menjadi kopi pertama yang saya teguk di % Arabica Arashiyama ini. Rasa nikmatnya seketika menghangatkan badan dan pikiran. Apalagi sembari dihidangkan pemandangan alam yang langsung terpampang di hadapan. Kursi-kursi pengunjung di jejerkan langsung menhadap ke sungai yang di kelilingi bukit-bukit hijau. Rasanya nikmat sekali meneguk kopi sambil membiarkan pikiran mengembara jauh bersama sejuknya udara segar.

%arabica-arashiyama-kyoto

Sudut favorit di % Arabica Arashiyama.

Tak puas dengan secangkir Americano (¥400), saya juga mencoba café latte (¥500) dan cold brew yang enaknya tak kalah dengan Americano yang pertama saya coba. Tapi segala rasa nikmat pada tegukan ini memang secara ajaib disempurnakan dengan kenyamanan yang dibangun kedai kopi ini. % Arabica Arashiyama selain diberkati dengan pemandangan alam yang luar biasa, juga dibuat dengan desain yang modern, simpel dan minimalis khas tema % Arabica. Interior didominasi warna putih, elemen kayu dan jendela serta pintu kaca yang terbuka dan menyatu langsung ke alam. Tak ada yang tak betah berlama-lama nongkrong di sini. Saya saja rasanya tak ingin cepat-cepat pulang karena terlalu menikmati suasana.

Kopi yang siap untuk di-packing!

Kopi yang siap untuk di-packing!

Tak hanya menu espresso base, rupanya di sini juga ada menu manual brew seperti Chemex dan pour over lainnya. Tapi mungkin karena sedang ramai para barista hanya fokus ‘bermain’ dengan mesin espresso. Jika kamu ingin membeli biji kopi sebagai oleh-oleh, di sini juga disediakan aneka single origin yang bisa kamu bawa pulang. % Arabica Arashiyama juga memiliki roaster machine dan saat kami datang sang roaster terlihat asik menyangrai kopi. Oh iya, waktu saya dan teman-teman mampir ke sini, % Arabica sedang merayakan anniversary mereka. Pas sekali ya!

Display souvenir yang bisa kamu bawa pulang.

Display souvenir yang bisa kamu bawa pulang.

Buat saya coffee shop % Arabica di Arashiyama Kyoto ini adalah sebuah persinggahan istimewa. Karena begitu banyak kedai kopi yang saya kunjungi, tak ada yang atmosfer dan kenyamanannya seajaib ini. Jika kalian mampir ke Kyoto, jangan pernah lewatkan coffee shop yang satu ini. Segala aspek luar biasa tentang kedai kopi mengerucut menjadi sebuah nama % Arabica. Oh iya, jika beruntung kalian mungkin saja bisa dibuatkan kopi langsung dari sang juara barista nan tersohor Junichi Yamaguchi. Sila mampir dan nikmati kopi maka kamu akan percaya bahwa apa yang saya ceritakan tidak berlebihan adanya. Salam kopi!

 

Yuk borong biji kopinya!

Yuk borong biji kopinya!

 

% Arabica Kyoto Arashiyama

3-47 Sagatenryūji Susukinobabachō, 

Ukyō-ku, Kyōto-shi, 

Kyōto-fu 616-8385, Japan

Open daily 08.00 – 18.00

 

PAKET CAFE

9,971 total views, 5 views today

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply