KEBIASAAN BARU DALAM MENIKMATI KOPI DI 2019

Tahun baru, semangat baru, dan tak ketinggalan kebiasaan baik nan baru juga. Khusus penikmat kopi, ada beberapa kebiasaan baik yang mungkin bisa kamu terapkan di 2019 ini.

SAYA tidak terlalu gemar membuat resolusi untuk diri sendiri. Tapi saya cukup sering membuat kebiasaan baik yang tidak pernah saya lakukan di tahun sebelumnya. Ada beberapa hal di tahun lalu yang mulai saya tinggalkan. Kebiasaan-kebiasaan yang dinilai tidak baik atau kurang asyik jika kerap dilakukan baik untuk diri sendiri maupun lingkungan.

Salah satu kebiasaan baru yang saya lakukan juga berlaku dalam urusan ‘perkopian’. Ya, hitung-hitung menikmati kopi tanpa merugikana siapapun dan apapun bukan? Untuk kalian yang mungkin ingin melakukan kebiasaan baru perihal kopi-kopian ini, mari intip hal-hal yang kini sudah saya lakukan dan tidak lakukan lagi.

Tidak Menggunakan Sedotan Plastik Lagi

Kopi dingin sepaket dengan sedotan dan cangkir plastiknya adalah masa-masa kegelapan 2018. Jangan lagi dibawa ke 2019. Oleh karena itu, sudah boleh menyiapkan sedotan bambu atau stainless steel yang bisa dipakai berulang. Lebih sedikit kita menggunakan plastik, lebih sehat bumi kita ini ke depannya.

Mengucapkan ‘Terima Kasih’ kepada Barista atas Kopi Enaknya

Poin ini terlihat sepele memang. Tapi gestur sederhana dengan mengucapkan ‘terima kasih’ atau memberi pujian atas kopi enak yang diseduh hari ini bisa membuat hari seseorang terasa begitu istimewa. Jangan ragu beri pujian jika kopinya enak dan jangan sungkan beri masukan jika kopinya kurang sesuai di hatimu. Kebiasaan kecil ini berefek besar. Setidaknya untuk mereka yang sehari-hari mengusahakan bahagia pada cangkirmu.

credit: ketuktilu

Lebih Sering Seduh Sendiri

Bukan karena tidak suka ngopi di kedai kopi, tapi seduh kopi sendiri di rumah memiliki beberapa keuntungan. Pertama, lebih hemat karena semua tersedia di rumah dan stok kopi pun kebetulan bisa dibeli sebulan sekali dan dihitung-hitung lebih murah jika minum kopi di kedai kopi. Pun bisa disesuaikan dengan selera sendiri, kan? Kebiasaan baru ini pasti baik untuk kantong. Sudah pasti!

Bawa Tumbler Kemana-Mana

Kehadiran aneka tumbler kopi yang cantik dan menggemaskan adalah salah satu alasan saya agar tak malas membawanya kemana-mana. Demi mengurangi menggunakan cangkir kertas dan plastik sekali pakai agar lingkungan tetap bestari maka sudah bolehlah berinvestasi satu tumbler kopi. Mungkin ada yang suka Keep Cup, Stojo atau Goat Mug Story?

Mengurangi Gula Demi Kesehatan

Tak ada yang salah dengan kopi bergula. Tapi kebiasaan mengurangi gula pada kopi tentu akan berefek baik bagi kesehatanmu. Seperti diketahui gula itu jahat jika dikonsumsi secara berlebihan. Daripada minum kopi dengan dosis gula yang terlalu banyak kenapa tidak mencoba minum kopi tanpa gula sama sekali, kan?

Inilah lima kebiasaan baru yang mulai saya lakukan di tahun 2019. Kalau kalian ada yang sudah melakukan satu dari poin-poin ini juga?

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.