KEBIASAAN NGOPI YANG HARUS DIHINDARI DI BULAN PUASA

Untuk mereka yang kondisi tubuhnya prima, minum kopi di bulan puasa bukanlah masalah besar. Namun ada beberapa hal yang harus dihindari agar kesehatan tubuh terjaga di bulan penuh berkah ini.

BEBERAPA orang mengaku bahwa bulan ramadan tak menghalangi mereka untuk tetap ngopi. Biasanya ngopi dilakukan saat sahur, sehabis berbuka atau justru sehabis ibadah tarawih. Semua tergantung kebiasaan dan kondisi tubuh masing-masing orang. Saya sendiri termasuk golongan yang ngopi beberapa jam sehabis berbuka. Saat perut sudah terisi lalu saya berani ngopi agar tubuh tak terganggu keseimbangannya.

Namun tak semua orang mampu begitu. Ada yang justru mengalami gangguan kesehatan seperti masalah lambung, insomnia dan cemas saat ngopi di bulan puasa. Lalu sebenarnya apa yang harus dihindari agar ritual ngopi tetap berjalan lancar tanpa mengganggu kesehatan dan ibadah puasa?

Hindari Mengonsumsi Kafein yang Terlalu Banyak

Saat berpuasa seharian tubuh kita tentu mengalami perubahan kondisi. Tidak sama seperti hari-hari ketika tidak berpuasa. Jadi ketahanan tubuh saat menerima kafein juga berbeda. Jika kamu mengalami reaksi tidak menyenangkan saat ngopi mungkin kamu harus memerhatikan kadar kafein yang kamu konsumsi. Misalnya selama ini kamu menyeduh 20 gram dalam sekali seduh mungkin bisa dikurangi menjadi 12 gram selama puasa. Dan coba kamu lihat apakah dengan pengurangan kafein ini tubuh kamu lebih baik atau tidak. Jika tidak mungkin ada masalah lain yang harus dicari tahu.

Hindari Waktu Ngopi yang Tidak Tepat Untukmu

Puasa sedikit banyak mengubah rotasi hidup kita. Subuh dini hari harus bangun dan makan. Lalu makan selanjutnya di saat petang. Hal ini sudah pasti secara otomatis mengubah jadwal ngopi. Jika kamu biasanya ngopi pagi, kini harus diganti subuh atau malam hari. Saya sendiri cukup terganggu jika ngopi di saat sahur karena mengalami dehidrasi.

Beberapa teman justru baik-baik saja. Saya baik-baik saja minum di saat berbuka. Sedangkan orang lain justru jadi insomnia karena ini. Kamu harus memerhatikan jadwal terbaik untuk ngopi agar tak menganggu kesehatan, waktu tidur dan lain sebagainya. Ini penting demi kelancaran puasamu juga!

Hindari Mengonsumsi Kopi dengan Campuran

Campuran kopi di sini maksudnya adalah susu, buah-buahan, pemanis dan lain-lain. Selama bulan ramadan ini sebaiknya menghindari mengonsumsi kopi dengan campuran yang bisa berefek tidak baik bagi kesehatan seperti pemanis yang tidak natural dan buah-buahan yang mengandung asam yang tinggi. Namun, tidak semua orang bermasalah dengan campuran pada kopi ini. Dengan kata lain perhatikan reaksi tubuh saat mengonsumsi apapun. Tak hanya kopi, semua makanan dan minuman yang memberi reaksi tidak menyenangkan sebaiknya dihindari.

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.