KEBIASAAN NGOPI YANG HARUS DIHINDARI

Mengonsumsi kopi itu baik. Namun ada beberapa kebiasaan minum kopi yang harus dihindari agar tubuh kita senantiasa sehat.

BANYAK yang berasumsi bahwa minum kopi apapun jenisnya dan kapan pun itu adalah sah-sah saja. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi semua orang. Kebiasaan minum kopi ada juga yang ternyata harus dihindari demi kesehatan jangka panjang kita. Untuk kamu yang peminum kopi pemula dan baru belajar menikmati kopi sebaiknya membaca beberapa poin di bawah ini agar ritual minum kopimu berjalan lancar.

Jangan Terlalu Banyak Kafein

Bagi peminum kopi pemula mungkin kurang tahu bahwa terlalu banyak mengonsumsi kopi sepaket dengan kafeinnya akan mengganggu kinerja tubuh kita. Dan harus diketahui juga bahwa setiap orang memiliki toleransi terhadap kafein yang berbeda-beda. Sangat disarankan untuk tidak minum kopi lebih dari 5 cangkir sehari. Karena kebanyakan minum kopi mampu memberi efek cemas, insomnia, jantung berdebar, lemas dan bahkan pingsan jika tubuhnya tak kuat.

Hindari minum kopi dalam jumlah banyak atau pilihlah arabika yang kandungan kafeinnya lebih rendah dari robusta.

Hindari Minum Kopi Manis

Kopi susu yang berbedar di pasaran memang sangat nikmat. Apalagi rasanya manis dan memanjakan lidah kita. Namun kamu harus tahu bahwa kopi yang sudah dicampur gula dan pemanis lainnya jika dikonsumsi terus menerus dalam jangka panjang akan menyebabkan meningkatkan kadar gula pada darah. Fatalnya hal ini akan memicu diabetes yang sangat berbahaya.

Jika kamu memang suka kopi yang manis sebaiknya mengganti pemanisnya dengan alternatif lain seperti madu murni atau memilih gula yang rendah kalori.

Makan Dulu Baru Ngopi

Tidak semua orang kuat minum kopi dengan perut yang kosong. Ya, meskipun banyak orang di luar sana yang baik-baik saja jika melakukan hal ini. Beberapa orang pernah mengalami nyeri lambung akut karena nekat mengonsumsi kopi sebelum sarapan. Jika kamu memiliki masalah lambung dan pencernaan, sebaiknya tidak mengonsumsi kopi sebelum perutmu terisi.

Hindari Minum Kopi di Malam Hari

Sulit tidur ketika minum kopi di malam hari? Itu berarti kamu harus menghindari ngopi di malam hari. Karena daya tahan tubuhmu memang berbeda dengan mereka yang kebal ngopi di waktu kapan saja. Jika hal ini menyebabkan kamu insomnia akut, sebaiknya hindari minum kopi di atas jam 5 sore. Hal ini penting agar kesehatan tubuhnya berjalan sempurna.

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.