KEDAI KOPI SEPERTI APA YANG DICARI PENIKMAT KOPI

Jika berbicara tentang kedai kopi, apa yang kita pikirkan, pasti kita akan menemukan banyak perbedaan menanggapi kedai kopi. Karena kedai kopi tidak lagi sekadar secangkir kopi, tapi lebih dari itu.

MENGULAS tentang kedai kopi tentunya banyak sekali hal yang perlu dibahas, dari mulai interior hingga perlengkapan alat kopi yang digunakan. Namun ada hal yang tak kalah menarik, bagaimana para penikmat kopi memaknai kedai kopi menurut mereka. Tidak sedikit yang memaknai secangkir kopi mereka sebagai pelarian dari segala aktifitas yang menjemuhkan, karena memang benar menikmati kopi bisa meredakan stres. Secangkir kopi yang kita minum setelahnya tubuh akan bekerja selama 6 jam merespon saraf-saraf kita dan mengaktifkan hormon yang dapat membuat seseorang yang menikmati kopi menjadi relaks.

Sebabnya kedai kopi kini bukan sekadar mereka yang datang untuk menikmati kopi, namun lebih dari itu tiap orang punya motivasi berbeda, dan menikmati kopi untuk menenangkan hari salah satunya. Kemudian muncul pertanyaan, jika kebutuhan kopi begitu penting untuk seseorang mengapa mereka masih saja pergi ke kedai kopi untuk mencari secangkir kopi mereka. Padahal bisa saja seduh kopi sendiri di rumah untuk memenuhi kebutuhan kopi harian mereka. Nah, di inilah misteri yang harus dipecahkan para pemilik kedai kopi atau pun manager yang bekerja di dalamnya. Memanfaatkan gaya hidup penikmat kopi untuk menjadi peluang bisnis bagi mereka, tidak ada salahnya. Ada sebuah penelitian di Irlandia tahun 2011 yang menjelaskan bagaimana para penikmat kopi memutuskan pergi ke kedai kopi favorit mereka walau pun di rumah sudah ada persediaan kopi harian.

Harga Kopi Terjangkau
Apa pun alasannya seseorang pergi ke kedai kopi, selagi harga secangkir kopi yang ditawarkan masih dianggap bersahabat menurutnya, maka kedai kopi tidak akan pernah sepi. Akan selalu ada penikmat kopi yang datang silih berganti, untuk meneguk nikmatnya kopi speciality dengan harga yang ramah.

Pelayanan Kedai Kopi
Bagaimana pelayanan yang dilakukan malahan punya kesan yang akan selalu melekat untuk seseorang yang datang ke kedai kopi kita. Sebabnya, pelayanan menjadi penting di tiap operasional bisnis apa pun. Karena banyak juga yang memutuskan untuk pergi ke salah satu kedai kopi karena pelayanan yang memuaskan pengunjung kedai kopi.

credit: lifestylecoop.com

Akses Lokasi Kedai Kopi
Ada beberapa tipe orang yang pergi ke kedai kopi karena lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal, atau karena lokasinya dekat dengan kampus atau dekat dengan tujuan mereka selanjutnya. Kalau hal ini, sebagai pemilik kedai kopi sebelum memutuskan untuk mendirikan kedai kopi harus membaca suasana target pasar yang potensi.

Cara Seduh Kopi
Mungkin mereka di rumah sangat sering minum kopi untuk memenuhi kebutuhan harian, tapi ada juga yang pergi ke kedai kopi untuk menikmati kopi dengan cara seduh yang berbeda dari yang di rumah, Jadi sangat di sayangkan jika kedai kopi hanya menyediakan kopi dengan cara seduh yang terbatas.

Pelayanan Yang Cepat
Beberapa orang sangat mencintai pelayanan yang cepat, sebabnya kedai kopi yang memiliki pelayanan yang baik dan tidak membuat pengunjung menunggu terlalu lama, membuat kesan yang baik untuk mereka kembali lagi. Jika kesan pertama saja pengunjung yang datang menunggu terlalu lama, maka bisa dipastikan akan menciptakan kesan yang negatif.

credit: alternative brewing

Kenyamanan Interior Kedai Kopi
Banyak pemilik kedai kopi yang investasi untuk mendesain interior kedai kopi mereka, dan memang benar bahwa beberapa orang memilih kedai kopi tidak hanya kopinya saja yang harus nikmat tapi ruang kedai kopi dapat menciptakan kesan. Belum lagi sekarang ini, tipikal kaum milenial yang sangat suka mengabadikan eksistensi mereka dengan kopi dan kedai kopi favoritnya.

Suasana Kedai Kopi
Malahan, ada juga orang yang memilih kedai kopi karena atmosfir kedai kopi yang membuatnya nyaman. Walau pun tiap orang pasti berbeda, ada yang mencari suasana kedai kopi yang ramai karena dapat melihat banyak orang dengan secangkir kopi mereka atau ada juga yang mencari suasana kedai kopi yang tenang.

Merek Kedai Kopi
Jangan heran jika ada beberapa orang yang menikmati kopi karena sudah terlalu jatuh cinta dengan brand kedai kopi tersebut, jadi walau pun sering menikmati kopi di rumah, tetap saja kedai kopi menjadi pilihan untuk mencari nikmatnya kopi.

Dan di antaranya, masih banyak lagi yang membuat penikmat kopi akan pergi ke kedai kopi favorit mereka, antara lain karena kedai kopi tersebut menyediakan ragam biji kopi, potongan harga yang ditawarkan, fasiltas wifi atau pun fasilitas lain tersedianya buku, boardgames.

src: Research Irish Food Board img: bandolero.com

2 Comments
  1. Kalau dari saya pribadi, yang akan menentukan saya kembali lagi ke coffeeshop tersebut cukuplah 3:

    1. Rasa kopi – hal ini jelas yang utama, pertama kali yang akan saya coba di coffeeshop tersebut adalah hot cappuccino dan manual brew v60nya, jika masih kuat minum, saya akan tambah 1 cangkir doubleshot espresso lagi. 3 hidangan basic tersebut akan menentukan saya akan balik lagi atau tidak, karena cukup mewakili kualitas biji kopi yang digunakan serta kemampuan barista dalam meracik kopi baik itu epresso based maupun manual brew.

    2. Suasana coffeeshop – sebenarnya bagi pemilik coffeeshop, saya yakin hal ini seperti pedang bermata dua, coffeeshop sepi, omset sedikit, coffeeshop ramai (apalagi kalau luas coffeeshop yang minimalis) akan mengurangi kenyamanan. Tapi tetap bagi saya kenyamanan suasana coffeeshop merupakan hal yang tidak kalah pentingnya dari rasa kopi itu sendiri.

    3. Pelayanan dari barista – keramahan barista akan membuat suasana coffeeshop semakin nyaman. Senyuman dan sapaan yang hangat membuat saya sangat betah di beberapa coffeeshop. Pelayanan yang apik, inisiatif, dan penyajian kopi yang kreatif membuat coffeeshop menjadi rumah ketiga untuk ngopi (setelah rumah sendiri dan kantor)

    Faktor lainnya seperti harga, fasilitas, brand –> buat saya tidak terlalu penting, kalau kualitas kopinya sangat oke, ya wajar harganya juga mahal
    (saya sedang tidak membicarakan sebuah kedai kopi komersial yang cabangnya di mal mal besar, brandingnya terkenal dan banyak digemari orang itu ya, karena saya salah satu orang yang kurang cocok dengan kopi yang ada di kedai kopi tersebut padahal harganya termasuk mahal)

    Fasilitas, kalau lengkap ya bagus, kalau tidak ya sudah, karena ke coffeeshop sudah modal paket data sendiri berikut juga perlengkapan perangnya

    Brand –> kalau yang ini sudah tutup mata, karena saya suka sekali mencicipi kopi di coffeeshop-coffeeshop baru, buat saya pencinta kopi, branding sudah tidak menjadi penting selama kualitas kopi terjaga

    terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.