KELOMPOK YANG MINUM KOPI JAUH LEBIH FOKUS DARI YANG TIDAK?

Bukan rahasia lagi jika mereka yang minum kopi adalah orang yang berbahagia. Tapi sebuah penelitian mengatakan bahwa kelompok yang minum kopi jauh lebih bahagia dan positif dari kelompok yang tidak. Wow!

TAK heran jika dalam kegiatan rapat dan meeting kerja biasanya selalu disediakan kopi yang tak pernah henti. Pun dalam diskusi beragam kesempatan pasti kita selalu melihat kehadiran kopi yang selalu ada tak jauh dari kelompok yang ada di sana. Karena sebuah studi dan penelitian di UC Davis Coffee Centre di Amerika Serikat menemukan bahwa kelompok yang mengonsumsi kopi memberi energi yang berbeda dari kelompok yang tidak.

Mereka memaparkan bahwa penelitian ini menemukan jawaban bahwa orang-orang yang melakukan kegiatan rapat dan diskusi dan mengonsumsi kopi biasanya lebih aktif, lebih berpikir cemerlang, lebih terlibat bahkan lebih meningkat performanya ketimbang mereka yang tidak mengonsumsi kopi sama sekali. Jadi jangan pernah heran kenapa kehadiran kopi begitu berharga pada meeting penting dan hal-hal yang berhubungan dengan pencetusan ide.

Credit : pexels.com

Selain itu, seorang lulusan dari Ohio State University bernama Amit Singh juga melakukan studi terhadap dua kelompok diskusi. Pada kelompok diskusi pertama dia memberikan kopi 30 menit sebelum diskusi dimulai. Dan kedua dia memberikan kopi setelah diskusi selesai. Terbukti kelompok yang mengonsumsi kopi sebelum diskusi dimulai jauh lebih aktif, lebih kreatif dan juga lebih positif ketimbang kelompok yang mengonsumsi kopi setelah diskusi.

Hal ini terbukti bahwa kopi dengan kafein yang dikandungnya mampu memberikan stimulus pada kerja otak dan memengaruhi kinerja peminumnya pada saat melakukan diskusi dan meeting. Sebegitu luar biasanya pengaruh kopi sehingga selalu digadang-gadang sebagai minuman yang mampu meningkatkan daya fokus dalam bekerja serta mengasah kreativitas. Juga memberi energi positif untuk tubuh yang sedang semangat-semangatnya menjalani hari yang sibuk.

Sudah tahu ‘kan kenapa saat meeting kopi selalu dilibatkan? Jadi jika meeting biasanya tidak mengonsumsi kopi, sekarang sudah bolehlah belajar menikmati kopi biar makin terpacu melahirkan ide-ide luar biasa.

Foto utama dari squarespace.com

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.