KEMANA AMPAS KOPI BERMUARA?

Ada berapa banyak ampas kopi yang dihasilkan setiap hari di seluruh dunia? Akankah ampas-ampas ini berakhir di pembuangan begitu saja?

KALAU kita pikir-pikir, setiap harinya ada banyak sekali orang yang mengonsumsi kopi. Para peminum kopi rumahan, kedai-kedai kopi bahkan industri kopi yang lebih besar sudah pasti menghasilkan ampas kopi yang jika dikumpulkan tidak sedikit jumlahnya. Jika dibuang begitu saja, ampas-ampas kopi akan menjadi limbah yang tak berguna. Dan setiap hari orang-orang akan menghasilkan ampas kopi yang jumlahnya terus bertambah. Benarkah ampas kopi sisa seduh kita terbuang sia-sia?

Credit : huffingtonpost.com

Jangan sedih dulu karena jawabannya adalah tidak. Salah satu kedai kopi yang kami wawancara mengatakan bahwa ampas kopi sisa seduh di kedai kopinya dikumpulkan dan diberikan pada salah satu UMKM di kotanya. UMKM ini bergerak di bidang pembuatan pengharum mobil. Ampas kopi ternyata dikumpulkan dan diolah kembali menjadi pengharum mobil.

Lain cerita dengan kedai kopi milik saudara jauh saya. Dia mengatakan bahwa ampas kopinya dikumpulkan sendiri lalu digunakan kembali menjadi beragam produk. Mulai dari pupuk tanaman, pengharum kamar mandi hingga dijadikan scrub oleh istri anak-anaknya di rumah.

Di beberapa daerah di luar negeri, ada tim yang mengumpulkan ampas kopi dan mengolahnya menjadi biodiesel. Hal ini juga pernah dilakukan oleh mahasiswa dari Universitas Trisakti bernama Sharima Umaya, mahasiswi Jurusan Teknologi Bioproses UI dan Hendio Oktaviolefi, mahasiswa Jurusan Perminyakan yang membuat biodiesel dari ampas kopi.

Beberapa komunitas pencinta kopi juga mengaku bahwa ampas kopi jarang sekali dibuang begitu saja. Biasanya digunakan kembali untuk kebutuhan sehari-hari. Mulai dari dijadikan pengharum hingga produk kecantikan. Bahkan ada juga yang menjual ampas kopinya ke UMKM yang membutuhkan ampas kopi sebagai bahan baku produk mereka.

Wah ternyata ampas kopi tidak jadi limbah, ya. Untuk kamu yang belum tahu mau diapakan ampas kopi yang banyak itu, mungkin bisa intip tips dan manfaat ampas kopi yang pernah ditulis di Majalah Otten ya. Siapa tahu terinspirasi!

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.