KEMEWAHAN RASA DI GEROBAK KOPI BERNAMA MENDEM IRENK

Kenikmatan secangkir kopi bisa lahir dari tempat-tempat tak terduga. Salah satu tempat istimewa tersebut mungkin berwujud kedai kopi bernama Mendem Irenk.

SEHABIS menyelesaikan urusan ini-itu di kantor saya pun berniat berjalan-jalan di sekitaran lingkungan kantor. Tak sengaja melihat sebuah gerobak kopi yang cukup ramai di singgahi banyak orang. Dalam gelap dan remang saya melihat alat-alat kopi yang berjejer rapi di gerobak kopi tersebut. Waduh ternyata tak hanya alat seduh manual saja, tapi sebuah automatic grinder jagoan Mahlkonig EK43 White pun ikut nangkring di sana. Hebat!

Meski penampakannya kaki lima serupa gerobak makanan biasa. Tapi Mendem Irenk rupa-rupanya sudah cukup tersohor namanya di industri kedai kopi Jakarta dan sekitarnya. Saya yang penasaran pun mendekat ke gerobaknya dan menemukan aneka grinder seperi Baratza Sette, Baratza Encore sampai Feima 600 N. Sedangkan alat seduh sepertinya mereka punya semua. Mulai dari Kalita, Hario V60, Hario V60 Tetsu, Aeropress, December Dripper sampai Koka yang buatan Indonesia juga ada.

Ada beberapa meja dan kursi berjejer di Mendem Irenk. Tapi saya memilih duduk di depan gerobaknya sambil ngobrol asyik dengan sang barista. Berdasarkan rekomendasi mereka, saya tergiur mencoba single origin Rwanda dari Onibus Jepang dan single origin Colombia Guandinbas washed yang keduanya diseduh dengan Kalita Wave.

Tanpa ekspektasi apa-apa ternyata barista di Mendem Irenk jago seduhnya. Kedua kopi saya sangat nikmat dengan notes jeruk, peach dan floral untuk Colombia dan sweet caramel, nutty serta floral untuk Rwanda. Benar-benar kedai kopi kaki lima dengan rasa spesialti nikmat yang tak kalah dengan kedai kopi umumnya.

Oh iya tak hanya menyeduh dengan begitu ahli, Mendem Irenk juga memiliki mesin sangrai VNT dan menyangrai sendiri biji kopi mereka. Jadi mereka juga sedia aneka single origin yang bisa dibawa pulang. Benar-benar tak menyangka bahwa kedai kopi seperti ini memiliki alat-alat kopi canggih, kopi yang nikmat plus sepaket menjadi roastery juga.

Jika kalian kebetulan main ke Jakarta Selatan, saya merekomendasikan untuk mampir ke Mendem Irenk. Kedai kopi ini selalu rame dan mulai buka pukul 6 sore hingga tengah malam. Rasakan sensasi ngopi kaki lima dengan jejeran alat kopi menawan plus kopi yang enak tak karuan. Sampai bertemu ya mana tahu kita bisa duduk semeja di Mendem Irenk. Siapa tahu?

Mendem Irenk

Jalan Cililin No.12, RT.15/RW.6,

Petogogan, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,

Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12170


.

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.