KENALI NAPAS BAU SEHABIS MINUM KOPI

Aroma kopi memang menyenangkan. Tapi tahukah kamu beberapa orang mengalami aroma mulut yang tidak segar sesaat setelah minum kopi?

KITA semua yakin benar bahwa aroma kopi adalah yang ternikmat di muka bumi. Namun hal tersebut tidak selamanya bisa terwujud karena beberapa orang mengalami napas yang tidak segar aromanya sesaat setelah meminum kopi. Hal ini terjadi bukan karena kesalahan pada kopinya, tapi pada kondisi tubuh dan tentunya mulut tiap orang yang berbeda-beda.

Menurut penelitian di Amerika Serikat yang diterbitkan dalam sebuah jurnal, napas bau yang diakibatkan oleh kopi sering dikenal dengan metallic coffee breath dan ini terjadi karena beberapa faktor  yang harus diketahui para penikmat kopi. Faktor pertama timbulnya aroma tidak sedap ini adalah kandungan asam atau acid yang terdapat pada kopi  yang tidak bisa diterima beberapa mulut dengan kondisi tertentu. Beberapa penelitian mengatakan asam yang terkandung ini meningkatkan jumlah bakteri pada mulut. Dan bakteri inilah yang memegang kendali dari bau mulut yang tidak sedap itu.

Faktor kedua adalah kondisi mulut yang kering. Untuk mereka yang memiliki kondisi lambung tertentu sebaiknya jangan mengonsumsi kopi dalam perut kosong. Kopi yang bersifat diuretik memang menyebabkan mulut kering terutama saat kamu belum ada mengonsumsi makanan atau minuman sama sekali. Mulut kering ini kemudian menyebabkan aroma ‘aneh’ pada napas peminum kopi. Ingat, kopi sendiri tidak menyebabkan bau mulut, justru sebaliknya. Jadi pastikan mengonsumsi sesuatu terlebih dahulu sebelum menikmati kopi.

Faktor ketiga ternyata datang dari orang-orang yang gemar menikmati kopi dengan susu dan krim namun tidak tahu bahwa sebenarnya tubuhnya rentan dalam penerimaan produk susu hewani dan turunannya. Laktosa pada dairy product meningkatkan reaksi tertentu pada pencernaan dan bisa mengakibatkan aroma napas yang tidak sedap. Asam yang meningkat pada pencernaan akibat reaksi kopi dan susu memberikan aroma yang tidak baik akibatnya bagi napasmu.

Jadi jika pernah mengalami napas yang tidak sedap akibat minum kopi, jangan salahkan kopinya. Tapi perhatikan benar kondisi tubuhmu karena semua reaksinya datang dari tubuh kita!

 

Artikel disunting dari livestrong.com

Foto utama dari villagecoffee.biz

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.