KENAPA AFFOGATO ‘UMUMNYA’ MENGGUNAKAN ES KRIM VANILA?

Pernah tidak mempertanyakan kenapa affogato umumnya menggunakan es krim vanila? Apakah sudah ada aturan tidak tertulis yang mengharuskan vanila sebagai flavour es krimnya?

ARTIKEL ini saya tulis dikarenakan seorang teman yang nyeletuk “kenapa ya rata-rata affogato pakai es krim vanila?”. Saya yang tak bisa ‘dipancing’ pertanyaan-pertanyaan seperti ini pun akhirnya mencari tahu dari beberapa sumber, baik sumber tertulis maupun narasumber yang cukup ‘kopi’ di bidangnya.

credit : treats affair

Affogato yang secara etimologi berarti ‘tenggelam’ atau ‘ditenggelamkan’ dalam Bahasa Italia adalah minuman atau makanan pencuci mulut yang terdiri dari es krim (gelato) dan dilumuri espresso. Affogato ini menurut yang saya kutip dari vinepair.com adalah makanan pencuci mulut yang penuh dilema. Di saat orang-orang khawatir tentang naiknya gula darah dalam makanan manis, maka affogato hadir membuat rasa bersalah sedikit berkurang.

Lalu benarkah hanya es krim rasa vanila saja yang umum dijadikan affogato? Seorang teman barista asal Italia yang tak mau saya bubuhkan namanya mengatakan bahwa di Italia sendiri tak hanya es krim rasa vanila saja, namun juga es krim cokelat, dan lain-lain. Namun memang benar dipilihnya rasa vanila sebagai menu affogato yang umum dan paling banyak terjadi di seluruh dunia karena vanila merupakan es krim yang ‘paling netral’. Sehingga saat espresso hadir di atasnya, rasa kuat espresso dinilai tidak hilang bersama rasa es krimnya. Vanila memberi keseimbangan yang menyenangkan untuk menu affogato. Itulah kenapa rasa es krim ini yang paling banyak dijadikan affogato. Juga berlaku di Indonesia.

credit : natasha kitchen

Namun menurut vinepair.com (lagi), affogato di Italia ada juga yang disajikan ‘asin’. Mereka mencampurkan gelato, minyak zaitun dan espresso sehingga memberikan cita rasa unik yang ternyata ada peminatnya. Selain itu ada juga affogato yang dicampur alkohol seperti wine dan whiskey. Wow!

Saya sendiri pernah menikmati affogato dengan es krim vanila, espresso, potongan kacang almond dan lumuran cokelat di sebuah kedai kopi di Ipoh, Malaysia. Ya, walaupun dasar es krimnya lagi-lagi tetap saja vanila. Jadi sudah terjawab ya perihal es krim vanila dan affogato ini. Namun harus diingat bahwa hanya espresso yang enak saja yang bisa membuat affogato-mu nikmat rasanya.

Jadi kapan terakhir kali kamu menikmati affogato?

 

Disunting dari vinepair.com dan beberapa sumber

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.