KENAPA AIR MINERAL KERAP DISAJIKAN BERSAMA KOPI?

Mengonsumsi kopi memang banyak manfaatnya Tetapi katanya mengonsumsi air mineral sebelum ngopi justru lebih baik lagi untuk kesehatan para peminumnya.

TAK jarang bukan saat kita memesan secangkir kopi hitam baik espresso base ataupun coffee filter kopi disajikan bersama secangkir air mineral? Ternyata hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Ada alasan-alasan tertentu kenapa minum kopi musti didampingi dengan secangkir air mineral.

Menurut seorang teman roaster yang juga seorang owner kedai kopi, air mineral yang dihidangkan bersama kopi pesanan membantu menetralisir lidah dan mulut sesaat sebelum meneguk kopi. Mungkin sebelum minum kopi sang pemesan minuman baru saja memakan sesuatu yang beraroma dan berasa kuat. Atau meminum sesuatu yang menyebabkan rasanya tertinggal di sana. Air mineral ‘membersihkan’ rasa dan aroma sebelumnya dari lidah dan mulut. Dan ini menyebabkan sang peminum kopi lebih maksimal dalam menikmati kopinya karena indera perasa sudah dalam kedaan ‘bersih’.

Selain masalah ‘menetralisir’ tadi, seperti yang disunting dari boldsky.com, mengonsumsi air mineral sebelum ngopi mampu mengencerkan efek kafeinnya di dalam tubuh. Sehingga menuruntkan efek kafein yang mungkin saja tidak semua orang mampu menahan sensasi kafein yang besar dalam diri mereka. Selain itu, kopi dan kafeinnya memang memberi efek dehidrasi. Dan hadirnya segelas air putih mampu meredakan rasa haus tadi. Itu kenapa hampir di setiap kedai kopi biasanya menyediakan air putih yang free-flow sehingga para peminum kopi bisa meminum air sepuas hati dan tidak merasa kehausan.

Meski di Indonesia kebanyakan kedai kopi menyediakan air mineral sebagai ‘teman’ ngopi. DI Viet Nam sendiri ternyata bukan air mineral yang menemani kopi. Secangkir teh tawar yang tingkat kekeencerannya mumpuni disajikan setiap kamu memesan secangkir kopi. Setidaknya hal ini yang saya alami sendiri warktu berkunjung ke sana. Menurut saya baik air mineral maupun teh mungkin memiliki fungsi yang hampir sama saat dihidangkan bersama kopi. Dan untuk kedai-kedai kopi yang memberikan air mineral cuma-cuma kalianlah setidaknya pahlawan tanpa tanda jasa yang meredakan dahaga.

Foto utama dari wikimedia.org

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

4 Comments
  1. Pernah ada 1 kedai yg sediain air mineral gratis sebelum ngopi nih..ternyata memang ada tujuan’y yaa..
    Salut buat kedai ituu..tpi sekarang sayangnya udh tutup..

Leave a Reply

Your email address will not be published.