KENAPA AIR SODA KERAP DISAJIKAN BERSAMA KOPI?

Mungkin di beberapa kota di Indonesia air soda disajikan bersama kopi masih jarang didapati. Tapi di beberapa tempat di luar negeri, hal ini kerap terjadi. Sebenarnya kenapa air soda sering disajikan bersama kopi?

JUJUR saya sendiri baru-baru ini saja tahu bahwa di beberapa kedai kopi (umumnya di luar negeri), air soda tawar ternyata disajikan bersama kopi hitam. Di Indonesia sendiri saya belum pernah mengalami hal ini. Pengalaman saya mendapatkan air soda yang datang bersama kopi justru terjadi di Phnom Penh, Kamboja. Entah di Indonesia sudah ada tapi saya belum beruntung mampir ke kedai kopi itu. Atau mungkin hal ini belum meluas diterapkan? Entahlah.

Tapi waktu itu saya memesan filter coffee yang diseduh dengan Chemex. Kopi yang saya lupa dari single origin mana datang bersama secangkir air mineral dingin dan secangkir air soda tawar. Biasanya yang datang hanya air mineral saja. Atau teh tawar saat saya ngopi di beberapa daerah di Viet Nam untuk menetralkan mulut. Tapi di sini yang datang air soda.

Setelah mencari tahu (ya karena malu bertanya sesat di perkopian), ternyata air soda tawar efektif menetralisir palate di mulut. Jadi Jika air mineral berfungsi membersihkan sisa-sisa ‘rasa lain’ sebelum ngopi dan juga mencegah dehidrasi, maka air soda memiliki fungsi membersihkan dan menetralisir dua kali lipat lebih efektif. Sehingga palate di mulutmu benar-benar berada di titik nol. Kopi yang dicecap pun bisa terasa lebih jernih dan lidah lebih peka. Mantap juga!

Tapi setelah saya coba sendiri memang benar adanya pengaruh air soda ini. Notes pada kopi lebih terasa pasti. Lebih kuat dan jelas di lidah. Sangat seru jika kamu tak hanya meneguk satu jenis kopi saja. Setelah selesai ngopi satu jenis kopi, maka sebelum lanjut kopi yang lain teguklah air soda ini dulu. Maka residu dan sisa kopi sebelumnya langsung sirna secara ajaib.

Apakah kamu pernah mencoba minum air soda sebelum dan sesudah ngopi juga? Bagaimana kira-kira? Apakah efektif dalam mencecap rasa-rasa baru?

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.