Kenapa Kopimu Tak Senikmat Biasa

 

TAK ada yang lebih menjengkelkan dari meneguk secangkir kopi yang tak nikmat. Bayangkan, kamu telah menunggu secangkir kopi yang rasanya menyempurnakan pagi. Tapi keinginan seketika buyar dikarenakan kopi yang mendadak kehilangan nikmatnya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kopimu tak enak. Bisa bijinya, bisa prosesnya dan bisa jadi faktor-faktor lain yang pernah kamu pikirkan sebelumnya. Untuk menjawab semuanya, akan kami paparkan faktor apa saja yang menyebabkan kopimu tak senikmat biasanya.

 

  1. Cara Menyimpan Kopi yang Tidak Tepat

Seperti bahan makanan lainnya, kopi juga sangat diharuskan disimpan secara baik dan benar. Kopi yang disimpat di tempat yang tidak rapat, terkena sinar matahari langsung serta lembab akan mengubah rasa kopi itu sendiri. Kopi yang tempat penyimpanannya salah akan memengaruhi rasa kopi. Kopi akan berubah rasa dan bau menjadi apek dan tak nikmat lagi. Jika sudah begini tentu saja kopimu takkan nikmat lagi saat diseduh. Tak peduli setepat apapun cara kamu menyeduhnya, jika kopimu sudah terlanjur berbau apek takkan pernah lagi kamu cicipi nikmat kopi yang biasa ini kamu rasakan. Semua mendadak buyar. Oleh karena itu, simpanlah kopi pada tempat kering dan wadah tertutup rapat. Pastikan tak ada udara yang masuk ke wadah penyimpanan tersebut. Pastikan kopimu aman dan terjaga kesempurnaannya.

 

  1. Alat-Alat yang Digunakan Untuk Membuat Kopi Tidak Bersih

French press yang tidak bersih dicuci meninggalkan ampas kopi sisa semalam, cangkir kopi yang masih ada sisa sabun atau coffee maker yang kotor tentu saja bisa mengubah rasa kopi menjadi tidak enak. Bayangkan saja, ada unsur lain di sana yang bercampur dengan biji kopi sehingga mengubah cita rasa yang dikandung kopi. Jadi sebelum membuat kopi sebaiknya periksa sekali lagi alat-alat yang digunakan. Pastikan alat-alat tersebut higienis dan tidak tercemar sesuatu yang kotor yang tentunya mampu mengubah rasa nikmat dari kopi kamu.

 

  1. Proses Pemanggangan yang Tidak Benar

Biji kopi yang berkualitas takkan ada apa-apanya jika tidak disertai proses pemanggangan (roasting) yang benar. Jangan berharap secangkir kopi nikmat bisa kamu nikmati jika kamu tidak melakukan proses pemanggangan yang tepat pada biji kopi yang kamu miliki. Biji kopi harus dipanggang dengan kesempurnaan waktu yang tepat. Jika biji kopi dipanggang terlalu lama, maka akan mengubah cita rasa kopinya. Biji kopi yang dipanggang terlalu lama atau melebihi batas waktu akan membuat biji kopi terbakar dan hangus. Dan tentunya akan memberi rasa pahit berlebihan pada kopi dan tentu saja membuatnya tak nikmat lagi. Siap coba yang mau meminum kopi pahit yang gosong?

 

  1. Air yang Digunakan Berkualitas Tidak Baik

Apalah arti kopi tanpa air yang menyeduhnya? Oleh karena itu, air adalah faktor terpenting dalam membuat kopi. Dalam membuat kopi, kualitas air yang digunakan haruslah air yang baik. Air yang baik maksudnya adalah yang tidak mengandung bau, warna dan rasa. Yang higienis dan benar-benar baik. Selain itu, temperatur air juga harus diperhatikan saat membuat kopi. Jika kamu ingin membuat kopi panas, pastikan air yang digunakan juga berada pada suhu yang pas sehingga kopi mampu diseduh dengan baik. Dan tentunya mampu menghasilkan kopi nikmat.

 

  1. Kopi Didiamkan Terlalu Lama

Jika kamu menggunakan mesin kopi dan membuat kopi dalam jumlah banyak namun tidak dihabiskan sekaligus, itu bisa menjadi faktor kenapa kopimu tak senikmat biasanya. Untuk menghemat waktu biasanya orang membuat kopi di mesin kopi dalam jumlah banyak. Gunanya adalah agar dapat menikmati kopi secara berulang-ulang tanpa harus membuatnya berkali-kali. Namun di sinilah letak kesalahannya. Kopi yang terlalu lama diseduh dan dibiarkan mengendap bisa kehilangan nikmatnya. Jika kamu membiarkan kopi hingga ampasnya terduduk lama di dasar wadah, tentunya akan mengganggu cita rasa kopi. Nah, sudah tahu ‘kan kenapa kopimu berubah rasa?

 

 

738 total views, 8 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.