KENAPA PENTING MEMBUAT ACARA KOPI SENDIRI?

Tidak perlu menunggu ada acara kopi di daerah tempat tinggalmu. Bikin sendiri saja.

PENTINGKAH ngopi? Jika pertanyaan itu bila diajukan ke para peminum kopi maka jawaban yang muncul bisa beragam. Ada yang bilang sangat penting, sampai biasa saja. Hal serupa juga terjadi ketika muncul pertanyaan baru: pentingkah bikin acara kopi sendiri?

Jawabannya: penting bagi mereka yang menganggap penting. Dengan kata lain, acara-acara perkopian cukup penting bagi komunitas kopi. Acara itu memungkinkan mereka yang bergelut di dunia kopi untuk saling bertemu, diskusi, dan berkolaborasi satu sama lain.

Persoalannya, seberapa penting dan bagaimana cara membuat acara kopi itu?

 

Seberapa Penting?

Memelajari tentang kopi seperti tak ada habis-habisnya, prosesnya berjalan tanpa akhir. Apalagi, kehadiran internet kian mempermudah setiap orang untuk belajar soal kopi. Meski begitu, adanya acara-acara perkopian juga tak pelak menjadi sarana belajar soal kopi.

Selain sarana belajar, acara perkopian membawa manfaat praktis berupa kesempatan meluaskan jaringan, kolaborasi, hingga memperkuat brand perusahaanmu. Ini yang harus dimanfaatkan ketika main-main ke acara kopi.

Kamu barangkali cukup beruntung jika tinggal di daerah yang sering menyelenggarakan acara kopi. Bagaimana dengan mereka yang tidak? Beberapa ada yang memilih keluar kota untuk mengunjungi acara kopi di tempat lain. Bukan masalah. Namun, tidak salah juga jika sekali-kali bikin acara kopi sendiri.

Satu manfaat pasti ketika bikin acara sendiri adalah kesesuaian. Ketika kamu ingin belajar banyak soal cupping, ya tinggal bikin acara cupping. Tidak perlu tunggu-tunggu sampai ada acara cupping di tempat lain.

Cupping

Tentukan Konsep Acara

Ada banyak konsep acara kopi yang bisa kamu bikin. Sekurang-kurangnya, ada 4 jenis konsep acara yang bisa kamu lakukan untuk meramaikan dunia perkopian. Misalnya seperti berikut:

1. Pengenalan kopi

Ada istilah, “Tak kenal maka tak sayang.” Supaya kenal, makanya ya kenalan. Acara satu bisa bertujuan untuk mengenalkan kopi kepada mereka yang tertarik untuk terjun atau sekadar ingin tahu dunia perkopian. Acara bisa dilakukan dengan sesi ceramah dan bagi pengalaman dari para pakar, sambil tetap ngopi di sela-sela acara.

2. Belajar nyeduh

Dunia kopi, terutama kopi spesialti, identik dengan seduh-menyeduh yang beragam caranya. Kadang malah bisa mengundang perhatian.

Rasa ingin tahu orang-orang perlu diwadahi dalam acara belajar menyeduh bersama. Acara bisa dilakukan dengan pengenalan dan fungsi masing-masing alat seduh seperti V60, Kalita, Aeropress, Chemex, Syphon, dan metode seduh lainnya.

Fungsi ekonomis juga bisa diselipkan dalam acara ini. Kamu bisa mengajak kolaborasi toko-toko retail yang menjual peralatan dan perlengkapan kopi. Penjual dan pembeli bisa bertemu di sana.

3. Icip-icip kopi, atau cupping

Acara yang satu ini cocok bagi mereka yang belum begitu mahir soal pengenalan rasa seperti pada saat cupping, namun punya minat untuk menjabarkan rasa khas dari kopi-kopi yang berbeda. Acara bisa dilakukan dengan cara blind tasting, alias icip-icip kopi tanpa tahu apa varietas kopinya. Dari sana, diskusi bisa mengalir.

Jika menyasar mereka yang sudah mahir soal kalibrasi rasa, kamu bisa menggelar acara cupping, atau bahkan lomba cupping.

4. Kompetisi Latte Art

Cukup menyenangkan melihat kebolehan barista dalam menyajikan ragam menu. Tak ketinggalan latte art. Kamu bisa menggandeng pebisnis kopi untuk menggelar lomba latte art kecil-kecilan, sekadar untuk senang-senang antar pecinta kopi. 

Latte art battle
Latte art battle

Cari Tim Kerja yang Cocok

Ketika berbicara soal acara perkopian, ada banyak hal detil yang perlu disiapkan. Mulai dari tema, jadwal acara, persiapan teknis, hingga pembagian tugas kerja. Tentu akan pusing kepalang kalau satu orang mengurus semua sekaligus. Inilah mengapa kamu perlu tim. Yang perlu dicatat, ketika mengajak orang lain bekerja, kamu perlu menyesuaikan antara konsep acara dengan kemampuan manajerial orang itu.

 

Siapkan Tempat yang Tepat

Kalau kamu seorang pebisnis kopi, kamu bisa manfaatkan tempat kerjamu sebagai lokasi acara. Beda urusannya kalau kamu tidak punya tempat. Kamu harus cari tempat yang representatif untuk gelaran acara kopimu.

Pemilihan lokasi acara perlu kamu pertimbangkan matang-matang. Jangan melupakan unsur kesesuaian tema acara dengan konsep lokasi, keterjangkauan lokasi, dan ragam hal teknis seperti ketersediaan listrik. Yang realistis sajalah.

 

Nah, selamat menggelar acara kopi!

 


Disadur dari Perfect Daily Grind.
Penulis: Arya Adikristya, mahasiswa magang di Otten Magazine. Bisa minum kopi, bisa juga tidak minum kopi. Sapa ia melalui akun Twitter/Instagram @adikristya dan Facebook fb.me/AadikristyaN
Editor : Yulin Masdakaty
Foto utama diambil dari brewlabcoffeedotcodotuk, foto lainnya dari sumber mountainxdotcom dan pangaea-senzokudotseesaadotnet

 

alat cupping

Otten Coffee

Otten Coffee adalah coffee source terbesar dan penyedia alat-alat kopi terlengkap bagi para pencinta kopi Indonesia.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.