News

KENAPA STARBUCKS SERING SALAH MENULIS NAMA?

starbucks-might-stop-spelling-your-name-wrong


Nama saya Tika. Dan saat saya mampir ke salah satu gerai Starbucks dan memesan secangkir Asian Dolce Latte untuk dibawa pulang seketika terkejut saat mendapati nama pada paper cup mendadak berubah menjadi ‘Dika’. Pernah mengalami hal demikian di gerai Starbucks favorit kamu? Mungkin ini bukan faktor ketidaksengajaan.

SEORANG teman juga pernah mengunggah paper cup Starbucksnya di Instagram hanya karena barista Starbucks salah menuliskan nama. Alih-alih menuliskan ‘Sinta’, nama yang tertengger di cangkirnya mendadak romantis karena diubah menjadi ‘Cinta’. Pernahkah kalian berpikir bahwa ada berapa banyak kesalahan penulisan nama yang dilakukan barista Starbucks di seluruh dunia? Adakah hal ini benar-benar murni ketidaksengajaan atau ada motif dan tujuan lain di baliknya?

Credit : businessinsider.com

Credit : businessinsider.com

Penasaran dengan peristiwa ‘salah tulis nama’ yang berkelanjutan ini sebuah kelompok kreatif bernama Super Deluxe melakukan riset kecil-kecilan untuk membuktikan apa sebenarnya di balik kesalahan penulisan nama oleh barista Starbucks ini. Mereka mengirim seorang teman mereka yang bernama Molly ke lima gerai Starbucks yang berbeda. Molly adalah nama yang umum dan lazim di Amerika Serikat. Semua orang juga tahu bagaimana cara menuliskan nama ‘Molly’ dengan benar. Dari lima gerai Starbucks tersebut hanya dua gerai yang menuliskan nama Molly dengan ejaan dan huruf yang tepat. Tiga gerai lainnya menuliskan ‘Molli’, ‘Moli’ dan yang terparah dan tak masuk akal adalah ‘Mommy’.

Apakah sebegitu sibuknya para barista sehingga sampai tak bisa tepat menuliskan nama seseorang? Rasanya tidak juga. Karena saya sendiri pernah datang ke gerai Starbucks yang tak ramai dan sudah mengeja nama saya per hurufnya tapi tetap saja dituliskan salah. Menurut video yang dibuat oleh Super Deluxe ini ternyata Starbucks mungkin saja melakukan hal ini karena sengaja. Saat kostumer mendapatkan paper cup dengan nama yang salah tulis, biasanya mereka akan menganggapnya sebagai lelucon yang menarik. Hal ini kemudian diunggah ke berbagai media sosial mereka seperti Instagram, Facebook dan juga Twitter.

Dengan demikian secara jenius Starbucks mendapatkan iklan gratis yang dilakukan oleh kostumer mereka sendiri. Di beragam media sosial hanya ada dua hal yang terpajang nama yang salah dan logo mermaid hijau yang menghantui dan mendadak menjadi viral. Jika benar demikian adanya, betapa Starbucks dan strategi pemasarannya sungguh jenius luar biasa. Ah, tapi apapun itu hingga kini memang Starbucks belum tertandingi sebagai the largest coffee chain in the world.

 

Kalau menurut kalian apakah Starbucks melakukan kesalahan penulisan nama ini karena unsur kesengajaan? 

Artikel & Foto dari businessinsider.com

 

cari-kopi

 

10,962 total views, 1 views today

You Might Also Like

2 Comments

  • Reply
    Mukidi
    December 19, 2016 at 8:38 am

    pengalaman nongkrong di starbuck, hal unik agak jengkel ketika pesanan salah. seringkali mesen iced Green Tea Latte yang dianter Iced Caffe Late Grande..a ha ha ha a a a #mukidi

  • Reply
    MUKAMU
    December 20, 2016 at 8:20 pm

    Saya rasa memang ada faktor ke sengajaan, namun bisa perintah tersebut tidak ditunjukan secara world wide. Mungkin hanya di beberapa region saja.

  • Leave a Reply