KENAPA TIDAK MEMULAI MEETING ONLINE DENGAN KOPI?

Di dalam beragam pertemuan, kita selalu hadir sepaket bersama kopi. Rapat penting tak pernah lepas dari kafein, lalu kenapa di pandemi ini kita tak melakukan hal yang sama.

SEBAGAI salah satu manusia yang bekerja dari rumah dan menghadapi meeting online secara berkala, saya sangat terbantu dengan hadirnya kopi di tengah-tengah rapat. Dulu, sebelum pandemi menghempas, di setiap rapat baik itu kantor maupun organisasi, kopi selalu dihidangkan, tak pernah absen sekalipun. Dan semua orang percaya dan yakin bahwa kehadiran kopi di saat meeting memberikan energi. Ini bukan sekadar sugesti, tetapi riset juga membuktikan bahwa kafein pada kopi menstimulus saraf manusia dan merangsangnya menjadi lebih produktif dan mudah berkonsentrasi.

Photo credit by webprogramme.co.uk

Kembali ke meeting online atau pertemuan virtual yang kerap terjadi di hidup kita. Banyak yang terkantuk-kantuk, tidak fokus, pikiran entah kemana-mana pada saat menjalani rapat. Apalagi jika video tidak diharuskan. Tatap muka ditiadakan, suara dimatikan, dan hanya mendengar saja. 70% teman saya yang menjalani meeting online mengaku kurang fokus karena online tak bisa menggantikan kehadiran.

Lalu kenapa kita tak mengharuskan para peserta rapat untuk menyiapkan kopi atau teh mereka masing-masing sebelum rapat dimulai? Kenapa tidak membiasakan dan menjalankan meeting online sebagaimana meeting tatap muka? Meskipun takkan bisa sama, kehadiran kopi akan membantu banyak.

Saya dan 5 orang teman lainnya melakukan hal ini. Kami memutuskan untuk menyeduh kopi dan menikmatinya selama rapat berlangsung. Setelah dua tiga kali uji coba, kami sepakat mengaku bahwa kehadiran kopi di meeting virtual membuat lebih fokus dan berenergi. Hal ini tentu tidak bisa valid dan juga tak bisa sama hasilnya pada semua orang, tapi setidaknya beberapa orang sudah mendapatkan manfaatnya.

Jika kamu ingin pertemuan virtualmu lebih fokus dan efektif, berikut tips yang bisa kami bagikan:

  • mandi dan berpakaian layak. Jangan kenakan baju tidur meskipun rapat ini takkan menunjukkan wajah masing-masing. Berpakaianlah selayaknya kamu bekerja.
  • seduh kopi. Seduh kopi terbaikmu. Kalau bisa lebih banyak dari porsi biasa. Kamu tidak tahu sepanjang apa rapat akan berlangsung. Jika tahu kamu bisa mengira porsi kopimu saja.
  • kenakan headset atau earphone agar lebih fokus dan jelas.
  • rapatlah di ruangan yang nyaman dan tidak berisik.
  • pastikan sudah makan karena lapar adalah pangkal tidak bahagia. Apalagi saat rapat!

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.