KERJA DI RUMAH LEBIH OPTIMAL DENGAN KOPI? SIMAK TIPSNYA!

Dengan adanya pandemi, banyak orang diharuskan untuk kerja di rumah. Tak mudah memang, namun akan selalu bisa optimal jika ada kopinya.

SEBELUM pandemi Covid-19 ini ada, orang-orang umumnya bekerja di kantor dan tempat lainnya. Pun ada pula para pekerja freelance yang memilih bekerja di co-working space dan kedai kopi. Kedai kopi khususnya dipilih karena memberikan kenyamanan, ketenangan dan tentunya juga kopi yang tiada batas.

Tapi sekarang ini, kebanyakan orang diharuskan kerja di rumah karena faktor kesehatan. Kedai kopi yang biasanya jadi tempat kerja ternyaman pun hanya memberlakukan sistem take away dan delivery saja. Lalu bagaimana agar kita bisa tetap optimal dan produktif pada saat kerja di rumah? Pertama, harus ada kopi. Lalu? Nah, berikut kami berikan beberapa tips sedehana agar kerja di rumah bisa tetap nyaman.

Credit : newsthump.com

Bekerjalah Sesuai Jam Kerja

Jika kamu biasanya ngantor pukul 9 pagi, maka kerja di rumah harus dimulai di jam yang sama. Biasakan waktu kerja di kantormu sama waktunya dengan di rumah. Jangan undur waktu apalagi bermalas-malasan. Ikuti ritual sebelum kerja sama seperti yang kamu lakukan di kantor. Jika di kantor harus seduh kopi dulu sebelum membuka laptop, maka lakukanlah. Jika harus sarapan dulu, maka lakukan juga. Disarankan untuk mandi dan sedikit berdandan agar mood kerjanya terasa.

Seduh Kopi dengan Ragam Cara

Biar suasananya tak membosankan dan agak mirip kedai kopi, disarankan untuk menyeduh kopi yang berbeda-beda setiap hari. Jika kamu punya satu alat kopi saja, misalnya Vietnam Drip, maka sesekali selangi dengan bikin kopi tubruk biar tak bosan. Jika selama ini seduh kopi panas, sesekali boleh kopi dingin. Jika punya alat seduh lebih dari satu, ya bergantian digunakan. Mumpung di rumah dan kamu jarang ngopi di luar, kenapa uang yang tak terpakai diinvestasikan dengan membeli alat seduh baru. Mumpung kan? 

Foto diambil dari azzurrodue.com

Putar Musiknya

Meski di rumah bukan berarti kamu tak bisa konsentrasi bekerja. Jika di kedai kopi biasanya bekerja dengan playlist yang menyenangkan, kenapa di rumah kamu tidak melakukan hal yang sama. Bikin playlist lagu-lagu kesukaanmu atau yang biasa diputar di kedai kopi favoritmu. Musik membantu kita lebih fokus dan tentunya lebih menyenangkan bekerja dengan musik.

Tak Hanya Kerja di Satu Ruangan Saja

Kamu punya ruangan kerja di rumah? Atau selama ini hanya kerja di kamar saja? Sesekali boleh kok pindah ruangan agar tak bosan. Kamu bisa bekerja di meja makan atau ruang tamu. Kalau punya taman belakang rumah? Kamu bisa pindahkan laptop-mu ke sana. Oh iya, di teras juga bisa sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Jangan lupa tetap sediakan kopi dan camilannya.

Credit : huffpost.com

Coba Bikin Menu Kopi Baru

Kangen sama es kopi susu di kedai kopi favoritmu? Kenapa kamu tak coba berkreasi sendiri dengan membuat ragam es kopi susu? Atau malah kamu bisa menciptakan menu kopi sendiri. Matcha Espresso Latte, Dalgona Coffee, Sparkling Americano atau apa saja. Resepnya banyak tersebar di mana-mana kok. Biar kerjanya tak bosan dengan kopi yang itu-itu saja.

Sesekali Pesan Kopi di Kedai Kopi

Nah, sesekali bolehlah pesan kopi dari aplikasi di kedai kopi favorit kamu. Hitung-hitung membantu abang ojek dan kedai kopinya juga. Jangan lupa beli biji kopi juga dari kedai kopi itu kalau mereka menjualnya ya. Di kondisi begini penjualan sekecil apapun akan sangat membantu.

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.