KESALAHAN KETIKA STEAMING SUSU YANG SERING KALI DILAKUKAN

Jika ada kesalahan pada susu yang sudah disteam, jangan langsung menghakimi bahwa susu yang digunakan dalam kondisi tidak segar, bisa jadi cara steam kita yang agak keliru.

TENTUNYA berbeda barista, juga beda pula gaya steaming susu untuk sajian milk-based seperti cappuccino, latte dan sajian kopi lainnya. Bahkan ternyata tidak sedikit di antara kita melakukan kekeliruan ketika steaming susu, dan itu berpengaruh pada hasil susu yang disteam. Akan terlihat jelas pengaruhnya, ketika menyajikan latte art, kadang susu yang sudah disteam tak mampu menciptakan pola di atas permukaan kopi karena tekstur susu yang sudah disteam kurang optimal.

Sebelum menelusuri kesalahan pada variabel lain, coba cari tau apakah gaya steaming kita ada yang salah dan perlu diperbaiki, atau memang kesalahan steam ada pada suhu panasnya dan variabel lainnya. Berikut ini, adalah yang saya sadur dari homegroundbarista, kesalahan steam yang sering dilakukan oleh barista, simak ulasannya.

credit: thespruceeats.com

Milk Jug Ke Atas dan Ke Bawah
Kadang tanpa sadar, kita menggoyangkan milk jug ke atas dan ke bawah ketika sedang melakukan steam susu. Padahal, steaming susu yang baik adalah mengusahakan milk jug tetap diam, jika goyang ke atas dan ke bawah kadang akan meninggalkan buih-buih yang besar dan tidak konsisten teksturnya.

Salah Ukuran Milk Jug
Jangan memaksakan ukuran milk jug untuk jumlah susu yang akan disteam, pastikan milk jug yang digunakan sesuai untuk susu yang akan disteam. Bayangkan, jika ukuran milk jug untuk steam susu 600 ml, tapi digunakan untuk mensteam susu 300ml, maka buih yang tercipta kurang baik untuk sajian kopi milk-based.

Mencari Spot Steam Wand
Jika sudah memasukkan steam wand ke milk jug, tidak perlu menggerakkannya lagi atau mengkoreksi letak steam wand, untuk diletakkan di tepi kanan atau tepi kiri. Uap yang mulai masuk ke susu, akan mulai memecah molekul yang ada pada susu, maka jika steam wand berpindah tempat, ada bagian susu yang tidak terpecah oleh uap yang disemburkan.

credit: coffeebros.com.au

Steam Wand Terlalu Dalam
Jika mendengar suara yang tidak nyaman seperti bunyi gesekan, mungkin steam wand terlalu dalam hampir menyentuh dasar milk jug, hal ini akan berpengaru pada kualitas steaming susu. Solusinya, turunkan milk jug agar steam wand pada posisi tepat untuk menyemburkan uap pada susu secara menyeluruh.

Steam Wand Terlalu Dangkal
Buih susu yang dihasilkan memiliki buih yang besar dan cenderung berbusa, bahkan ruang milk jug tidak ada lagi karena busa yang begitu besar, ini disebabkan steam wand terlalu dekat ke permukaan susu yang disteam. Untuk memberikan kualitas steam yang bagus, naikan milk jug sehingga steam wand pada posisi yang baik untuk menyemburkan uap ke seluruh sisi milk jug.

Tekanan Uap Yang Tidak Memadai
Ada lagi kesalahan umum yang sering dilakukan, adalah tekanan uap yang kurang, ini biasanya disebabkan knop uap diputar tidak habis, hanya sebagian saja sehingga menghasilkan buih yang kurang sempurna untuk sajian kopi milk-based. Kesalahan ini juga dapat menghasilkan suara steam yang tidak nyaman, bukan hanya pegangannya saja teknis pada uapnya juga bisa mengalami kesalahan ketika steam.

Tidak Menyemburkan Steam Wand
Sebelum dan setelah steam susu, ada baiknya menyemburkan terlebih dahulu uap dari steam wand. Sangat penting ritual ini dilakukan untuk memastikan tekstur susu yang optimal. Karena, steam wand yang tidak disemburkan, akan menyimpan air di bagian dalam pipa steam wand, alhasil steam milk pertama kita berisi air dan ini mengganggu proses steaming tentunya. Bahkan, malahan bisa menyebabkan steam wand tidak merata menyemburkan uap karena ada gumpalan pada ujung steam wand karena tidak disemburkan sebelum dan setelah steaming.

credit: thecoffeebrewers.com

Tidak Membersihkan Steam Wand
Kadang ritual membersihkan steam wand dengan lap kain sering dilupakan, padahal tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menyapu steam wand menggunakan lap kain. Tapi, jika tidak dibersihkan hal ini malahan berakibat buruk, tidak hanya buruk pada sajian kopinya bahkan buruk bagi kesehatan. Karena susu yang menggumpal dan membeku pada steam wand akan mengganggu manfaat baik dari sajian kopi bagi tubuh kita.

Membiarkan Susu Yang Disteam Terlalu Lama
Banyak yang tanpa sadar, membiarkan susu yang sudah disteam terlalu lama sehingga, buih dan susu sudah mulai terpisah. Untuk melihat apakah susu dan buih susu sudah mulai terpisah coba miringkan milk jug, jika sudah terpisah, solusinya memutar-mutar milk jug atau menuangkan susu ke milk jug lain sebelum melakukan pouring. Hanya saja, lebih baik susu yang digunakan sekali pakai untuk satu sajian, tidak lebih jika lebih pun tidak terlalu banyak agar bisa digunakan ketika steam dengan sajian berikutnya.

src: homegroundbarista.com.au img: chefsteps.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.