KESALAHAN UMUM KETIKA MILK FROTHING DAN TIPS MENGATASINYA

Dalam mencipta steamed milk atau foamed milk tentunya penting untuk menjadi perhatian ketika membuat sajian kopi yang menggunakan basis susu.

UNTUK beberapa orang penikmat kopi khususnya sajian kopi berbasis susu mungkin tidak terlalu ketara jika barista mengalami kesalahan yang tidak sengaja saat membuat sajian kopi. Apakah itu kesalahan mempersiapkan espresso yang terlalu over ataupun under-ekstrasi, bisa jadi kesalahan terjadi ketika mempersiapkan susu untuk sajian si kopi ini. Kesalahan yang kerap terjadi ini bukan disengaja tapi bisa jadi tidak sengaja karena beberapa hal, mungkin kurang fokus karena kondisi badan tidak fit sebab pengunjung terlalu ramai dan membuatnya lelah, bisa saja.

Kesalahan ketika mempersiapkan sajian kopi berbasis susu bukan berarti tidak ada yang mengetahuinya, jika pelanggan kamu seorang yang peka terhadap rasa, maka kesalahan dalam mempersiapkannya sangat terlihat jelas bagi mereka. Apakah itu kesalahan pada rasio espresso dan susu, atau karakter rasa terlalu hambar tidak ada lagi kesan susu ataupun kopi dalam cangkir kopi sajian itu.

create: search engine

Sedikitnya, mungkin berikut ini beberapa kesalahan yang sering dialami ketika mempersiapkan susu untuk sajian kopi berbasis susu dan sedikit tips yang saya sadur dari beberapa aritkel yang semoga membantu dalam mengatasinya.

Uap Tidak Menyembur
Inilah mengapa sebelum dan sesudah membuat buih susu menggunakan steam wand, harus disemburkan terlebih dahulu uapnya sebelum menyemburkannya ke susu. Memastikan uap menyembur seperti biasanya, jika terjadi semburan uap tidak maksimal, melambat atau semburan terputus-putus, kemungkinan ada sisa endapan susu yang menggumpal di dalam steam wand.

Mengatasinya, cobalah menyemburkannya beberapa saat dalam wadah kosong yang agak besar, sampai semburan uap kembali seperti biasa. Jika sudah kembali normal, kamu sudah siap untuk menggunakannya pada susu yang akan di-frothing.

Kepala Steam Wand Terlalu Ke Bawah
Ketika menyemburkan uap, terkadang kamu kurang menyadari apakah kepala steam wand berada di tengah susu atau sudah pada bagian bawah hampir menyentuh dasar milk jug. Karena bila saat menyembur kepala steam wand berada terlalu bawah, buih yang tercipta tidak maksimal, dan ini pastinya mempengaruhi sajian kopi kamu.

Mengatasinya, jika saat menyemburkan uap ada bunyi yang kurang nyaman “chirt!” Bunyi ini dihasilkan ketika uap menyentuh dasar milk jug terlalu dekat, maka tarik ke bawah milk jug agar kepala steam wand tidak terlalu rendah.

Kepala Steam Wand Terlalu Ke Atas
Saat menyemburkan uap pada susu, pastikan kepala steam wand tidak terlalu rendah dan tidak juga terlalu tinggi, bahkan jangan sampai di atas permukaan susu. Buih susu yang dihasilkan akan berantakan, tidak akan optimal untuk sajian kopi nantinya.

Mengatasinya, ketika menyemburkan uap tercipta banyak buih besar dan berbunyi “blurp!” Bunyi ini karena uap dan susu yang terkena udara, hingga tekstur susu seperti balon-balon besar berisi udara. Baiknya agak meninggikan milk jug, agar steam wand tidak berada di permukaan susu.

credit: fabchronicles.co.uk

Gerakan Memutar Milk Jug
Adakah manfaatnya memutar milk jug untuk menghasilkan buih susu? Beberapa menganggap gerakan memutar milk jug agar steam wand menyembur ke semua arah merupakan teknik, saya sendiri tidak ingin mengatakannya sebuah kesalahan. Namun, jika dibandingkan steam wand yang bergerak dengan steam wand yang diam saja, maka buih lebih optimal tercipta pada susu dengan steam wand yang diam-steady di milk jug. Menggerakkan milk jug secara berlebihan akan membuat ruang susu tidak berkesempatan untuk terkena semburan, jika ingin menggerakkan lakukanlah perlahan.

Susu Terlalu Panas
Kesalahan ini kadang kerap terjadi karena beberapa barista yakin akan intuisinya, padahal intuisi barista pastinya berbeda-beda. Ada yang menurutnya panas, dan munurut yang lainnya belum tentu panas. Susu akan hilang karakter rasanya ketika suhu mencapai 72° celcius dan pada titik 74° celcius susu akan terasa hambar. Ada baiknya, menjaga suhu susu dengan Motta Milk Thermometer, thermometer khusus untuk digunakan pada milk jug.

src: wholelattelove.com img: chefstep

 

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.