KOMPETISI INDUSTRI KOPI CIPTAKAN KUALITAS TERBAIK

Tanpa sadar, kita sebagai penikmat kopi semacam disugesti bahwa kopi yang memenuhi kebutuhan ngopi banyak orang harus kopi yang berkualitas. Dan yang menjadi pertanyaan, sebenarnya apa yang menciptakan kualitas kopi terbaik. Apakah persaingan atau permintaan?

MELIHAT sekilas bagaimana pasar industri kopi bekerja, banyak sekali tentunya pelaku industri kopi yang memanfaatkan peluang dari komoditas ini untuk mendapatkan penghidupan mereka. Menjadi pemasok biji kopi misalnya atau pada skala yang lain menjadi distributor biji kopi, hanya saja geliat industri kopi semacam ada standar yang tercipta secara sendirinya. Sebuah persaingan industri komoditas ini seperti menegaskan biji kopi seperti apa yang bisa bertahan di pasar yang lebih luas.

Bagaimana pun juga persaingan industri tidak untuk dihindari tapi untuk mengambil cela dan melakukan strategi kompetitif untuk tetap bertahan. Persaingan industri ini, secara tidak langsung membentuk sebuah standar kualitas biji kopi dengan rentang harga yang kompetitif. Pelaku industri kopi bersaing kini tidak hanya menawarkan harga yang relevan dengan kualitas biji yang mereka tawarkan. Karena semakin baik kualitas biji kopi, menjadi daya tarik untuk penikmat kopi mempercayai kopi dengan harga yang mereka beli.

credit: craftbeveragejobs.com

Dan umumnya, untuk pelaku industri kopi akan mengalami tantangan persaingan dari industri ini meliput; intensitas persaingan pesaing, munculnya pesaing baru, adanya produk pengganti, tawar-menawar pembeli dan tawar-menawar pemasok. Semakin berkembangnya industri kopi saat ini, dan semakin bertambahnya penikmat kopi speciality, hal ini justru menarik perhatian banyak pendatang baru untuk ikut serta menjadi pelaku industri ini. Tidak heran dari berbagai latar belakang ingin ikut serta, yang awalnya penikmat kopi ingin memiliki kedai kopi sendiri, owner coffeeshop ingin mencoba membuat house blend mereka dengan meroasting sendiri dan naik kelas menjadi roastery dari sebuah coffeeshop, dan lain halnya. Industri ini berkembang dan terus bergerak maju, lalu apakah harga jual menjadi daya tarik komoditas ini?

Pada komoditas ini, kualitas dari biji kopi menjadi daya tarik yang memukau calon pembeli, bagaimana karakter rasa yang ditawarkan dari biji kopi tersebut untuk mencapai ekspektasi penikmat kopi. Sebabnya banyak yang berburu biji kopi, lebih mencari kualitas dari karakter rasa kopi tersebut daripada mencari harga termurah dari komoditas ini. Tak heran, banyak pelaku industri kopi memilih bersaing dengan menyediakan kualitas terbaik untuk ditawarkan kepada para penikmat kopi. Dari mulai petani kopi yang ikut serta membudidaya tanaman kopi mereka hingga menjadi biji kopi yang khas dikenal banyak orang, para barista yang mulai mendedikasikan diri mereka untuk sajian kopi yang terbaik, dan para penikmat kopinya yang terus mengedukasi diri untuk menikmati kopi dengan benar-benar menikmati. Dari prilaku pelaku industri ini hingga penikmatnya pun, bersaing untuk berkontribusi menciptakan kualitas kopi terbaik. Bagaimana, sudah ngopi pagi ini?

src: scanews.coffee img: mariadelpintado.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.