KONSEP BISNIS KEDAI KOPI TAKE AWAY, MENGAPA TIDAK

Pernyataan buka bisnis kedai kopi harus punya ruang luas sebagai tempat pelanggan hang out, terbantahkan.

SEBAGAI penikmat kopi, memiliki kedai kopi sendiri untuk dikelola sepertinya menjadi impian yang membahagiakan diri. Tidak sedikit yang sukses mengawali bisnis mereka sebagai penikmat kopi yang jatuh cinta, dan semakin dalam hingga memutuskan untuk membagikan kecintaannya dengan membuka kedai kopi sendiri. Hanya saja, banyak juga impian memiliki kedai kopi hanya menggantung di langit tanpa direalisasikan. Ada yang khawatir memulai karena kurangnya persiapan, ada yang segan bersaing dengan kedai kopi lokal, dan tidak sedikit yang berpikir dua kali untuk memulai karena tidak adanya tempat.

Kekhawatiran yang muncul untuk memiliki kedai kopi sendiri biasanya disebabkan kurangnya referensi untuk mempelajarai bagaimana memulai bisnis kedai kopi sendiri. Sangat penting untuk mempertimbangkan harga jual secangkir kopi, pelayanan seperti apa, cara seduh yang bagaimana, dan suasana kedai yang ingin ditawarkan kepada pengunjung. Paling umum, hal yang membuat impian penikmat kopi tergantung, dan tidak direalisasikan adalah bingung konsep interior dan tidak ada lokasi yang sesuai menurutnya untuk memulai kedai kopi.

Fore Coffee

Sebelum mempersiapkan banyak hal terkait peralatan kedai kopi yang akan digunakan, konsep pelayanan, konsep pemasaran dan lainnya. Perlu dipertimbangkan, apakah bisnis kedai kopi harus dimulai dengan skala besar, menyediakan ruang untuk pengunjung hang out dan menikmati kopi. Ternyata tidak selamanya, bisnis kedai kopi harus menyediakan ruang untuk hang out bagi pelanggannya. Banyak kedai kopi yang bermunculan di kota-kota besar di Indonesia mengusung konsep kedai kopi take away, tanpa menyediakan ruang hang out. Bahkan, terlebih lagi industri di Indonesia saat ini membuka peluang konsep bisnis take away dengan adanya transportasi online yang membantu pengiriman pesanan yang diantar ke tempat pelanggan.

Mari saya ajak menilik ke Kanada tepatnya di Toronto, ada sebuah kedai kopi konsep take away dengan detail interior yang membuat suasana kangen ingin kembali ke kedai kopi ini. Milky’s coffee shop, didukung dengan interior kayu yang dipadukan dari beberapa potongan dan membentuk pola dinamis dan sederhana namun estetis. Bahkan di ruang kedai kopi yang tidak luas ini, orang-orang kembali bukan karena sebagai tempat hang out yang nyaman, terlebih lagi tidak ada furnitur di sini yang memungkinkan pelanggan untuk duduk berlama. Konsep bisnis kedai kopi take away dengan detail interior artistik, pasti membuat banyak orang singgah untuk membeli secangkir kopi favorit mereka walau pun sebentar.

credit: dailycoffeenews.com

Tidak ada yang tidak mungkin untuk menjalankan bisnis kedai kopi dengan konsep take away. Setidaknya harus mengerti apa kebutuhan calon pelanggan yang akan menikmati secangkir kopi mereka. Fitur layanan antar pesanan memungkinkan calon pelanggan lebih banyak lagi untuk menikmati secangkir kopi mereka tanpa berkunjung ke kedai kopi.

Pernahkah kamu pesan sajian kopi melalui transportasi online?

src: dailycoffeenews.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.