KOPI ADALAH MENU WAJIB BAGI MEREKA YANG DIET. BENARKAH?

Program diet memang mengharuskan orang-orang untuk mengonsumsi makanan sehat tertentu agar tercapai tujuan dietnya. Namun benarkah bahwa kopi merupakan menu wajib dalam program diet ini?

SAYA tidak pernah melakukan diet, tapi saya selalu mengonsumsi kopi dalam berbagai kesempatan untuk kesenangan maupun kesehatan. Saya percaya betul bahwa kopi membantu saya berpikir lebih kreatif dan bekerja lebih fokus. Meski beberapa teman menganggap itu hanyalah sugesti semata.

Baru-baru ini saya ngobrol dengan seorang teman yang sedang mengikuti program diet penurunan berat badan dan kopi menjadi salah satu menu dalam program dietnya. Menurut nutrisionis tempat dia berkonsultasi, kopi memberi energi yang besar. Kafein memompa tenaga saat makanan yang dia konsumsi tidak sebesar sebelumnya. Well, di sini pesaran di mulai.

Credit : weight-loss-help-guide.com

Berdasarkan cerita teman tadi saya pun mencari tahu di berbagai lini. Pada situs cleaneatingmag.com saya menemukan kutipan bahwa orang Amerika Serikat ternyata mengonsumsi kafein saat diet dengan jumlah 2 sampai tiga cangkir sehari. Dan menurut penelitian dari The University of Scranton yang dipimpin oleh Joe Vinson, PhD, orang di Amerika Serikat menerima lebih banyak antioksidan dari minuman kopi ketimbang sumber makanan dan minuman lainnya. Itu kenapa di saat diet pula kopi adalah menu yang selayaknya harus ada.

Pada saat diet kondisi tubuh tentu menyesuaikan karena dahulunya terbiasa dengan asupan makanan banyak dan tak sehat. Saat tubuh menyesuaikan dengan kebiasaan baru, tentu tubuh akan mengalami reaksi lemas dan sebagainya. Kopi berfungsi memberi energi dengan kafein yang dikandungnya. Selain itu, kopi juga merupakan antiinflamasi dan antioksidan yang memang baik untuk tubuh.

Tak hanya sampai di sana, penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat meningkatkan kinerja fisik hingga 11 hingga 12%. Juga kopi membantu Anda membakar lemak, meningkatkan laju metabolisme 3 hingga 11%! Itulah kenapa bagi mereka yang sedang menjalankan program diet penurunan berat badan yang ditangani secara profesional biasanya menu makanannya akan terdapat kopi. Entah untuk konsumsi pagi atau siang hari agar program dietnya berjalan lancar! Tapi ingat, kopi yang dikonsumsi harus kopi sehat ya!

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.