KOPI DIPAKAI UNTUK MEMANGGANG? BISAKAH?

Kopi diseduh? Sudah biasa. Kopi dijadikan kukis dan kue? Sudah sering juga. Tapi kopi digunakan untuk memanggang? Sepertinya agak jarang terdengar.

SEBAGAI orang yang tidak bisa memasak dan sama sekali tidak tertarik berkutat di dapur (selain untuk menyeduh kopi), saya memang tidak tahu apa-apa perihal mencipta makanan enak. Tapi baru-baru ini saya diberi tahu oleh seorang teman bahwa mertuanya kerap menggunakan kopi sebagai bahan makanan. Bukan, bukan untuk kue, kukis, camilan, pencuci mulut dan sebagainya. Melainkan sebagai bahan ‘unik’ tapi lezat untuk memanggang. Lho?

Di Indonesia mungkin kita tak begitu sering mendengar orang memanggang daging atau ikan dengan menggunakan kopi. Karena biasanya yang digunakan adalah rempah-rempah yang kaya rasa. Tapi di luar negeri, ada beberapa resep masakan panggang khususnya yang menggunakan kopi sebagai salah satu bahannya.

Sebut saja Barbeque Beef or Pork Tenderloin. Dalam mencipta makanan lezat ini kopi berperan serta. Daging yang sebelum dipanggang ternyata harus direndam dalam kurun waktu tertentu dengan menggunakan kopi. Jadi kopi diseduh dan dijadikan rendaman daging steak tersebut. Tak berhenti sampai di situ, bubuk kopi yang digiling sedang juga turut serta membalut seluruh daging sesaat sebelum dipanggang. Kekuatan cita rasa kopi dipercaya memberi kenikmatan yang berbeda. Meresap erat ke dalam daging dan memberikan keunikan tersendiri.

Menu steak lain yang menggunakan ‘kekuatan’ kopi adalah Chili Espresso Rubbed Steak with Warm Tomato Sauce. Kalau yang ini sudah jelas menggunakan kopi, nama menunya saja sudah ada espressonya. Sebelum dipanggang, house blend untuk espresso digiling terlebih dahulu lalu dicampurkan dengan cumin, oregano dan bubuk cabe. Campuran keempat bahan ini kemudian digunakan untuk melumuri steak sesaat sebelum dipanggang. Tak terbayangkan bagaimana rasa steak yang melibatkan kopi yang meresap ke dalam serat daging ya?

Jadi jika ada yang menanggap kopi hanya bisa diseduh, dibuat makanan manis dan dijadikan produk kecantikan, maka harus tahu bahwa kopi juga bisa berperan sebagai bumbu yang menjadikan masakanmu istimewa!

Foto utama dari seriouseats.com

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.