KOPI DAN COKELAT MENJADI EKSTRAKURIKULER DI BANYUWANGI

Coba ingat-ingat apa ekstrakurikuler yang kamu ikuti di sekolah dulu? Karena di Banyuwangi akan ada ekstrakulrikuler seru yang melibatkan kopi dan cokelat.

MARAKNYA perkembangan industri kopi dan cokelat di Indonesia, membuat pemerintah Banyuwangi tak ketinggalan dengan geliat ini. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, bekerja sama dengan PT Perkebunan Nusantara XII merencanakan adanya ekstrakurikuler kopi dan cokelat untuk siswa SMA dan SMK di Banyuwangi.

Rencana ini digagas sesaat setelah mereka bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Negara. Seperti diketahui Presiden Jokowi sedang melakukan gerakan yang kencar untuk meningkatkan kreativitas di generasi muda. Salah satu unsur kreativitas yang bisa digalakkan adalah menyentuh bidang wirausaha muda. Dan untuk mewujudkannya ranah kopi dan cokelat dilirik sebagai bidang yang menjanjikan.

credit: tribun

Seperti diketahui juga bahwa Banyuwangi terkenal sebagai penghasil kopi dan kokoa yang berkualitas baik. Kebun kopi dan cokelat tumbuh subur di tanah Banyuwangi dan dengan potensi ini generasi muda yang duduk di bangku SMA dan SMK bisa ikut serta ditempah menjadi enterpreneur sejak dini dengan mendalami kopi dan cokelat.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan kepada Republika.co .id bahwa ekstrakurikuler ini akan mulai digarap paling lama dua bulan ke depan. Hal ini diawali dengan pemetaan lima kecamatan yang berada di sekitar perkebunan. Mereka menyebutnya studipreneur dan santriprenur khusus untuk para santri di pesantren yang berlokasi di sana.

Tak hanya ekstrakurikuler biasa, Pemerintag Banyuwangi juga akan menyediakan sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya dan mengajari proses kopi dan cokelat dari hulu ke hilir. Dan jika ekstrakurikuler ini berhasil, diharapkan semua sekolah di Indonesia bisa mengikuti jejak Banyuwangi dan mencetak ahli kopi dan cokelat di masa depan sejak kini!

Artikel disunting dari republika

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.