KOPI DAN DEHIDRASI

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa mengonsumsi kopi akan memicu dehidrasi pagi para peminumnya. Benarkah demikian?

DEHIDRASI dapat terjadi ketika tubuh manusia kekurangan asupan cairan. Jadi sebenarnya dengan atau tanpa mengonsumsi kopi, dehidrasi bisa saja terjadi akibat kurangnya asupan harian bagi tubuh kita. Selain itu, faktor kondisi kesehatan dan faktor lainnya seperti puasa, berolah raga dan banyak lagi juga mampu menyebabkan dehidrasi.

Namun beberapa pendapat mengatakan kopi mampu membuat peminumnya dehidrasi karena kandungan kafein yang terdapat pada kopi tersebut. Benarkah demikian? Menurut sebuah artikel yang kami sunting dari coffeeandhealth.org, kopi hitam mengandung 95% air dan jika dikonsumsi dalam jumlah sedang dan tidak berlebihan, hal tersebut sama sekali tidak menyebabkan dehidrasi bagi para peminumnya. Bahkan secangkir kopi dinilai dapat membantu dan berkontribusi pada keseimbangan cairan harian tubuh.

Artikel yang sama juga memaparkan bahwa para peneliti dari European Food Safety Authority (EFSA) mengatakan bahwa mengonsumsi minuman berkafein tidak menghambat dan mengubah distribusi air dan cairan pada tubuh manusia. Dengan kata lain dengan mengonsumsi kopi sebenarnya kamu tidak akan mengalami dehidrasi seperti yang diketahui selama ini. Namun semua itu harus kembali lagi pada kondisi tubuh masing-masing orang yang berbeda-beda dalam menerima kafein.

Jika ada beberapa orang yang merasa haus sesaat setelah meneguk kopi, itu sama sekali tidak berhubungan dengan dehidrasi. Tetapi menurut penelitian lagi hal tersebut bisa dipengaruhi oleh menyempitnya pembuluh darah yang secara sistematis membuat si peminum kopi tadi merasa haus. Juga rasa haus bisa hadir dikarenakan tubuh yang menerima kafein akan bekerja lebih aktif.

Tapi alangkah baiknya jika kamu senantiasa mengonsumsi air putih dalam kadar yang cukup setiap hari. Tidak peduli apakah kamu peminum kopi aktif atau tidak, mengonsumsi air putih adalah wajib hukumnya. Jadi jangan takut dehidrasi karena kopi  ya. Karena apapun ceritanya dehidrasi bisa terjadi dari beragam faktor luar maupun kesehatan diri sendiri.

Artikel disunting dari coffeeandhealth.org

Foto utama dari curiosity

 

 

 

 

 

 

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.