KOPI DAN LADA: SENSASI BARU DALAM CANGKIRMU

Kebanyakan dari kita setuju bahwa mencampur rempah-rempah dan kopi menghadirkan dua hal yaitu kenikmatan dan manfaat untuk kesehatan.

UMUMNYA rempah-rempah yang dijadikan campuran kopi adalah kayu manis, kunyit, jahe, jintan, kapulaga, bunga lawang, cengkeh dan banyak lagi. Semua rempah yang disebutkan tadi memberi ‘sensasi’ menyenangkan pada tiap teguknya. Namun banyak orang menomorduakan rasa dan lebih tertarik dengan khasiatnya. Itu kenapa kopi-kopi dengan campuran rempah masih digemari meski sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Pada abad ke-14 masyarakat Yaman telah menikmati kopi yang dicampur dengan aneka rempah-rempah. Kopi-kopi diseduh sedemikian rupa di setiap rumah dan disajikan setiap hari. Baik di hari-hari biasa maupun upacara. Sama seperti di Ethiopia dan sekitar Benua Afrika. Mereka sudah mencampur rempah pada kopinya.

Credit : 7-themes.com

Namun ada satu rempah yang menurut saya cukup popular digunakan untuk makanan tapi kurang popular dijadikan campuran kopi. Dialah lada hitam yang kerap ada di makanan kita namun abai diketahui keberadaannya sebagai campuran kopi.

Sebuah blog bernama procaffeination.com mengatakan menyinggung perihal lada hitam yang bisa dijadikan campuran kopi karena rasanya ternyata berbeda dan bisa dinikmati dan memiliki manfaat yang bagi yang menikmatinya. Awalnya saya merasa janggal juga. Bagaimana pedasnya lada hitam atau lada lain yang pedasnya khas lebur pada kopi yang pahit?

Saya pun mencobanya sendiri dengan menyeduh 12 gram kopi dengan V60 1:12. Lalu menambahkan sejumput bubuk lada hitam. Sebelum meminumnya diaduk terlebih dahulu. Awalnya saya agak ngeri karena takut tidak enak, ternyata rasanya tidak semengerikan itu. Cenderung seperti menikmati kopi dengan karakteristik rempah yang kuat.

Credit : 1zoom.net

Lalu bagaimana dengan manfaatnya? Sejak lama, lada hitam memang dipercaya berkhasiat dalam urusan pencernaan dan masalah lambung. Zat yang dikandungnya mampu meredakan nyeri dan peradangan. Juga ternyata bisa menetralisir gas  yang ada pada daerah perut.

Selain itu, untuk mereka yang menderita flu dan sejenisnya, lada hitam mampu memberi efek melegakan dan mempermudah bernapas. Itu kenapa sejak dahulu lada hitam sudah dikonsumsi menjadi minuman rempah yang berkhasiat. Tak hanya itu, seperti kopi, lada hitam mengandung antioksidan yang tinggi. Jadi menikmati kopi bersama lada hitam menambah asupan antioksidan yang memang dibutuhkan tubuh.

Jadi bagaimana? Apakah kamu tertantang mencoba kopi dengan lada?

 

Artikel disunting dari procaffeinator.com dan beberapa sumber

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.