KOPI DAN MADU AMPUH UNTUK MEREDAKAN BATUK

Diberkatilah para pecinta kopi karena jika kamu terserang batuk yang kamu butuhkan hanyalah kopi bukan obat-obatan yang rasanya tak nikmat ini.

SAYA cukup kaget mendengar bahwa kopi ternyata bisa meredakan batuk yang menyerang siapa saja. Karena selama ini yang saya tahu bahwa jeruk nipis dan madu yang bisa menjadi pilihan obat batuk alami yang mudah untuk dibuat. Tapi baru-baru ini saya membaca artikel yang mengatakan bahwa ada penelitian yang dilakukan oleh Primary Care Respitory Journal yang diterbitkan pada 2013 mengungkap fakta bahwa kopi yang dicampur dengan madu mampu memerangi sakit tenggorokan, batuk, iritasi dan lain-lain sebagainya. Wah!

Jadi kenapa madu dan kopi bisa meredakan batuk dan penyakit iritasi tenggorokan? Ternyata madu memang mampu meredakan reaksi tidak menyenangkan pada tenggorokan karena memiliki sifat antimikroba yang ampuh melawan bakteri dan virus penyebab batuk. Sedang kopi dengan segala kebaikan yang ada di dalamnya mampu melegakan tenggorokan. Jadi kombinasi dua benda ini dipercaya mungkin bisa menjadi obat mujarab untuk kamu yang sedang batuk.

Lalu bagaimana cara membuat obat batuk alami yang rasanya juga enak ini? Ternyata caranya hampir sama seperti menyeduh kopi untuk diminum sehari-hari. Tapi harus diperhatikan kopi yang digunakan haruslah kopi segar dan bukan kopi instan. Sedang madunya haruslah madu asli dan bukan madu abal-abal buatan.

Siapkan cangkir, kopi, madu dan air. Seduh kopi dengan air panas dengan rasio kopi dan air 1 : 15. Kemudian masukkan 2 – 3 sendok makan madu dan lalu aduk hingga merata. Tunggu sejenak hingga kopi tak terlalu panas dan nikmati obat batuk sekaligus minuman favoritmu. Jika batuk sedang parah cobalah konsumsi 8 – 9 jam sekali. Tapi ingat jika batuk makin parah atau tidak ada perubahan kamu bisa langsung konsultasi ke dokter ya. Karena resep obat batuk kopi dan madu ini hanya diperuntukkan untuk gejala batuk ringan dan efek kesembuhannya berbeda-beda bagi setiap orang.

Jadi selamat mencoba obat batuk nan enak rasanya ini. Ya, walaupun tak batuk minum kopi begini enak juga kan ya?

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.