Indonesia News

KOPI Dan ROKOK; BUDAYA NGOPI INDONESIA?

kopi,


Tidak tau pasti kapan kebiasaan ini bermula, sering sekali dalam suatu obrolan di meja-meja coffee shops, secangkir kopi selalu saja disandingkan dengan sekotak rokok.

Untuk beberapa orang, aftertaste kopi yang dipadukan dengan sensasi merokok akan menambah kuat dan lama aftertaste dari kopi itu sendiri. Tidak sedikit juga yang beranggapan bahwa rokok akan merusak cita rasa kopi saat disesap bersamaan hisapan rokok. Karena akan membuat pencecap bingung untuk menerima karakter rasa dari kopi jika diselingi dengan merokok.

Yang nyatanya, peminum kopi banyak yang merokok dan perokok pun pastinya suka ngopi. Ini menjadi fenomena yang sangat menarik untuk ditelusur. Apa yang membuat kafein dari kopi dan nikotin dari rokok menjadi cukup akrab di masyarakat.

Mari kita kesampingkan sejenak, bila melihat fenomena yang masih menjalar di luaran, seperti kembali pada masa gelombang pertama di mana kopi bermula. Ini hanya sebuah kebiasaan yang berkembang di Indonesia, bukan sebuah permasalahan yang disadur untuk diungkap ke permukaan.

budaya ngopi indonesia, kopi dan rokok

credit: thebakingbarista

Kopi punya kharisma yang membuat orang bertanya-tanya dan berkenalan lebih jauh. Dari mana kopi berasal, bagaimana siklus yang terjadi pada kopi, sampai akhirnya terisi di cangkir kopi. Kharisma dari kopi itu sendiri, mengungkapkan bahwa pada perkembangannya, era sekarang merupakan gelombang ketiga atau sering dikenal sebutan “third wave“.

Asal mula kopi menjadi begitu penting, bahkan beberapa orang melakukan ekspedisi berkelana mencari varian kopi di seluruh negara. Masyarakat “third wave” akan semakin antusias, berburu biji kopi eksotis di seluruh negeri. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki varian kopi istimewa.

Budaya Ngopi di Indonesia

Walau kopi bukan komoditas asli Indonesia, berkah kesuburan tanah Indonesia menjadikan kopi Indonesia sebagai kopi buruan yang harus dimiliki. Katakan saja arabika lintong, pasti sudah banyak yang mengakui kopi ini. Namun Indonesia bukan miliki lintong saja, masih banyak lagi kopi Indonesia yang belum tereksplorasi.

Kopi kini bukan lagi sebagai peneman obrolan saja, atau sebagai pelengkap di meja-meja cafe, kopi menjadi hal yang begitu misterius untuk dimengerti. Disamping manfaat kopi bagi tubuh, siklus kopi itu sendiri menjadi sangat unik untuk diajak berkenalan. Metode seduhan, karakter biji kopi, tingkat roasting dan masih banyak lagi.

biji kopi

credit: coffeeloverguide

Kafein dan Nikotin?

Kadar kafein yang berasal dari kopi dipengaruhi oleh tingkat roasting dan varietas kopi itu sendiri. Jenis kopi robusta mengandung lebih banyak kafein dibanding arabika. Kopi yang disangrai gelap umumnya memiliki kadar kafein lebih rendah daripada tingkat roasting light.

Kafein yang seperti kita ketahui, awamnya untuk sadarkan diri terjaga dari rasa kantuk, benarkah? Konsumsi kafein dipercaya membantu mengurangi kelelahan, namun jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan insomnia dan jantung berdebar. Selain itu, kafein juga meningkatkan fokus, konsentrasi dan memperbaiki mood. Tapi, tidak disarankan mengkonsumsi kafein sekitar 5 gram, atau setara dengan 40 cangkir kopi sehari.

Nikotin mempercepat aliran darah dan detak jantung hampir sama seperti kafein. Efek sampingnya nikotin dapat membuat mulut kering, penurunan nafsu makan, hingga efek kecemasan berlebihan. Reaksi ini dapat diminimalkan dengan menghisap kembali rokok. Nikotin termasuk zat beracun, nikotin pada rokok dapat juga berfungsi sebagai stimulan juga sebagai sedatif pada tingkat konsumsi tertentu. Mengkonsumsi nikotin menciptakan sensasi menenangkan dan juga meningkatkan kewaspadaan.

Peneliti menuliskan hasil riset mereka di The Journal of the American College of Cardiology. Riset pada banyak orang tentang konsumsi kopi dan rokok secara bersamaan, menjelaskan bahwa konsumsi kopi dan rokok bersamaan membuat fungsi arteri menjadi kaku dan ditandai juga aliran darah menjadi tidak normal.

Namun pada hakikatnya, apa pun yang dikonsumsi secara berlebihan sememangnya tidak baik bagi tubuh. Menikmati kopi dengan kepulan rokok secara bersamaan untuk sebagian orang memang sangat nikmat, bagaimana menurut kamu?

src: webmd.com,
ub-electronic-cigarette.co.uk


4,877 total views, 45 views today

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply